5 Bahan Alami Ini Bakal Bikin Rambut Cantik, Kuat dan Sehat

SokTau – Rambut kering, patah, rontok dan rapuh, suatu hal yang sangat tidak diinginkan terjadi pada rambut setiap perempuan. Bagi perempuan, rambut merupakan mahkota penunjang kecantikan untuk tampil percaya diri di muka umum. Banyak dari Kita, tidak segan untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan perawatan maksimal untuk rambut.

Rambut Sehat dengan Bahan Alami

5 Bahan Alami Ini Bakal Bikin Rambut Cantik, Kuat dan Sehat

Rambut kering dan mudah rontok bisa disebabkan rambut yang kurang nutrisi atau karena cuaca maupun polusi. Banyak perempuan yang menggunakan segala cara untuk membuat rambut terlihat lebih indah dan sehat baik perawatan dari luar maupun dari dalam. Namun tahukah, perawatan yang salah apalagi perawatan dari luar dengan penggunaan sampo dan obat-obat kimia lainnya dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada rambut. Lalu bagaimana perawatan sehat yang tepat untuk membuat rambut sehat dan terlihat indah? Tak perlu khawatir, berikut perawatan rambut alami dari beberapa bahan alam yang lebih sehat dan tentunya tidak mahal.

Berikut bahan-bahan alami serbaguna sebagai alternatif perawatan rambut:

  1. Santan Kelapa

Mungkin sebagian besar orang, hanya tahu bahwa air sari kelapa atau ‘santan kelapa’ adalah bahan dapur yang sering dipakai untuk membuat makanan. Namun tahukah, santan kelapa yang mengandung minyak alami berkhasiat untuk membantu pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan mengembalikan warna hitam pada rambut. Umumnya rambut akan tumbuh panjang setidaknya 1-1,5 cm untuk tiap bulan, jadi selama setahun rambut akan bertambah panjang setidaknya 15 cm.

Anda bisa menggunakan kelapa dengan kematangannya yang tidak terlalu muda maupun tua. Parutlah ¼ sampai ½ kelapa, kemudian beri air sekitar 100 ml atau setara dengan setengah gelas belimbing. Peras, basahi dan oleskan secara menyeluruh dari kulit kepala hingga ujung rambut. Pakailah handuk atau kain bersih yang sebelumnya sudah dihangatkan sebagai penutup kepala. Diamkan rambut dengan bulatan handuk kurang lebih 20 sampai 30 menit. Terakhir bilas dan keramaslah dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Untuk hasil maksimal, setidaknya lakukan minimal satu kali dalam seminggu. Lakukan selama dua bulan berturut-turut. Anda akan mendapatkan rambut panjang dan berkilau.

  1. Biji Kemiri

Satu lagi bahan masak dapur yang memiliki khasiat sebagai perawatan rambut secara alami. Penggunaan biji kemiri sebagai perawatan rambut membantu dalam proses mendapatkan rambut panjang dan sehat. Anda bisa memanfaatkan biji kemari sebagai pelembab alami untuk rambut. Caranya, cukup sediakan 4 sampai 6 biji kemiri, tumbuk sampai halus. Jika anda telaten anda bisa memasaknya terlebih dahulu dengan menyampurkan 2 sendok makan air, tunggu hingga mengental dan berubah menjadi endapan minyak. Diinginkan, lalu oleskan setiap malam menjelang tidur dan bilas serta cucilah dengan sampo keesokan harinya. Namun jika anda tidak memiliki waktu yang cukup, anda bisa langsung memakai kemiri halus pada rambut anda dengan mengoleskannya pada kulit kepala di malam hari sebelum tidur. Dan cucilah di keesokan harinya.

