15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih

SokTau – Bagi perempuan kesehatan tubuh merupakan sesuatu yang harus dijaga dan dijawat. Kebanyakan perempuan berpendapat bahwa kesehatan kulit itu sangat penting. Karena penampilan dapat dilihat dari sehat dan bersihnya kulit seseorang. Semakin sehat kulit seseorang maka semakin percaya diri seseorang untuk tampil di depan umum. Mungkin Anda sering menjupai untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat banyak orang yang memerlukan produk-produk yang mahal. Terkadang setelah membeli produk, baru diketaui bahwa terdapat ketidakcocokan pada kulit. Hal ini akan membuat Anda kecewa karena produk yang Anda beli dengan harga yang cukup tinggi ternyata tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kulit Sehat dan Bersih

15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih

Anda harus mengetahui bahwa dalam merawat kulit tidak harus membutuhkan biaya yang tinggi. Anda harus memperhatikan biaya dan produk yang Anda gunakan. Lebih baik Anda memilih harga produk yang dapat Anda jangkau.

Berikut terdapat 15 cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih

  1. Gunakan Sunscreen

Melindungi kulit dari pancaran sinar matahari memang sangat penting, karena pancaran sinar matahari dapat mengakibatkan kulit tampak keriput. Sebelum Anda keluar rumah, aplikasikan sunscreen (minimal spf 30) pada seluruh bagian tubuh Anda yang tidak terlindungi.  Gunakan ketika Anda berada di luar ruangan. Untuk berjaga-jaga Anda juga harus membawa lotion.

  1. Konsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari

Cara ini sangat penting. Karena memang buah dan sayur dapat membantu melindungi kulit. Pada buah atau sayuran kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. Apabila dilakukan diet yang kaya akan buah dan sayuran dapat membuat kulit Nampak sehat dan cerah.

  1. Cuci wajah sehari sekali

Membasuh wajah dengan air merupakan cara yang mudah untuk menyehatkan kulit. Hal ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan makeup. Dilakukan pada setiap pagi hari tanpa menggunakan produk apapun. Jika Anda melakukan cuci wajah dengan produk jangan lakukan sesering mungkin, karena dapat menyebabkan kulit kering.

  1. Hindari scrubbing berlebihan

Pengelupasan kulit yang sudah mati memang perlu dilakukan. Tetapi jangan berlebihan dengan menggosoknya. Karena apabila scrubbing dilakukan terlalu berlebihan dapat mengakibatkan kulit iritasi dan kering. Oleh karena itu, lakukan scrubbing dengan secukupnya saja.

  1. Aplikasikan pelembap setelah mandi

mengaplikasikan pelembap setelah mandi dapat menghindarkan kulit dari kekeringan. Karena setelah mandi pori-pori pada kulit akan terbuka, dan ini akan membuat komponen pelembap meresap lebih dalam ke lapisan kulit.

  1. Bercukurlah dengan hati-hati

Baik laki-laki atau perempuan kerap mencukur bulu-bulu atau rambut halus yang tidak diinginkan pada tubuh untuk memiliki kulit yang lembut. Anda harus berhati-hati jika melakukan ini, karena jika hal ini dilakukan dengan sembarangan akan merusak kulit yaitu bisa terkena iritasi terutama bagi kulit yang sensitif, kering atau tipis. Untuk menghindari hal ini, Anda harus bercukur setelah mandi dengan air hangat, atau kompres dulu bagian-bagian tubuh yang akan dicukur dengan handuk yang dibasahi oleh air hangat. Jangan sampai bercukur dalam keadaan kulit masih kering. Dalam menggunakan pisau cukur harus yang tajam, bersih, dan cara mencukurnya juga searah. Jika setelah dicukur kulit mengalami iritasi, hindari pemakaian lotion yang berbahan dasar alkoholmeski menimbulkan rasa sejuk. Karena hal itu dapat mengakibatkan parahnya iritasi dengan membuat kulit semakin kering.

  1. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa extra virgin dapat digunakan pada semua jenis kulit. Manfaat yang dimiliki minyak kelapa extra virgin yaitu dapat mengurangi hilangnya air pada kulit penderita atopic dermatitis. Selain itu, minyak ini juga berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung organ tisu kulit lainnya. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.

  1. Jangan gunakan berbagai produk pada waktu yang bersamaan

Banyak orang yang menggunakan berbagai produk untuk masalah kulit yang berbeda. Tetapi jangan gunakan beberapa produk secara bersamaan karena itu dapat mengakibatkan kulit Anda mengalami iritasi dan peradangan. Apabila kulit Anda sensitif maka akan mengakibatkan kulit Anda cepat rusak. Hindarilah hal ini dan juga hindari memilih produk yang terdapat bahan dasar kimia. Lebih baik Anda mencari yang berbahan alami saja untuk kesehatan kulit Anda.

