12 Cara Ampuh Menghilangkan Bopeng pada Wajah

SokTau – Siapa yang tidak kesal ketika dihadapkan dengan masalah jerawat. Masalah jerawat memang merupakan masalah sederhana dan tidak terlalu menyakitkan namun dampak yang ditimbulkan lumayan mengganggu. Mungkin sebagian orang, akan merasa gemas jika muncul jerawat terlebih akan segera memencet dan menggaruk jerawat tersebut. Memencet jerawat dengan sembarangan inilah yang akan menyebabkan bopeng. Bopeng atau yang lebih dikenal sebagai lubang bekas jerawat ini akan sangat mengganggu dan merusak penampilan seseorang. Bopeng bekas jerawat akan berdampak kurang percaya dirinya seseorang terhadap penampilannya. Bopeng bekas jerawat juga sangat sulit dihilangkan, jikalaupun  dapat dihilangkan akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bopeng muncul di permukaan kulit wajah bisa jadi karena kesalahan Kita sendiri dalam melakukan perawatan wajah disaat jerawat muncul.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bopeng, salah satunya dengan menggunakan kosmetik. Namun perlu diwaspadai pemakaian kosmetik terutama dari bahan kimia akan berdampak dalam jangka panjang, ditambah pengeluaran yang tidak sedikit. Berikut tips-tips untuk menghilangkan bopeng pada wajah mudah, murah dan dijamin aman.

Bahan alami untuk mengatasi bopeng wajah

12 Cara Ampuh Menghilangkan Bopeng pada Wajah

Kita bisa menggunakan ramuan alami untuk menghilangkan bopeng. Perawatan dan penggunaan bahan alami yang tentunya sangat aman diaplikasikan pada kulit wajah. Berikut bahan alaminya:

  1. Lemon dan madu

Kombinasi lemon dan madu memang sudah sejak lama dikenal efektif dalam perawatan kesehatan kulit. Asam lemon yang mampu membersihkan kotoran pada pori-pori dan madu sebagai pelembab alami kulit. Anda bisa mengombinasikan lemon dan madu menjadi masker pada wajah. Ramuan alternatif ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, cukup dengan menyediakan 1 buah lemon, peras kemudian ambil sarinya. Tambahkan 1 sendok teh madu atau setara dengan 10 ml pada sari lemon. Aduk hingga merata. Cuci wajah Anda sebelum pengaplikasiannya, oleskan secara merata pada wajah, gunakan kuas. Tunggu dan diamnya selama 15-20 menit, kemudian bilaslah sampai bersih, gunakan air dingin. Untuk hasil maksimal lakukan di pagi hari setiap bangun tidur.

  1. Nanas

Anda cukup menyediakan 1 buah nanas, parut atau haluskan dengan blander jangan tambahkan air. Cuci wajah anda sebelum menggunakan. Aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Untuk hasil maksimal lakukan setiap hari menjelang tidur di malam hari.

  1. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air cukup yang berkhasiat menjaga kelembaban kulit. Mentimun mampu memberikan sensasi dingin dan menyegarkan pada kulit. Pemakaian mentimun sebagai masker alami wajah dipercaya ampuh dalam mengobati bekas jerawat. Caranya, cukup haluskan mentimun –yang sebelumnya dibuang bijinya. Oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan dan tunggu kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih, lakukan pemijatan kecil secara bersamaan. Ini disarankan karena memberikan rasa rileks pada wajah.

  1. Tomat

Selain mentimun yang memiliki kandungan air tinggi, buah tomat juga memiliki khasiat yang sama. Anda bisa menggunakan tomat sebagai masker dengan hanya memotongnya tipis-tipis yang kemudian ditempelkan secara merata pada wajah. Namun untuk hasil maksimal, haluskan tomat. Oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan kira-kira 20-25 menit. Terakhir bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini setiap pagi menjelang mandi.

  1. Jagung muda

Jagung mengandung vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Jagung dapat membantu regenerasi kulit dengan mudah di dalam tubuh. Anda bisa menjadikan bahan alami perawatan wajah dengan cara sederhana. Parut atau haluskan beberapa jagung muda. Oleskan hingga merata pada seluruh kulit wajah. Tunggu sekitar beberapa saat atau sampai masker jagung muda benar-benar mengering kemudian bilas hingga bersih. Anda bisa melakukan ini saat menjelang tidur di malam hari dan membersihkannya di pagi hari saat bangun untuk hasil maksimal.

