19 Tempat Wisata Murah Tersembunyi di Jakarta

SokTau – Bagi kalian yang bertempat maupun sekedar singgah di Ibukota Indonesia, yaitu Jakarta utamanya akan mencari tahu dan bertanya-tanya tempat-tempat yang direkomendasikan untuk mengisi waktu libur dan luang Anda baik bersama keluarga maupun teman.

Tempat Wisata Murah di Jakarta

19 Tempat Wisata Murah Tersembunyi di Jakarta

Tempat wisata, atau tempat-tempat untuk berlibur tidak haruslah mengeluarkan biaya yang mahal, cukup bagaimana cerdas–nya kita memanfaatkan keadaan dengan semaksimal mungkin supaya liburan lebih bermakna dan menyenangkan tanpa dengan modal yang banyak.

Berikut rekomendasi tempat wisata murah di Jakarta

  1. Banjir Kanal Timur

Banjir Kanal Timur atau yang biasa disebut BKT merupakan bangunan kanal (pintu air) untu menanggulangi banjir yang biasa terjadi di Jakarta. Namun, kini BKT menjadi salah satu tempat wisata dan rekreasi baru yang cukup ramai dikunjungi. Sepanjang aliran sungai dibentuk taman rumput yang dikelilingi pohon dengan jalan setapak aspal. Apalagi banyak penjual makanan ringan dan kaki lima sehingga cocok untuk bersantai dan menikmati waktu luang. Dan Anda hanya harus membayar parkir 3000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 untuk mobil, sedangkan makanan yang dijual relatif pedagang dan menunya tentunya tidak lebih dari 15.000.

  1. Taman Ayodya

Taman Ayodya di Barito, Jakarta Selatan merupakan alternatif tujuan wisata warga ibukota yang sangat murah. Tiket masuknya gratis, cukup bayar parkir. Taman nya rindang dan sejuk, lengkap dengan kolam dan air mancur, ditambah gazebo dan bangku-bangku taman yang disediakan. Cocok sekali untuk bersantai di sore hari.

  1. Museum Art Mon Decor

Museum Art Mon Decor berada di tengah Jakarta, yaitu Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3. Tidak ada tiket masuk alias grati dan tidak dipungut biaya apapun. Museum ini merupakan salah satu gudang karya seni lukis yang berada di Jakarta. Museum ini dipelopori oleh seniman ternama Indonesia yaitu Affandi dan Sunaryo. Uniknya, tema-tema lukisan akan diganti setiap 3 bulan sekali.

  1. Taman Proklamator

Terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Taman Proklamator bisa menjadi salah satu destinasi wisata murah yang dapat Anda nikmati di Jakarta. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk cukup biaya parkir. Objek utama Taman Proklamator adalah patung kedua proklamator, Soekarno dan Hatta yang dibangun berdiri tegak tepat berada di tengah taman. Tidak hanya itu, ada tugu peringatan satu tahun proklamasi yang berbentuk obelisk, mirip dengan monas namun ukurannya lebih kecil.

  1. Situ Lembang

Situ Lembang, danau cantik yang berada di Jl. Lembang, berdekatan dengan taman Surapati merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi diakhir pekan karena gratis. Namun, meski gratisan, Situ Lembang menawarkan pemandangan cantik, genangan air danau yang tenang lengkap bunga teratai yang banyak tumbuh memenuhi sisi danau. Apalagi rindangnya pohon yang mengelilingi cocok untuk bersantai.

  1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau orang Jakarta menyebutnya Monas merupakan ikon utama Ibukota Jakarta berupa bangunan tinggi menjulang dengan kubah berwarna emas di ujungnya. Pengunjung bisa menuju ke puncak atas dengan tangga dan lift yang sudah tersedia. Dari puncak Monas, Anda disuguhkan pemandangan kota Jakarta dari ketinggian, tentunya indah sekali. Untuk ke puncak Monas anda diharuskan membayar sekitar 15.000 sampai 20.000 rupiah.

  1. Taman Mini Indonesia Indah

Ingin berlibur, berwisata, bermain, sekaligus belajar kebudayaan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) cocok sekali untuk kriteria tersebut. TMII merupakan tempat wisata terpopuler bagi warga Jakarta dengan bertemakan kebudayaan. Anda dapat melihat secara langsung Indonesia dalam bentuk miniaturnya. Tidak perlu waktu dan biaya banyak untuk berkeliling Indonesia, dalam waktu sehari Anda bisa mengelilingi Indonesia dalam TMII. TMII menyuguhkan anjungan 34 provinsi yang ada di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke dengan informasi adat dan budaya pada masing-masing anjungan. Tiketnya pun relatif terjangkau.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang Ragunan atau lebih tepatnya kini dipanggil Taman Margasatwa Ragunan haruslah dimasukkan dalam daftar kunjungan wisata jika di Jakarta. Ragunan memiliki kawasan dengan luas 14 km dan menjadi rumah tinggal bagi lebih 4000 ekor binatang dari 295 spesies baik yang langka maupun tidak. Selain menikmati waktu luang, Anda bisa sekaligus belajar pengetahuan mengenai binatang.

