20 Cara Mengatasi Bau Badan Tanpa Bahan Kimia

SokTau – Semua orang bisa percaya diri apabila tampil cantik. Tetapi, terkadang terjadi suatu kondisi yang tidak disangka yaitu apabila bau badan Anda telah mengganggu kenyamanan Anda. Kepercayaan diri Anda pasti menurun. Anda tidak bisa menjalankan aktivitas Anda seperti biasanya, kenyamanan Anda pasti terganggu. Untuk menangani kondisi seperti itu, Anda jangan khawatir. Kami mempunyai solusi yang tepat untuk kondisi seperti itu. Anda akan mengetahui beberapa cara untuk mengatasi bau badan, supaya tidak mengganggu kenyamanan Anda. Selamat menyimak dan perhatikan dengan baik.

Bahan alami penghilang bau badan

20 Cara Mengatasi Bau Badan Tanpa Bahan Kimia

Untuk menghilangkan bau badan, bisa menggunakan bahan alami. Prosesnya juga mudah, tidak memerlukan banyak cara.

Berikut beberapa bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan bau badan

  • Daun sirih

Daun sirih sangat sering dijumpai. Biasanya orang-orang menanam daun sirih digunakan untuk perawatan daerah kewanitaan. Tapi, ternyata selain digunakan untuk perawatan, daun sirih juga berguna untuk menghilangkan bau badan. Cara membuat racikan daun sirih cukup mudah. Anda hanya memerlukan beberapa lembar daun sirih yang masih segar, lalu tumbuk daun sirih sampai halus. Setelah itu, Anda oleskan tumbukan daun sirih tersebut pada keseluruhan tubuh Anda. Usahakan pada ketiak berikan gosokan lembut selama 5 menit. Kemudian Anda biarkan selama 10 menit dan bilas dengan mandi air hangat.

Selain dioleskan pada tubuh, Anda juga bisa membuat ramuan daun sirihh sebagai minuman. Caranya hanya merebus daun sirih dan meminumnya secara rutin.

  • Cuka putih

Cuka memang terkenal dengan bau asam yang menyengat. Tetapi, kandungan asam pada cuka bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan Anda. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu meneteskan cuka secukupnya ke bagian lipatan-lipatan tubuh yang dianggap bau, seperti lipatan lutut dan sebagainya. Apabila Anda membersihkan bagan ketiak, Anda harus meneteskan cuka pada kapas terlebih dahulu, kemudian baru Anda oleskan kapas tersebut pada ketiak Anda.

  • Daun kemangi

Daun kemangi sering dijumpai sebagai lalapan. Mungkin ketika Anda memakan nasi bebek, Anda pasti menjumpai daun kemangi. Perlu Anda ketahui, daun kemangi tidak hanya sebagai lalapan, tetapi daun kemangi juga bisa dijadikan ramuan untuk menghilangkan bau badan. Daun kemangi mempunyai kandungan antibakterial yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Oleh Karena itu, daun kemangi dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Caranya cukup mudah. Anda harus mengkonsumsi daun kemangi secara rutin. Apabila Anda tidak menyukai memakan langsung daun kemangi, maka Anda bisa memakannya bersama dengan nasi bebek.

  • Mentimun

Mentimun biasanya sebagai bahan perawatan kecantikan. Tidak jarang orang-orang banyak yang mengkonsumsi timun. Karena, biasanya mentimun dijadikan sebagai bahan pelengkap rujak. Selain sebagai bahan pelengkap rujak, mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Kandungan antibakterial pada mentimun yang membantu untuk menghilangkan bau badan. Caranya cukup mudah. Anda perlu memotong mentimun menjadi beberapa bagian, kemudian Anda gosokan potongan mentimun pada ketiak Anda setelah mandi. Selesai. Cukup mudahkan.

  • Daun beluntas

Daun beluntas biasanya banyak ditemukan di daerah pedesaan. Karena beluntas biasanya dijadikan sayuran oleh orang desa. Perlu Anda ketahui bahwa daun beluntas juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Caranya cukup mudah. Anda harus mempersiapkan beberapa daun beluntas, lalu tumbuk daun beluntas sampai lembut. Setelah itu, Anda oleskan hasil tumbuhan daun beluntas pada seluruh tubuh Anda secara merata. Terutama pada bagian lipatan seperti ketiak dan lutut.

  • Jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis atau lemon sangat mudah dijumpai dimana-dimana. Anda juga dapat menjupainya di pasar. Memang manfaat yang terkandung pada jeruk nipis atau lemon sangat banyak. Terutama dapat menghilangkan bau badan. Karena, pada jeruk nipis atau lemon terdapat kandungan antibakterial yang sangat tinggi, sehingga dapat mengatasi bau badan. Caranya cukup mudah. Anda perlu menyediakan 2 jeruk nipis atau melon untuk diperas. Campurkan perasan jeruk nipis atau melon dengan kapur sirih hingga membentuk krim. Kemudian oleskan krim tersebut pada ketiak Anda setelah mandi. Lalu bilas dengan air hangat.

  • Cengkeh

Kandungan antibakterial memang dapat menghilangkan bau badan. Pada cengkeh juga terdapat kandungan antibakterial. Oleh Karena itu, cengkeh dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Caranya Anda hanya merendam cengkeh dengan air hangat. Kemudian, Anda minum rendaman tersebut secara rutin 3x seminggu. Selain itu, Anda juga bisa membasuh tubuh Anda dengan rendaman cengkeh tersebut untuk hasil yang maksimal.

  • Jahe

Jahe biasanya digunakan sebagai minuman yaitu wedang jahe. Ternyata, minuman wedang jahe juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Anda hanya perlu mengkonsumsi wedang jahe secara rutin yaitu 1x sehari.

  • Kecombang

Tanaman kecombang ini dapat membuat ketiak menjadi harum. Caranya Anda hanya mengoleskan kuncup tanaman kecombang secara merata pada bagian ketiak, leher ataupun lutut.

  • Daun jambu biji

Selain dapat dimakan, jambu biji juga bisa menghilangkan bau badan dengan cara mengoleskan hasil blenderan jambu biji ke seluruh tubuh. Dengan kandungan antibakterial, jambu biji dapat menghilangkan bau badan dengan cara tersebut.

Menghilangkan bau badan dengan mudah

Apabila Anda ingin menghilangkan bau badan dengan mudah, itu tidak lah sulit. Anda harus melakukan beberapa hal berikut:

  • Mandi 2x sehari
  • Gunakan deodorant atau antiperspirant
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan
  • Ganti pakaian secara rutin
  • Banyak olahraga

Mencegah timbulnya bau badan tak sedap

Untuk pencegahan supaya tidak timbul bau badan yang tidak sedap, Anda harus menghindari makanan-makanan yang menyebabkan bau badan secara terus menerus. Makanan-makanan yang harus Anda hindari sebagai berikut:

  • Daging merah

Daging merah merupakan makanan yang sulit dicerna oleh usus. Sehingga mencerna daging merah memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga terdapat sisa-sisa zat seperti racun yang tertinggal di usus. Zat inilah yang menyebabkan bau keringat kurang sedap.

  • Rempah-rempah

Diantara banyak rempah-rempah ternyata terdapat beberapa rempah-rempah yang dapat mengakibatkan bau badan tidak sedap. Yaitu seperti bawang merah, bawang putih, bumbu kari, dan terasi.

  • Alcohol dan kafein

Kopi ternyata menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Dengan mengkonsumsi kopi setiap hari, akan menimbulkan bau badan. Selain itu, Alkohol juga dapat menimbulkan bau badan tidak sedap.

  • Makanan cepat saji junkfood

Makanan-makan instan pada dasarnya dibuat dari berbagai senyawa. Kandungan-kandungan senyawa ini nantinya akan membusuk dalam tubuh dan sulit diuraikan oleh tubuh. Sehingga menyebabkan keringat Anda lebih bau.

  • Tembakau

Merokok itu menyebabkan bau badan tidak enak, Karena disebabkan senyawa kimia dari asap rokok memecahkan asam pada keringat. Akibatnya keringat Anda akan lebih bau.

Baca juga: Kumpulan Resep Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

Beberapa penjelasan untuk mengatasi bau badan semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Anda jangan malas untuk melakukan hal-hal tersebut apabila ingin bau badan Anda tidak mengganggu aktivitas Anda. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Terima kasih sudah membaca artikel 20 Cara Mengatasi Bau Badan Tanpa Bahan Kimia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 28, 2017