3 Resep Jamu Penambah Nafsu Makan Yang Sangat Praktis

3 Resep Jamu Penambah Nafsu Makan Yang Sangat Praktis

Langkah praktis bisa dilakukan untuk menambah nafsu makan – Kurang nafsu makan umumnya terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan sebagai akibat perubahan pola makan. Namun demikian, penyakit-penyakit tertentu bisa juga mengurangi nafsu makan bagi anak-anak atau orang dewasa. Diantaranya penyakit radang tenggorokan, hepatitis dan demam.

Jamu sehat peningkat nafsu makan

Nenek moyang kita sering menggunakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan. Dan berikut ini cara menambah nafsu makan dengan ramuan tradisional. Atau orang tua dulu sering menyebutnya sebagai jamu tradisional penambah nafsu makan.

1.Temu lawak

  • Bahan: 30 gram rimpang temu lawak, 1 sendok teh gula aren, dan 3 sendok makan air bersih.
  • Cara pembuatan : Parut rimpang temu lawak hingga halus, kemudian tambahkan air 3 sendok makan. Peras parutan rimpang temu lawak tersebut kemudian saring airnya. Tambahkan gula aren pada air perasan tersebut dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini tiga kali sehari.

2.Brotowali

  • Bahan: Tiga helai daun brotowali, Dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil, Dua gelas air.
  • Cara pembuatan : Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Minum sekali sehari satu gelas, lakukan selama beberapa hari.

Baca Juga : Resep Kue Cenil Lezat Untuk Membangkitkan Nostalgia

Rimpang temu putih juga bisa meningkatkan nafsu makan

Rimpang temu putih juga bisa digunakan sebagai jamu penambah nafsu makan. Didalam tumbuhan ini mengandung sejumlah senyawa alami yang mampu meningkatkan nafsu makan pada seseorang. Bagi anda yang sedang menjalankan proses penggemukan tubuh atau pemulihan setelah sakit sangat cocok untuk mengonsumsi jamu ini. Berikut bahan dan cara pembuatannya :

  • Bahan: 25 gram rimpang temu putih dan air bersih 2 gelas.
  • Cara pembuatan: Tumbuk rimpang temu putih hingga halus, kemudian tambahkan 2 gelas air. Saring dan minum airnya dua kali sehari.

Itulah beberapa resep jamu untuk menambah nafsu makan semoga bermanfaat dan, selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel 3 Resep Jamu Penambah Nafsu Makan Yang Sangat Praktis, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 14, 2015