5 Bahan Alami Pembasmi Komedo Membandel

SokTau – Wajah merupakan aset paling berharga bagi semua wanita, namun bagian tubuh yang satu sering kali mengalami berbagai macam masalah. Jerawat, komedo, kulit kasar dan berminyak merupakan masalah utama yang kerap timbul di area ini. Komedo masalah kulit ini merupakan masalah yang paling sering muncul disekitar area hidung ,wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya. Komedo merupakan salah satu jenis jerawat ringan yang kerap kali muncul akibat produksi minyak di wajah yang berlebihan. Produksi minyak berlebih inilah yag nantinya akan menyumbat pori-pori kulit dan kemudian menimbulkan komedo tumbuh.

Pori-pori yang tersumbat tersebut bisa terbuka atau justru tertutup. Dimana jika terbuka komedo tersebut akan menimbulkan pori-pori kulit membesar dan berwarna hitam atau bisanya disebut dengan blackhead. Sedangkan jika komedo tersebut menutup pori maka akan menimbulkan tonjolan putih kecil dan bisa disebut dengan whitehead. Apabila masalah kelebihan keringat tersebut tidak segera diatasi, maka komedo lama kelamaan akan berubah menjadi jerawat atau dalam bahasa kerennya bisa disebut dengan pustule. Perubahan komedo menjadi jerawat ini akan berlangsung sangat cepat ketika usia seseorang menginjak remaja, dimana reproduksi keringat akan semakin besar.

Cara menghilangkan komedo

5 Bahan Alami Pembasmi Komedo Membandel

Sebelum komedo berubah menjadi jerawat, ada baiknya anda segera mengatasi masalah tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, namun tetap yang disarankan untuk anda adalah cara yang tepat dan aman pastinya.

Menggunakan produk kecantikan yang menggunakan bahan kimia untuk menumpas tuntas komedo, hanya akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Umumnya produk kecantikan dengan bahan kimia memiliki efek berupa ketergantungan yang akan membuat kesehatan wajah dan tubuh justru terganggu. Jika anda menggunakan produk kosmetik kimia yang salah, bukan komedo anda yang akan hilang namun wajah anda justru akan semakin rata dengan komedo dan bekas-bekasnya.

Dari pada anda berisiko menanggung akibatnya jika menggunakan produk kimia, akan lebih baik jika anda menerapkan cara alami yang tentunya aman dan tidak memberikan dampak negatif kedepannya. Mau tau bagaimana caranya simak ulasannya dibawah ini !

  • Basmi komedo dengan putih telur

Untuk cantik anda tidak perlu membeli kosmetik dengan harga selangit, apalagi untuk masalah komedo. Anda hanya perlu memanfaatkan bahan murah yang ada di rumah anda, telur misalnya. Telur dapat dimanfaatkan sebagai salah satu masker pembasmi komedo, namun yang anda gunakan cukup bagian putihnya saja sedangkan untuk kuningnya bisa anda goreng saja untuk lauk hehe J

Pengaplikasiannyapun cukup simple, anda hanya harus memisahkan putih telur dari kuningnya kemudian campurkan dengan satu sendok madu dan oleskan pada bagian wajah berkomedo. Namun untuk menggunakan cara ini pastikan anda tahan dengan bau amisnya ya, karena jika tidak anda bisa muntah karena tidak tahan dengan baunya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan anda melakukannya  1 – 3 kali seminggu.

  • Basmi komedo gunakan buah pepaya

Buah pepaya, jangan anda menganggap remeh buah yang satu ini. Dibalik penampilannya yang sederhana, buah pepaya merupakan salah satu buah ajaib yang sangat dianjurkan dalam dunia kecantikan salah satunya untuk menangani masalah komedo.

Tidak sedikit dokter kecantikan yang menyarankan agar kliennya menggunakan buah pepaya untuk salah satu metode perawatan kulit. Cara untuk mengaplikasikannyapun sangat simple dan mudah, anda cukup melumatkan buah pepaya hingga menjadi pasta kemudian oleskan secara merata pada bagian yang berkomedo. Diamkan selama kurang lebih 30 menit untuk memastikan sari buah telah terserap oleh pori, kemudian cuci wajah anda hingga bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan kegiatan ini setiap hari sebelum tidur malam.

