25 Tips Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Secara Alami

SokTau – Penuaan pasti terjadi pada setiap orang. Penuaan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Tubuh mengalami penuaan ketika usia bertambah. Semakin usia manusia bertambah maka semakin terlihat menua. Sebenarnya, terlihatnya menua seseorang itu tergantung pada bagaimana seseorang merawat dirinya. Dalam perawatan inilah terdapat kesalahan-kesalahan yang membuat penuaan dini semakin terlihat.

Tips Mencegah Penuaan Dini

25 Tips Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Secara Alami

Mungkin Anda pernah melihat beberapa artis yang terlihat muda, padahal usianya sudah tua. Pasti Anda menginginkan seperti mereka yang terlihat lebih mudah bukan? Anda mungkin sudah tau untuk membuat diri tampak terlihat muda, dibutuhkan banyak biaya. Tetapi, Anda jangan khawatir. Terdapat beberapa tips alami untuk mencegah penuaan dini pada kulit dan juga tidak memerlukan banyak biaya. Di sini Anda akan mengetahui tips apa saja yang dapat mencegah penuaan dini.

Berikut 25 tips mencegah penuaan dini pada kulit

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup yaitu sekitar 8-9 jam sehari. Semua orang pasti mengetahui bahwa tidur adalah salah satu hal yang dapat menjaga tubuh dan pikiran kita tetap sehat dan berada dalam kondisi yang terbaik. Ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

  1. Perbaiki posisi tidur

Posisi tidur Anda jangan sampai wajah menghadap kea rah bantal, karena itu mengakibatkan terdapat garis tidur. Garis tersebut yang mengakibatkan datangnya keriput suatu saat nanti. Bagi Anda yang masih kebiasaan tidur pada posisi tersebut, sekarang waktunya Anda harus merubah posisi tidur.

  1. Minum air putih yang banyak

Air putih memang mempunyai manfaat untuk kulit yaitu mencerahkan kulit, mempertahankan elastisitas dan memelihara kesehatan. Sehingga air putih bisa membuat Anda tampak lebih muda. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum air putih yang banyak.

  1. Minum susu

Susu memang mempunyai beberapa manfaat untuk kulit termasuk untuk menghidrasi, melembabkan, mencegah kulit menjadi kering, dan susu juga dapat mengurangi penggelapan kulit yang ditimbulkan oleh pakaian atau proses penuaan. Susu mempunyai kandungan asam amino, protein dan vitamin A yang bisa memberikan manfaat baik bagi kulit.  Jadi biasakan meminum susu satu gelas satu hari.

  1. Merawat mata

Kondisi mata juga bisa mengakibatkan Anda terlihat semakin tua. Rawatlah mata Anda dengan bahan alami supaya mata Anda terlihat muda. Biasanya bisa menggunakan mentimun untuk menghilangkan kantung mata.

  1. Makan makanan sehat

Ahli nutrisi berpendapat bahwa dengan makan makanan yang sehat dapat mengurangi dampak negatif dari penuaan. Oleh karena itu, biasakan Anda untuk mengkonsumsi makan makanan yang sehat supaya Anda terlihat semakin muda.

  1. Penuhi kebutuhan kalsium tubuh

Memenuhi kebutuhan kalsium tubuh termasuk tips untuk mencegah penuaan. Kalsium mempunyai manfaat anti penuaan dan meningkatkan perlindungan dari kanker kulit. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk peremajaan kulit. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda supaya tubuh Anda mengalami lebih sedikit penuaan.

  1. Biasakan mengkonsumsi vitamin

Vitamin juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C dan E atau tablet anti oksidan merupakan vitamin yang bermanfaat dalam mempertahankan penampilan yang lebih sehat dan muda. Konsumsilah vitamin C dan E untuk mencegah penuaan.

  1. Minum teh hijau

Teh hijau ternyata memiliki khasiat anti penuaan. Teh hijau juga bermanfaat dalam membangun kepadatan tulang dan menjaga serangan penyakit mata yang datang seiring penuaan. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau teh hijau sangat bermanfaat bagi kulit. Jadi Anda jangan ragu untuk mengkonsumsi teh hijau mulai dari sekarang.

  1. Hindari melihat monitor yang posisinya rendah

Hal ini memang sering terjadi pada orang yang bekerja dengan komputer. Ternyata, melihat monitor yang posisinya rendah dapat mengakibatkan mata cepat keriput dan bahu Anda membungkuk yang akan membuat Anda terlihat lebih tua. Oleh karena itu, pastikan tata letak monitor komputer sejajar dengan mata Anda. Jangan sampai Anda memaksa mata Anda melihat monitor yang lebih rendah.

  1. Olahraga

Dengan berolahraga memang terdapat khasiat yang sangat banyak bagi tubuh. Olahraga harus Anda lakukan jika Anda ingin mencegah proses penuaan. Tidak ada salahnya jika Anda memulainya dari sekarang.