  1. Cuka apel

Anda dapat menggunakan cuka apel sebagai toner pencuci wajah. Tidak hanya ampuh menghilangkan bopeng bekas jerawat, cuka apel dapat mengecilkan pori-pori kulit yang membesar. Dalam pemakaiannya, haruslah hati-hati, karena pertama pemakaiannya akan terasa perih dan menyebabkan kulit menjadi merah sementara, tapi ini sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Ini guna membuang sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Mengatasi bopeng wajah dengan mudah

Perawatan dalam rangka mengatasi bopeng perlu mendapatkan perhatian khusus. Perawatan yang salah dapat menimbulkan permasalahan serius seperti peradangan kulit. Hindari pemakaian kosmetik kimia yang berefek jangka panjang. Pemakaian kosmetik kimia justru akan memicu ketergantungan, dan jikalau pemakaian dihentikan masalah bopeng dan jerawat akan kembali lagi.

Pastikan bahwa Anda mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Gaya hidup sehat dapat menjaga dan mencegah kulit wajah anda dihiasi jerawat. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan alami jauh lebih baik ketimbang menggunakan kosmetik kimia meskipun perawatannya memerlukan waktu sedikit lebih lama. Lakukan secara rutin untuk penggunaan bahan alami bagi perawatan. Cara ini efektif mengobati bekas luka jerawat atau bopeng hingga ke akar-akarnya.

Tips sehat dalam mengatasi bopeng wajah

 

Menghilang bopeng atau lubang bekas jerawat tidak bisa dengan waktu yang singkat. Butuh waktu yang lama untuk menghilangkan, itupun melalui proses perawatan yang tidak cukup mudah. Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam pun dirasa sangat perlu. Selain itu mulailah ubah dan jaga perawatan kesehatan kulit. Berikut tips yang dapat membantu mengatasi bopeng dengan mudah:

  1. Minum air putih

Air putih dalam dunia kesehatan khususnya, sudah sangat dipercaya khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Konsumsi air yang cukup sangat membantu regenerasi sel dalam tubuh. Tubuh akan terhindar dari dehidrasi jika kebutuhan air tercukupi. Air juga berkhasiat menjaga kelembaban kulit. Alangkah baiknya minum minimal 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air dalam sehari

  1. Konsumsi makanan sehat

Ubahlah pola makan anda, hindari makanan cepat saji, tinggi lemak dan zat minyak –gorengan, kurangi makan pedas karena dapat menimbulkan jerawat baru pada kulit wajah. Konsumsi makanan sehat, kaya serat dan vitamin. Tubuh yang tercukupi makanan sehat tentu menunjang kesehatan penampilan seseorang.

  1. Istirahat yang cukup

Saat tubuh kita istirahat, dan tidur cukup, tubuh akan lebih mudah meregenerasi sel-sel kulit demikian proses penghilangan bopeng lebih mudah.

  1. Olahraga

Dengan olahraga, kulit akan semakin kencang. Olahraga secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran dan zat-zat beracun pada kulit melalui keringat yang dihasilkan saat berolahraga.

  1. Jagalah kebersihan kulit

Terakhir adalah tips yang sangat diutamakan, yaitu jagalah kebersihan kulit Anda. Jerawat tibul karena disebabkan kotoran yang masuk melalui pori-pori. Wajah yang rentan ditempeli kotoran terutama polusi bisa memicu peradangan pada kulit, flek hitam dan bekas jerawat bewarna hitam. Pemakaian make up atau kosmetik berbahan kimia juga berpengaruh pada kulit. Biasakan cuci wajah anda, gunakan air dingin ketika mencuci.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Bahan Kimia

Itu beberapa tips yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semoga membantu mengatasi masalah bopeng bekas jerawat yang sangat mengganggu penampilan Anda. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel 12 Cara Ampuh Menghilangkan Bopeng pada Wajah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 27, 2017