  1. Teh Hijau

Sejak dulu, teh hijau terbukti memiliki khasiat besar terhadap dunia kecantikan. Selain teh hijau digunakan dalam program menurunkan berat badan, kandungan teh hijau juga berkhasiat mengencangkan kulit secara alami. Tidak hanya itu, teh hijau ternyata membantu mengembalikan kesehatan rambut, mencegah kerontokan dan mengembalikan warna hitam pada rambut. Rambut sehat, lebat dan berkilau adalah idaman setiap wanita jadi Anda bisa menggunakan teh hijau sebagai alternatif perawatan rambut secara alami. Teh hijau mampu merangsang pertumbuhan rambut karena mengandung antioksidan yaitu epugallcatechin-3-gallate yang membantu berjalannya sirkulasi darah pada kulit kepala. Teh hijau juga mengandung vitamin E, C, phatenol dan provitamin yang membantu mengembalikan kelembaban rambut dan menguatkan akar rambut. Cara perawatan rambut dengan teh hijau sangatlah sederhana, pertama, seduhlah teh hijau dengan setengah gelas air panas. Diamkan teh hijau sampai menjadi dingin. Aplikasikan atau oleskan teh hijau pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan pemijatan kecil secara lembut dan perlahan. Kemudian, pakailah handuk yang sudah dihangatkan untuk membungkus rambut. Tunggu dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas rambut dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

  1. Minyak Zaitun

Dalam cerita Mesir kuno, minyak zaitun merupakan bahan alami kosmetik bagi perempuan-perempuan di Mesir terutama putri kerajaan. Minyak zaitun mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering dan kasar. Penelitian juga membuktikan zat yang terkandung pada minyak zaitun mampu mencegah rambut rontok dan ketombe. Minyak zaitun kaya akan nutrisi seperti, biotin, niacin, vitamin E dan B yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan pada kepala. Minyak zaitun juga mengandung anti jamur dan anti bakteri sehingga mencegah timbulnya ketombe.

Minyak zaitun yang mengandung senyawa mineral alami yang baik dan sangat berkhasiat dalam perawatan rambut. Untuk Penggunaannya, Anda cukup siapkan minyak zaitun secukupnya. Anda bisa mengira-ngira takaran yang cukup untuk rambut anda. Basahi dan cuci dahulu rambut Anda agar penyerapan minyak zaitun dapat secara maksimal. Karena kotoran yang menempel pada rambut dapat mempersulit masuknya nutrisi pada minyak zaitun. Kemudian oleskan minyak zaitun pada rambut, dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Kemudian berikan pijatan secara lembut dan perlahan. Pijatan ini juga berguna memberikan relaksasi kepada Kita. Diamkan kurang lebih selama 1 jam. Selanjutnya bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.

  1. Air Kelapa

Air kelapa dapat menjadi kondisioner alami rambut setelah keramas. Air kelapa dapat membantu merapikan rambut keriting dan kasar. Vitamin B di dalamnya berkhasiat memperbaiki jaringan kulit dan rambut usang. Kandungan vitamin C dan jumlah glukosa yang seimbang dapat membantu mengembalikan dan menjaga kelembaban pada rambut. Vitamin C juga mampu menghambat tumbuhnya uban pada rambut. Air kelapa mengandung protein, kalium dan zat besi tinggi yang sangat berkhasiat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Pakar penelitian menemukan kandungan asam laurat yang dapat membantu pembelahan sel dan meregenerasi sel. Untuk penggunaannya Anda cukup siapkan ½ liter atau setara dengan 500 ml air kelapa muda. Aplikasikan sebagai kondisioner, atau cukup oleskan secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Beri pijatan kecil yang lembut dan perlahan. Ambil handuk yang sebelumnya telah dihangatkan sebagai penutup kepala. Lakukan rutin setiap 2 kali dalam seminggu selama 2 bulan. Lakukan setiap malam hari menjelang tidur, sehingga dapat didiamkan selama semalaman agar regenerasi nutrisi mampu terserap secara maksimal. Kemudian Anda bisa membilasnya di pagi hari, sebaiknya gunakan air dingin dan keramaslah dengan sampo.

Baca juga: Tips Langsing Sehat dengan Konsumsi Makanan Diet Khusus

Itulah tips dan alternatif perawatan alami bagi rambut. Bahan-bahan tersebut terpercaya dalam memanjangkan dan merawat kesehatan rambut secara alami. Segera praktikkan di rumah dan buktikan hasilnya! Selamat mencoba.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Bahan Alami Ini Bakal Bikin Rambut Cantik, Kuat dan Sehat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - April 19, 2017