  • Basmi komedo gunakan Lidah Buaya

Jika umumnya orang mengetahui bahwa aloe vera atau sering disebut sebagai lidah buaya dimanfaatkan untuk produk perawatan rambut, namun faktanya lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pembasmi komedo yang kerap menghiasi wajah. Aloe vera memiliki sejenis zat yang dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran penyebab iritasi kulit serta dapat mengurangi masalah infeksi kulit yang kerap kali menimpa pra wanita umumnya wanita remaja.

Untuk mengaplikasikannya anda hanya perlu menempelkan gel / getah lidah buaya pada area wajah yang berkomedo, kemudian diamkan hingga mengerik setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Karena cara ini sangat alami dan aman, anda bisa menggunakannya setiap hari secara rutin sebelum tidur atau ketika sedang bersantai di siang hari.

  • Basmi komedo dengan Uap

Bagi anda yang sering menonton drama korea tentu sudah tidak asing lagi dengan cara yang satu ini bukan ? Ya menuntaskan masalah wajah menggunakan uap merupakan cara perawatan alami wajah yang kerap dilakukan oleh orang korea baik laki-laki maupun perempuan. Cara ini dilakukan bukan tanpa alasan, karena membersihkan wajah dengan uap terbukti ampuh menghindarkan wajah dari masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Cara ini cukup populer di Korea, terbukti dengan menjamurnya bisnis sauna di sana yang banyak diminati oleh semua kalangan. Uap yang panas mampu membuka pori kulit dengan cepat, sehingga wajah akan sangat mudah untuk dibersihkan. Cara melakukannyapun cukup simple! anda hanya perlu mengapi wajah  selama beberapa menit kemudian mengelapnya dengan handuk khusus. Dengan begitu kotoran yang menempel atau telah masuk ke pori dapat dibersihkan dengan mudah.

  • Basmi komedo dengan air lemon

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi membuat lemon popular sebagai salah satu buah penunjang kecantikan. Banyak produk kecantikan yang memanfaatkan lemon sebagai salah satu bahan utamanya. Salah satu zat yang terkandung dalam lemon terbukti mampu mengurangi produksi keringat berlebih pada wajah, dengan begitu anda tidak perlu khawatir jika pori-pori wajah anda akan tersumbat.

Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada wajah anda secara merata tunggu hingga beberapa menit kemudian bilas dengan ir bersih. Namun metode ini akan membuat wajah anda sedikit merasakan perih, sehingga anda harus bersiap untuk sedikit kesakitan jika ingin melakukannya.

Apabila komedo telah menghilang setelah menggunakan salah satu cara diatas, selanjutnya adalah anda harus menjaga kulit wajah anda dengan cara yang benar agar komedo tidak kembali mewarnai wajah cantik dan mulus anda. Nah, berikut ini adalah metode perawatan wajah yang bisa anda terapkan setelah kembali cantik :

  • Rutinlah mencuci wajah anda hingga bersih menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan kulit anda.
  • Jangan menggunakan kosmetik yang tidak cocok dan mengandung banyak bahan kimia.
  • Cuci wajah anda dengan air hangat secara rutin sebelum tidur.
  • Kurangi makanan pemicu jerawat seperti gorengan atau junkfood.
  • Hindari paparan asap rokok bila perlu gunakan masker ketika keluar rumah.
  • Jangan sekali-kali memencet-pencet komedo atau jerawat karena hal ini justru akan menginfeksi bagian kulit lainnya dan dapat memicu berkembangnya jerawat pada area wajah yang lain.

Baca Juga: Inilah Segudang Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Cukup simple bukan ? Rutinlah merawat wajah anda karena wajah adalah aset utama bagi semua manusia. Lakukan salah satu tips diatas, namun jika tidak ada juga perubahan berarti baiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk memastikan masalah kulit anda itu. Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda, semoga bermanfaat terimakasih.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Bahan Alami Pembasmi Komedo Membandel, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 25, 2016