23 Tempat Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Jawa Timur

SokTau – Mendekati akhir pekan, siapa sih yang tidak ingin menikmati liburan menyenangkan penyegar sekaligus pengobat lelah dan letih karena bekerja full time tiap hari di tiap minggunya. Bosan menghabiskan waktu libur di rumah. Tenang, berikut rekomendasi tempat wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi dijamin akan memuaskan bagi Anda pelancong. Tempat wisata ini berada di provinsi Jawa Timur.

Tempat Wisata Terbaik di Jawa Timur

23 Tempat Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan wilayah paling timur dari kepulauan Jawa Indonesia. Letak geografis nya pun unik sehingga Kita dapat menemukan daerah-daerah unik sebagai tempat wisata mulai dari gunung, pantai, hutan hingga destinasi wisata ala perkotaan.

Berikut tempat wistaa terbaik di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi:

  1. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo terletak di kecamatan Pujin Malang, terletak di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Air terjun Coban Rondo sendiri memiliki tinggi 84 meter. Di balik kecantikannya, Coban Rondo juga memiliki cerita di dalamnya, konon air terjun coban rondo merupakan tempat penantian seorang putri yang tengah menunggu kedatangan kekasihnya. Terlepas dari itu, memang kondisi alam di tempat tersebut dingin sehingga menambah semangat dan membantu melepaskan kepenatan.

  1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun madakaripura mendapat julukan air terjun abadi, dikarenakan lucuran air terjunnya serupa titik-titik air hujan yang tidak pernah berhenti. Siapapun yang berada di sana akan merasa terpukau, selain dingin dan segar alami airnya, Kita akan disuguhkan lukisan hidup ketika tebing tinggi berselimut lumut tersorot pancaran sinar matahari diiringi musik dari gemuruh air yang terjun bebas.

  1. Arung Jeram Songa

Bagi anda pecinta extreme sekaligus petualang pemberani, tidak salahnya Anda mencoba olahraga arung jeram yang tentu akan benar-benar menguji keberanian Anda. Saran, Anda harus mencoba sensasi Arung Jeram Songa yaitu di Probolinggo Jawa Timur.

  1. Batu Night Spectacular

Berada di Kota Batu Jawa Timur, Batu Night Spectacular merupakan tempat keren yang wajib anda kunjungi. Banyak wahana spectacular yang ditawarkan mulai dari yang biasa saja sampai yang dapat memicu adrenalin.

  1. G-Land

Bagi anda pecinta surfing, sangat direkomendasikan kepada Anda berkunjung. G-land menjadi salah satu pantai terbaik di jawa Timur untuk kegiatan surfing. G-Land termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Ombak G-Land tertinggi bisa mencapai 6 meter. Ada dua jalur untuk melakukan perjalanan ke pantai ini yaitu melalui Banyuwangi dan Bali. Biasanya dengan speedboat.

  1. Goa Gong

Terletak di Pacitan Jawa Timur, Goa Gong disebut-sebut sebagai goa tercantik di Asia Tenggara. Interior goa yang sungguh memikat hati para pengunjungnya karena ukiran-ukiran alami dari skalaktit dan stalakmit. Memiliki panjang 300 meter, dengan akses yang lebih dipermudah karena ratusan anak tangga yang dibentuk pemerintah setempat tentu tidak akan merasa lelah dan bosan.

  1. Gunung Bromo

Gunung yang terletak di provinsi Jawa Timur ini terletak pada ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Gunung Bromo yang merupakan bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menawarkan pemandangan sunrise yang luarbiasa cantik. Apalagi lautan pasirnya yang sangat luas.

  1. Gunung Kelud

Gunung Kelud terletak 30 km dari pusat kota Kediri. Dari arah Kediri hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit. Untuk mencapai kawah gunung Kelud, Kita diharuskan melewati terowongan kurang lebih 10 menit. Gunung Kelud menawarkan pemandangan yang luar biasa dan eksotis. Adapun pemandian sumber air panas yang terletak di bawah kaki gunung Kelud.

  1. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang berada di Jawa Timur dengan puncak mahameru-nya dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung semeru merupakan tempat terfavorit sebagai tujuan utama para pendaki.

  1. Kawah Ijen

Melihat langsung wilayah yang hampir seluruhnya kawasan belerang dan hydrogen klorida mungkin akan membuat Anda berpikir 2 kali untuk mendatanginya. Namun tak perlu takut kawasan ini aman namun pada intensitas keaktifan gunung tertentu, yaitu wisata Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan kawah terbesar menyerupai danau yang terletak di daerah Jawa Timur. Terletak di puncak Gunung Ijen dengan ketinggian 1.442 meter di atas permukaan laut dan masih aktif. Anda dapat menemukan pemandangan menakjubkan terutama di malam hari hingga menjelang subuh yaitu pancaran cahaya biru toska dan lautan api biru.

