1.800 Peserta UM-PTKIN Telah Dinyatakan LULUS

1.800 Peserta UM-PTKIN Telah Dinyatakan LULUS

1.800 peserta tes UM-PTKIN telah berhasil lulus – Hasil penerimaan mahasiswa baru UIN Raden Fatah Palembang untuk jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) sudah diumumkan pada hari Senin (27/7) pukul 17.00 WIB. Melalui jalur ini, setidaknya ada 1.684 calon mahasiswa  dari jumlah 1.800 peserta yang dinyatakan lulus. Dari hasil evaluasi penerimaan mahasiswa baru untuk tiga jalur seleksi yang sudah dilaksanakan, mahasiswa yang dinyatakan lulus lebih dari 50% tidak melakukan regristasi ulang sehingga dinyatakan gugur.

Tidak berbeda dengan jalur SNMPTN, jumlah calon mahasiswa yang lulus sebanyak 430 orang, namun hanya 258 peserta saja yang melakukan regristasi. Begitu juga dengan jalur SPAIN-PTKIN hanya 219 orang yang regristasi dari jumlah mahasiswa lulis sebanyak 925 orang.

“Untuk jalur SBMPTN sekarang masih proses regristasi sehingga jumlahnya belum bisa diketahui”, jelas Kepala Pusat Teknologi Informasi dan pangkalan data (PUTIPAD) UIN Raden Fatah, Fahrudin Mkom diruang kerjanya, pada hari Senin (27/7) kemarin.

Hanya tercatat 1 orang yang beregristasi

Berdasarkan hasil sebaran mahasiswa baru, dari sejumlah jalur seleksi, tercatat ada beberapa program studi (prodi) hanya ada 1 orang yang melakukan regristasi yakni Prodi Perbandingan Agama di Fakultas Ushuluddin dan Politik Islam di Fakultas Syariah. Padahal kuota untuk kedua prosi terdapat 80 kursi.

“Kuota calon mahasiswa yang tidak regristasi ulang ini, kita alihkan ke jalur UM-PTKIN dan ujian mandiri”, jelasnya.

Baca Juga : Bank Mandiri Taspen Pos Dapatkan Laba Hingga Rp127 Miliar

Hasil dari dua jalur seleksi menjadi bertambah

Kendati kondisi tersebut, kedua jalur seleksi kini menjadi bertambah. Seperti UMPTKIN dari awalnya sekitar 1.200 orang menjadi 1.684 calon mahasiswa. Begitu juga dengan ujian mandiri, sebelumnya hanya sektar 200 orang kini meningkat menjadi 432 orang.

“Sekarang kita sedang menerima mahasiswa baru untuk jalur USM dengan sistem ujian CBT (computer based test)”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) UIN Raden Fatah Palembang Mirwan Pasta menilai, minimnya calon mahasiswa melakukan registrasi diduga lantaran jurusan yang diterima tidak sesuai keinginan para peserta. Mengingat, proses penerimaan mahasiswa baru untuk jalur SNMPTN diproses oleh sekolah yang bersangkutan.

Terima kasih sudah membaca artikel 1.800 Peserta UM-PTKIN Telah Dinyatakan LULUS, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 28, 2015