  1. Setu Babakan

Setu Babakan merupakan kawasan taman dan danau cantik yang berada di daerah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Setu Babakan merupakan andalan destinasi wisata murah meriah warga Jakarta. Hanya dengan membayar tiket sebesar 10.000 rupiah Anda sudah bisa menikmati fasilitas bermain air dan perahu yang disediakan. Selain itu kawasan Setu Babakan menawarkan pengetahuan budaya Betawi melalui lingkungan sekitarnya.

  1. Kota Tua Batavia

Rekomendasi tempat wisata murah selanjutnya adalah Kota Tua Batavia. Ketika berkunjung ke Kota Tua, Anda akan dibawa kembali pada suasana tempo doloe Kota Jakarta. Anda akan disuguhkan spot-spot bersejarah selain layak untuk dinikmati, Andapun akan mendapatkan pengetahuan mengenal sejarah Jakarta atau Batavia orang dulu menyebutnya.

  1. Pasar Tanah Abang

Siapa sih yang tidak tahu Pasar Tanah Abang. Pasar Tanah Abang merupakan tempat wisata belanja yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Selain harga yang ditawarkan sangat terjangkau, Tanah Abang menawarkan fashion dan style up to date jadi tidak heran menjadi buruan utama penggemar belanja. Tanah Abang menawarkan grosiran maupun eceran.

  1. Pecinan Glodok

Pecinan Glodok sangat cocok bagi Anda penyuka dan penikmat kuliner. Kawasan pecinan sendiri merupakan tempat yang berkaitan erat dengan sejarah Jakarta terutama di daerah Glodok. Kawasan Pecinan merupakan titik konsentrasi bagi para etnis Tionghoa yang bertempat tinggal di Jakarta. Pengunjung disuguhi kebudayaan China dan menikmati berbagai macam makanan khas China. Selain itu Pecinan Glodok juga menawarkan serba serbi barang elektronik yang murah serta lengkap.

  1. Museum Bank Indonesia

Terletak di Jl. Pintu Besar Utara 4, Kota, Jakarta Barat, dibuka untuk umum pada tanggal 21 Juli 2009. Museum ini dapat dikatakan sebagai museum modern yang berada di Jakarta. Pengunjung disuguhkan koleksi uang kuno hingga modern dari berbagai belahan Dunia, dilengkapi peralatan peraga canggih dan berteknologi tinggi. Adapun objek utama dari museum ini adalah hologram uang koin terbang interaktif yang berada dalam ruang Transisi. Ketika salah satu koin terbang tertangkap, maka akan muncul informasi mengenai koin tersebut.

  1. Bundaran Hotel Indonesia (HI)

Merupakan salah satu ikon Jakarta, dan wajib untuk dikunjungi ketika berada di Jakarta. Berada di kawasan Hotel Indonesia, merupakan kolam lingkaran berukuran besar dengan air mancur dan disertai Patung selamat datang yang berada di tengah-tengah persimpangan. Anda akan menikmati keindahannya ketika lampu warna-warni menyorot di malam hari.

  1. Planetarium

Planetarium merupakan tempat melakukan observasi astronomi dilengkapi peralatan peraga canggih dan berteknologi untuk perbintangan. Terletak di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Planetarium merupakan tempat wisata sekaligus tempat belajar segala hal mengenai antariksa.

  1. Masjid Istiqlal

Merupakan salah satu proyek pembangunan di masa Bung Karno yang dibangun selama 17 tahun. Dengan total luas 2,5 hektar, masjid Istiqlal mampu menampung 250.000 jama’ah. Selain berwisata, Anda dapat sekaligus beribadah dan mendapat pengetahuan lebih mengenai Islam. Masjid Istiqlal dihiasi berbagai seni kaligrafi yang menambah kemegahan dan kecantikannya.

  1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Kawasan hijau ditengah padatnya Jakarta, dapat ditemukan di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara yaitu hutan mangrove Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang berukuran luas dengan udara sejuk dan asri. Anda cukup mengganti uang tiket masuk dengan membeli bibit mangrove dan kemudian menanamnya di pesisir pantai yang tersedia. Anda akan berwisata sekaligus menyumbang penyelamatan pesisir pantai Jakarta dari abrasi.

  1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Rekreasi terbesar yang terletak di kawasan Jakarta Utara menawarkan zona permainan yang seru seperti dunia fantasi, gelanggang samudera, atlantis, dan ocean ecopark hingga pasar seninya. Cukup dengan membayar tiket sebesar 25.000 per-orang dan tarif parkir 20.000 untuk mobil dan 15.000 untuk sepeda motor, Anda akan menikmati liburan yang menyenangkan di Taman Impian Jaya Ancol.

  1. Pulau Tidung

Termasuk dalam gugusan kepulauan seribu dan merupakan alternatif lain wisata pantai Ancol. Pulau Tidung sangat menarik untuk dikunjungi, pantainya teduh dan asri. Bagi warga Jakarta, Pulau Tidung sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Baca juga: 23 Tempat Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Jawa Timur

Tunggu apa lagi, masukkan dalam daftar kunjungan Anda jika di Jakarta sebagai tempat menghabiskan waktu libur Anda. Dijamin Anda akan senang apalagi tak memerlukan biaya mahal. Selamat menikmati waktu liburan Anda!

Terima kasih sudah membaca artikel 19 Tempat Wisata Murah Tersembunyi di Jakarta, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 3, 2017