  1. Kebun Apel Malang

Ikon Kota Malang utamanya adalah buah apel. Jadi tidak afdol ketika berada di Kota Malang tidak mampir ke Kebun Apel Malang. Kebun Apel Malang memberikan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung seperti bertani, menanam hingga memanen buah apel sendiri. Selain itu ada juga outbond yang ditawarkan di sana.

  1. Museum Angkut

Untuk kalian yang ingin sekedar menikmati suasana perkotaan, datang saja ke Museum Angkut. Museum angkut terlekat di kota Batu. Kemungkinan Anda akan merasa puas karena tempat ini menyuguhkan berbagai macam angkutan umum, mulai dari kendaraan tradisional dari Indonesia sampai kendaraan bermesin buatan luar negeri. Banyak zona-zona cantik yang pas untuk foto.

  1. Pantai Balekambang

Salah satu pantai yang direkomendasikan adalah pantai Balekambang. Pantai Balekambang terletak di pesisir selatan Jawa Timur yaitu sekitar 45 Km dari arah Kota Malang yang dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan melalui jalan utama. Balekambang terkenal karena keeksotisannya yang menarik terutama karena singgasana pura yang terletak di atas batu karang besar. Pasir nya putih, ketika pasang surut, para wisatawan dapat bermain air dan berjalan di pantai hingga ke tepian batu karang. Airnya memiliki warna biru safir nan cantik yang akan membetahkan siapa saja untuk berlama-lama di sana.

  1. Pantai Klayar

Berada di Kota Pacitan, terkenal dengan kebersihan pantai dan kejernihan lautnya. Di paling ujung Timur dari pantai ini ada air mancur alami yang tercipta dari hantaman ombak yang masuk pada celah-celah batuan karang.

  1. Pantai Papuma Jember

Pantai ini memiliki air laut berwarna biru safir dan banyak batu karang cadas. Keindahan pantai ini cukup memikat hati dari pemandangan yang disuguhkan.

  1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung juga berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Tempat ini juga sangat cocok bagi kalian pecinta surfing. Airnya berwarna biru safir sehingga sangat cantik dengan buih ombak berwarna putihnya.

  1. Pantai Pulau Merah

Merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi. Serupa dengan pantai-pantai di Bali, pantai ini sangat bersih dan keindahannya terjaga secara alami. Pasirnya yang kecoklatan dengan penampakan pulau tepat dihadapan pantai akan membuat betah siapa saja.

  1. Pantai Sendang Biru

Seperti namanya, pantai berpasir putih langsat dibalut dengan warna biru tua dan biru tosca merupakan daya tarik utama tempat ini. Berjarak sekitar 30 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit saja dari Kota Malang.

  1. Pulau Bawean

Berada di sebelah utara Laut Jawa, berada pada wilayah kabupaten Gresik. Pulau Bawean merupakan habitat asli rusa Bawean yang populasinya semakin sedikit. Selain itu pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang dikelilingi laut berwarna biru tua bergradasi hijau tosca tentu pemandangan yang indah.

  1. Pulau Sempu

Terletak 30 km dari arah Kota Malang. Pulau Sempu jaraknya pun berdekatan dengan Pantai Sendang Biru. Sehingga untuk kesana cukup menyewa perahu-perahu nelayan yang tersedia.

  1. Ranu Kumbolo

Merupakan danau yang terletak di kawasan Gunung Semeru, dengan ketinggian 2.539 meter di atas permukaan laut. Ranu Kumbolo akan menawarkan lukisan alam alami yang terbentuk dari cerminan alam sekitar yang terpantul melalui danaunya. Dikelilingi bukit-bukit dengan tumbuhan ilalang dan lingkaran hutan pinus menambah nilai plus kenapa Kita harus berkunjung ke sini.

  1. Savana Bekol (Taman Nasional Baluran)

Dijuluki sebagai Afrika –nya Jawa Timur, karena merupakan taman nasional Baluran di wilayah Banyuwangi dan Situbondo. Taman ini berupa padang savana atau padang rumput luas dengan beragam binatang yang sengaja dibiarkan bebas guna mengamati aktivitas langsung binatang liar yang ada.

  1. Taman Nasional Alas Purwo

Selain Baluran, ada taman nasional Alas Purwo yang cukup menarik untuk dikunjungi. Daratannya hampir sama, jika Baluran mempunyai savana Bekol, Alas Purwo dengan savana Sadengan. Tidak hanya itu, Alas Purwo juga menawarkan beberapa tempat wisata perairan yang menarik seperti G-land.

Baca juga: 25 Tips Ampuh Untuk Meningkatkan Vitalitas Pria

Demikian rekomendasi 23 tempat wisata terbaik yang terletak di provinsi Jawa Timur. Semoga liburan anda menyenangkan dan memuaskan ketika berkunjung kesana. Selamat berlibur!

Terima kasih sudah membaca artikel 23 Tempat Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Jawa Timur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 3, 2017