15 Manfaat dan Khasiat Umbi Dewa Bagi Kesehatan

SokTau – Indonesia terkenal dengan negara yang subur. Untuk masyarakat Indonesia, tanaman tradisional bukanlah hal yang baru. Salah satu jenis tanaman tradisional adalah Umbi Dewa. Tanaman tersebut masuk ke dalam jenis tanaman Asteraceae. Menurut asalnya, tanaman tersebut berasal dari China sehingga ia lebih terkenal dengan sebutan Tan Sit atau Sam Tit. Namun, di daerah Sumatera, ia terkenal dengan sebutan Umbi Dewa.

Manfaat dan Khasiat Umbi Dewa

15 Manfaat dan Khasiat Umbi Dewa Bagi Kesehatan

Umbi Dewa mempunyai ukuran yang bulat dan memanjang. Memiliki ujung batang yang lancip dan warna permukaan yang hijau tua. Akar umbi ini menyembul ke dalam tanah dan hanya memiliki panjang 3 sampai 6 cm. tanaman ini mempunyai struktur tubuh yang sangat mirip dengan kentang. Sejak zaman nenek moyang, Umbi Dewa ini sudah banyak dijadikan sebagai bahan obat.

Beberapa Manfaat dan Khasiat Umbi Dewa Bagi Kesehatan Tubuh:

Kandungan zat

Umbi Dewa memiliki kandungan zat dengan sifat netral dan khas. Selain itu, baunya juga sangat sedap. Tanaman ini bisa Anda jadikan sebagai bahan lalapan. Tanaman ini mengandung astringent, saponin, minyak atsiri, serta flavonoid yang membuat umbi ini sangat berkhasiat. Berikut ini adalah beberapa khasiat Umbi Dewa bagi kesehatan:

Mengobati patah tulang

Salah satu khasiat dari Umbi Dewa adalah ampuh untuk mengobati patah tulang. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menumbuk daun serta umbinya, kemudian menempelkannya pada bagian yang terkena luka ataupun patah tulang. Cara tersebut dipercaya sangat mujarab. Dan jika ingin cepat pulih, Anda bisa meminum sari airnya atau bekas rebusan Umbi Dewa. Hal itu disebabkan dalam kandungan Umbi Dewa terdapat zat saponon dan flavonoid yang bekerja sangat baik untuk penyembuhan, penetral racun, serta memperbaiki sistem tulang Anda.

Mengobati tumor payudara

Bagi wanita, tumor payudara adalah hal yang sangat riskan. Salah satu solusi yang bisa dijadikan alternatif untuk penyembuhan tumor payudara tersebut adalah dengan menggunakan Umbi Dewa. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Cara dari luar: tumbuk Umbi Dewa lalu tempelkan pada bagian payudara yang terkena tumor
  • Cara dari dalam: lembutkan Umbi Dewa hingga halus sekitar 2-3 lembar disertai dengan pengeringan akar Umbi Dewa. Setelah itu, tambahkan air sebanyak setengah gelas dan ambil sarinya. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

Radang tonsil

Selanjutnya, Umbi Dewa mampu menyembuhkan penyakit radang Tonsil. Radang Tonsil ini dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan penyakit amandel. Caranya adalah dengan meminum sari Umbi Dewa.

Mengobati luka kena pukulan

Umbi Dewa sendiri memiliki efek Farmakologi China yang sangat baik untuk untuk penyembuhan orang yang terkena pukulan. Adanya efek tersebut, akan membantu seseorang pasien mempercepat proses penyembuhan dan bagian yang paling umum dipakai adalah daun.

Baik untuk penderita kanker

Kandungan yang terdapat pada Umbi Dewa memiliki khasiat yang sangat ampuh dalam melawan pertumbuhan sel kanker. Bahkan, ia mampu menonaktifkan dan mematikan perkembangan sel tersebut.

Membantu membekukan darah

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh daun Umbi Dewa mampu bekerja sebagai koagulan atau mampu membantu proses pembekuan darah saat terjadi luka. Zat tersebut biasa dikenal dengan saponin dan zat ini sangat ampuh dalam melancarkan sirkulasi darah.

Menjadi stimulator sirkulasi darah

Salah satu manfaat Umbi Dewa adalah menjadi pendorong terjadinya sirkulasi darah sehingga menjadi sangat normal. Zat ini juga banyak bekerja sebagai penyeimbang darah.

Penetral racun

Fungsi selanjutnya dari Umbi Dewa adalah sebagai penetral racun. Kandungan Umbi Dewa ini memang dipercaya sebagai obat karena ia memiliki sifat netral. Sehingga racun yang terdapat pada tubuh bisa dinetralkan.

Baik untuk penderita kardivaskular

Banyak penderita jantung dan stroke yang menggunakan jenis tanaman ini sebagai penstabil sirkulasi darah.

Melancarkan datang bulan

Wanita yang menggunakan daun Umbi Dewa ini akan dapat memperlancar proses haidnya. Bahkan, gangguan lain yang berhubungan dengan datang bulan pun juga terobati.

Mengobati jerawat

Khasiat selanjutnya adalah mampu mengobati jerawat. Caranya adalah dengan menumbuk halus bagian umbinya kemudian ditempelkan pada wajah yang sedang terkena jerawat.

Mengobati radang pada kerongkongan

Umbi Dewa ternyata juga ampuh sebagai pelega tenggorokan. Terlebih bagi Anda yang sedang mengalami radang kerongkongan.

Sebagai pengobatan kencing manis

Ramuan herbal dari Umbi Dewa sangat ampuh dalam mengobati kencing manis. Kencing manis memang terjadi karena di dalam darah terjadi filter yang kurang sempurna, dan Umbi Dewa ini mampu melancarkan hal tersebut.

Baca juga: Menguntungkan Atau Mengerikan Inilah Kegunaan Minuman Soda

Pencegah penggumpalan darah

Darah yang ada di dalam tubuh juga memiliki potensi terjadi penggumpalan. Dan Umbi Dewa memiliki manfaat untuk mencegah hal tersebut terjadi sehingga Anda tidak akan terkena risiko penggumpalan tersebut.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat Umbi Dewa bagi kesehatan Anda yang bisa dijadikan ramuan alami untuk tubuh keluarga yang sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Terima kasih sudah membaca artikel 15 Manfaat dan Khasiat Umbi Dewa Bagi Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 27, 2017