10 Tips Mudah Ajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

10 Tips Mudah Ajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Mudah ! 10 Tips Ajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini — Puasa kewajiban umat islam ini merupakan sebuah kewajiban bahkan telah menjadi budaya bagi mereka yang sudah balig. Untuk anak-anak, usia ini mereka belum dianjurkan untuk berpuasa, namun bagi orang tua dianjurkan untuk mendidik mereka agar mulai mencoba menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut perlu dilakukan untuk membimbing anak mampu menjalankan ibadah puasa rutin kelak jika sudah dewasa, seperti firman Allah SWT,

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Q.S Al Baqarah, 2:183)

Sedangkan dalam sebuah hadis juga dikatakan bahwa :

“Barangsiapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaklah ia menyempurnakan sisa hari ini dengan berpuasa. Barangsiapa yang berpuasa di pagi harinya, hendaklah ia tetap berpuasa.”Ar Rubayyi’ berkata, “Kami berpuasa setelah itu. Dan kami mengajak anak-anak kami untuk berpuasa. Kami membuatkan pada mereka mainan dari bulu. Jika saat puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya mereka terus terhibur sehingga mereka menjalankan puasa hingga waktu berbuka.” (HR. Bukhari no. 1960).

Baca juga : Ahok Dulang Kredit Tokoh Paling Popular Di DKI Jakarta, Wow !

Untuk mengajarkan seorang anak berpuasa, ada berbagai cara yang perlu dilakukan oleh orang tua, seperti berikut ini:

  1. Ajarkan anak untuk berpuasa setengah hari terlebih dahulu.
  2. Berikan pujian jika ia mampu menjalankan ibadah puasa meskipun setengah hari saja.
  3. Jangan larang anak anda untuk hendak ke masjid dengan sang ayah, biarkan mereka mencoba mengenal lingkungan dan juga cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  4. Selalu libatkan anak untuk berbuka ataupun makan sahur, meskipun sebentar lagi mereka juga pasti makan.
  5. Ajarkan anak-anak untuk berdo’a ketika sahur maupun berbuka puasa
  6. Biasakan ajak anak untuk menjalankan sholat tarawih bersama di masjid, agar mereka thu sejak dini apa itu sholat tarawih.
  7. Ajarkan anak untuk besedekah, terutama saat bulan ramadhan untuk melatih kedermawanan mereka sejak dini.
  8. Ajak anak untuk rutin membaca Al-Qu’an atau bertadarus.
  9. Ajarkan mereka untuk sholat lima waktu sejak dini,
  10. Dan yang terakhir adalah ucapkan selamat jika ia telah menyelesaikan puasanya hingga idulfitri tiba, meskipun kadang kala bolong.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Orang yang diberi tanggung jawab untuk membesarkan anak perempuan dan memperlakukan mereka dengan baik, akan menjadi perisai baginya dari neraka. (H.R Bukhari dan Muslim).

Terima kasih sudah membaca artikel 10 Tips Mudah Ajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 27, 2015