  1. Perbanyak kegiatan di luar ruangan

Udara yang segar memang dapat memberikan kesegaran pada tubuh dan juga dapat memperkuat tulang Anda. Anda bisa melakukan tips ini dengan berolahraga di pagi hari dengan bersepedah, senam atau lari pagi. Tidak ada waktunya Anda untuk bermalas-malasan di pagi hari.

  1. Jangan membiasakan diri untuk mengerutkan wajah

Membiasakan diri untuk mengerutkan wajah seperti bibir atau dahi akan menyebabkan adanya garis halus yang bisa mengakibatkan penuaan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini.

  1. Merawat gigi

Ini berhubungan dengan senyum. Senyum yang sehat dan lebar akan memberi kesan wajah yang tampak muda. Senyum yang sehat memperlihatkan gigi yang tambah sehat dan bersih. Rawatlah gigi Anda supaya tambah bersih dan sehat, jika terlihat kotor dan keropos maka akan terkesan lebih tua.

  1. Makan banyak buah dan sayuran

Anti oksidan yang terdapat pada buah-buahan atau sayuran dapat melawan radikal bebas, kekurangan oksigen yang berakibat buruk bagi sel tubuh, dengan demikian dapat melawan penuaan. Perbanyaklah buah dan sayuran.

  1. Belajar meditasi

Meditasi sudah terbukti dapat mencegah penuaan. Yoga merupakan salah satu cara agar tubuh mendapat manfaat meditasi. Meditasi juga akan membuat Anda merasa lebih tenang secara mental sehingga juga berpengaruh kepada penampilan Anda.

  1. Lakukan pengelupasan kulit

Tubuh sangat perlu di eksfoliasi agar lapisan kulit baru bisa tampak menggantikan kulit yang sudah kusam. Anda bisa lakukan pengelupasan kulit dengan menggunakan garam sebagai lulur .

  1. Lakukan perawatan tubuh

Perawatan tubuh sangat penting untuk mencegah penuaan. Tidak hanya wajah saja yang perlu perawatan supaya terlihat muda. Tubuhpun membutuhkan perawatan supaya terlihat lebih muda. Perawatannya yaitu cukup memberi pelembab untuk bagian tubuh lainnya sebelum tidur untuk menjaga kondisi kulit.

  1. Buang kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksud yaitu merokok dan minum alcohol. Menurut penelitian rokok merupakan faktor penyebab wajah terlihat semakin menua. Oleh karena itu, hindari merokok dan minum alkohol.

  1. Gunakan serum anti penuaan

Salah satu cara mencegah penuaan yaitu menggunakan serum anti penuaan. biasanya dijual banyak di pasaran. Anda harus memilih krim yang cocok untuk wajah Anda. Supaya tidak terjadi hal yang akan merusak wajah.

  1. Membersihkan wajah dengan benar

Membersihkan wajah juga harus sesuai langkah-langkah, tidak dilakukan seenaknya. Langkah-langkahnya yaitu: mencuci muka, memberi penyegar, dan melembabkan wajah. Dengan ini wajah akan terawat dengan baik.

  1. Gunakan pelembab berkualitas bagus

Memilih pelembab juga harus berkualitas bagus, supaya hasilnya bagus. Seperti pelembab untuk kulit berminyak, pelembab wajah untuk kulit kering, dan pelembab untuk kulit kombinasi. Ini disesuaikan dengan kondisi wajah Anda supaya bisa melindungi kulit wajah Anda.

  1. Gunakan pembersih wajah yang bagus

Dalam memilih pembersih wajah juga harus yang bagus. Gunakan pembersih wajah yang berbahan lembut untuk membersihkan kotoran atau minyak supaya tidak merusak wajah Anda.

  1. Lembabkan wajah sebelum tidur

Melembabkan wajah sebelum tidur termasuk waktu yang tepat untuk menggunakan produk anti penuaan. Menurut penelitian membuktikan bahwa kemampuan kulit untuk menyerap bahan aktif dalam perawatan kulit sangat bagus dilakukan di malam hari.

  1. Gunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya secara teratur akan mampu mencegah penuaan. Tabir surya mencegah efek penuaan yang diakibatkan oleh sinar matahari seperti noda hitam, keriput, dan kulit yang mengendur.

Baca juga: 15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih

Beberapa tips untuk mencegah penuaan dini sudah Anda ketahui. Sekarang tinggal Anda harus berusaha untuk melakukan tips-tips berikut. Hasil yang memuaskan tergantung bagaimana Anda melakukan tips-tips tersebut. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk segera mencoba tips untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Terima kasih sudah membaca artikel 25 Tips Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Secara Alami, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 31, 2017