  1. Hindari memencet jerawat

Mungkin Anda pernah memencet jerawat supaya jerawat cepat hilang. Tetapi dibalik itu, memencet jerawat dapat menyebabkan daerah sekitar jerawat akan memerah. Hal itu akan mengakibatkan timbulnya masalah lain seperti penyakit kulit, karena ketika Anda memencet jerawat kulit Anda juga otomatis robek. Memencet jerawat juga menyebabkan iritasi, serta rasa sakit di sekitar jerawat. Bekas jerawat yang timbul akibat dipencet dapat menimbulkan luka yang sulit dihilangkan. Hindarilah hal ini untuk kesehatan kulit Anda.

  1. Jangan mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas ternyata dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan gatal. Mandilah dengan air dingin atau air hangat meskipun hanya beberapa kali dalam seminggu untuk melembapkan kulit. Jika setelah mandi kulit Anda menjadi kemerahan, maka air yang Anda gunakan terlalu panas. Hal itu yang mengakibatkan kulit Anda tidak sehat.

  1. Jangan tidur dengan makeup yang masih menempel

Anda harus benar-benar menghindari tidur dengan makeup, karena hal ini sangat membahayakan bagi kulit. Pori-pori pada kulit akan tertutup oleh makeup dan dapat menimbulkan jerawat. Makeup juga dapat menguraikan kolagen yang elastin pada kulit yang dapat menyebabkan kulit cepat kusam. Makeup yang terdapat pada sekitar mata dapat menyebabkan mata kering atau memerah. Bulu mata Anda juga mudah rontok. Untuk mengatasi ini, Anda harus benar-benar harus membersihkan makeup dengan membasuhnya dengan air terlebih dahulu sebelum tidur. Jika Anda tidak sempat membersihkannya dengan air, maka cukup Anda gunakan tisu basah untuk membersihkannya.

  1. Hindari merokok sekaligus asapnya

Bahaya perokok aktif atau pasif memang banyak. Dalam kesehatan kulit, ternyata merokok dapat mengganggu dalam perkembangan kesehatan kulit. Menurut penelitian merokok dapat memberikan efek yang sangat buruk pada kulit. Hal ini juga dapat merusak lapisan terluar kulit sehingga menyebabkan kulit Nampak kusam. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan meningkatnya produksi enzim yang justru dapat menguraikan kolagen yang terdapat pada kulit, sehingga kulit akan mudah kendur.

  1. Tidur dengan telentang

Tidur merupakan hal yang penting dalam kesehatan kulit. Anda harus mempunyai waktu tidur yang cukup. Apabila Anda kurang tidur dapat menyebabkan perlambatan pada proses penyembuhan kulit dari stressor yang di dapat dari lingkungan sekitar, seperti hilangnya pelindung kulit atau radiasi sinar ultraviolet. Posisi tidur juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Anda harus membiasakan tidur telentang dan naikkan posisi kepala Anda dengan menggunakan 2 bantal sebagai alas. Tinggalkan kebiasaan tidur secara tengkurap karena akan mengakibatkan aliran darah tidak lancar dan menimbulkan lingkaran hitam di area mata.

  1. Selalu minum air putih

Khasiat air putih memang banyak. Salah satu khasiat air putih yaitu dapat mengeliminasi racun-racun yang terdapat pada tubuh Anda. Selain itu air putih juga dipercaya dapat menyehatkan kulit Anda. Konsumsilah air putih secara teratur yaitu 8-10 gelas air putih untuk setiap harinya.

  1. Lakukan yoga untuk wajah

Facial yoga merupakan salah satu cara agar kulit tetap sehat dan bersih. Facial yoga manfaatnya sama dengan operasi plastic, namun tanpa biaya dan risiko yang sama. Apabila facial yoga dilakukan maka dapat mengurangi keriput, menghilangkan adanya kantung mata, dan mengencangkan kulit wajah. Hal ini bisa terjadi karena pose pada yoga dapat meningkatkan produksi kolagen (protein yang membuat kulit tampak muda) yang jumlahnya semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mau mencoba facial yoga.

Baca juga: 20 Cara Mengatasi Bau Badan Tanpa Bahan Kimia

Anda tertarik bukan untuk memiliki kulit yang sehat dan bersih. Jika Anda sangat menginginkannya, maka segeralah mencoba beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Cara tersebut sangat mudah bukan? Segeralah mencoba dan semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca artikel 15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 29, 2017