5 Perawatan Ampuh Untuk Atasi Kulit Berminyak

SokTau – Memiliki kulit yang sempurna memang menjadi harapan setiap orang. mulai dari kalangan remaja bahkan hingga usia tua. Setiap orang ingin senantiasa tampil mempesona dan terhindar dari berbagai masalah pada wajah yang sering mengganggu. Salah satu masalah yang sering dialami dan dikeluhkan banyak orang adalah masalah kulit berminyak. Banyak orang yang merasa sangat kesulitan dengan kulitnya yang berminyak. Belum lagi jika dibenturkan dengan kesibukan dan tugas-tugas yang menumpuk. Hal ini tentunya akan membuat Anda kurang nyaman dan kurang percaya diri saat bertemu dengan orang lain.

5 Perawatan Ampuh Untuk Atasi Kulit Berminyak

Perawatan Ampuh Untuk Atasi Kulit Berminyak

Setiap orang yang mengalami masalah pada kulit cenderung mencari-cari formula ampuh yang dapat mengobati secara cepat dan instan. Untuk menuruti kebutuhan tampil sempurna, banyak orang yang rela untuk mengeluarkan banyak uang. Padahal jika diperhatikan, sebenarnya ada cara yang ampuh untuk mengatasinya hanya dengan perawatan sederhana. Tetapi sebelum beralih kepada jenis perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit ideal, perlu diperhatikan beberapa faktor yang menyebabkan kulit menjadi berminyak sebagai berikut..

Berikut ini 5 Perawatan Ampuh Untuk Atasi Kulit Berminyak Anda

Makanan yang mengandung banyak lemak

Makanan yang memiliki banyak kandungan lemak ternyata sangat tidak baik untuk dikonsumsi karena akan menyebabkan tertimbunnya lemak serta dapat Memunculkan penyakit. Salah satu yang menyebabkan munculnya minyak berlebih adalah karena terlalu banyak memakan makanan yang mengandung banyak lemak.

Hormone yang tidak seimbang

Umumnya, minyak berlebih pada wajah akan dialami oleh orang yang sudah memasuki masa pubertas. Orang yang sudah puber ini akan sering mengalami ketidakseimbangan pada hormone yang disebabkan karena siklus haid. Ini menyebabkan munculnya minyak yang berlebih pada kulit.

Salah dalam memilih kosmetik

Kosmetik yang kurang tepat, ternyata bisa menyebabkan minyak yang berlebih pada kulit Anda. untuk menghindari terjadinya hal ini, usahakan untuk tidak mengonsumsi jenis kosmetik yang mengandung bahan kimia. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan munculnya minyak berlebih pada kulit. Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya iritasi dan membuat wajah Anda lebih sensitive.

Faktor keturunan

Selain beberapa hal di atas, ternyata factor keturunan juga dapat menimbulkan terjadinya produksi minyak berlebih. Jika Anda memiliki orang tua yang memiliki minyak berlebih, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan cenderung memiliki kulit yang berminyak.

Pilihlah pembersih yang tepat

Salah satu perawatan yang penting dan harus Anda perhatikan adalah memilih pembersih yang tepat. untuk itu, gunakanlah jenis pembersih yang lembut serta larut dalam air. Untuk pembersih ini, gunakanlah sua kali dalam sehari. Perlu Anda perhatikan bahwa pembersih yang ideal adalah jenis pembersih yang tidak meninggalkan jejak apapun serta tidak membuat kulit Anda kering dan bebas wewangian. Diantara pilihannya, Anda bisa menggunakan pembersih yang mengandung matcha karena the hijau jenis matcha memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan serta dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Gunakanlah toner

Cara selanjutnya untuk merawat kulit Anda dengan menggunakan toner. Namun, Anda juga perlu untuk berhati-hati dalam memilih jenis toner karena tidak semua toner baik dan aman bagi kulit Anda. oleh karena itu, gunakanlah toner yang bebas dari alkohol. Pilihlah jenis toner yang kaya dengan antioksidan dan bahan-bahan yang lainnya yang mampu membuat kulit berminyak Anda menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan, toner yang mengandung bahan-bahan tersebut efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit Anda serta mereduksi inflamasi pada kulit. Selain itu, ternyata juga ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati maupun sisa-sisa make up yang masih tertinggal. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang mungkin sering menggunakan make up tebal dalam beraktifitas sehari-hari.

Gunakan tabir surya pada saat siang hari

Selain dua hal di atas, ada cara lain yang sangat ampuh untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit Anda, yaitu cukup dengan menggunakan tabir surya. Kegunaan tabir surya untuk Anda yang memiliki kulit berminyak sangat pas untuk menghindari timbulnya noda pada wajah. dalam pemilihan jenis tabir surya, Anda juga harus selektif dan benar-benar memilih yang paling pas untuk Anda. oleh karena itu, pilihlah jenis tabir surya yang memang sesuai untuk jenis kulit yang mengandung minyak berlebih. Selain memilih jenis tabir surya yang paling cocok bagi Anda, pada siang hari juga perlu untuk memperhatikan penggunaan make up. Jangan menggunakan make up yang terlalu berat seperti founsation cair, bedak padat, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar masalah kulit berminyak Anda bisa segera diatasi. Selama Anda menggunakan make up, pastikan bahwa kulit Anda tetap bisa bernapas dengan baik. Hal ini sekaligus untuk tetap menjaga kesehatan pada kulit.

Pada malam hari, lakukan hidrasi pada kulit

Pada malam hari, jenis kulit apapun pasti membutuhkan hidrasi. Anda dapat memperolehnya dari bahan-bahan yang mengandung antioksidan. Manfaat dari kegiatan ini adalah dapat memperbaiki kulit yang rusak serta menjaga kulit Anda agar tetap sehat. Umumnya, Anda bisa mendapatkan bahan ini dalam bentuk gel, serum, atau yang lain. Bahkan, saat ini Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk masker lumpur. Oleh karena itu, kegiatan hidrasi semestinya dilakukan secara rutin karena jika kulit Anda sampai mengalami dehidrasi, maka produksi minyaknya juga akan semakin bertambah.

Berhati-hatilah saat menggunakan bahan alami

Berbagai bahan yang alami seperti perpaduan antara gula dan lemon ternyata sangat baik untuk eksfoliasi kulit. Selain itu, juga efektif untuk meningkatkan pigmentasi. Namun, Anda juga perlu untuk berhati-hati karena menggunakan lemon yang berlebihan juga bisa menyebabkan hyperpigmentasi. Oleh karena itu, Anda harus mulai memahami bahwa betapapun bahan alami ampuh untuk mengatasi kulit Anda yang berminyak, pastikan bahwa Anda telah menggunakannya sesuai dengan petunjuk serta resep yang telah diberikan.

Baca Juga: 5 Masker Untuk Memutihkan Kulit Paling Ampuh

Itulah beberapa perawatan untuk kulit berminyak yang bisa Anda jadikan panutan dalam mengatasi kulit berminyak Anda. selain beberapa hal di atas, Anda juga harus senantiasa memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit karena seringkali masalah pada kulit disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Selain disebabkan pola hidup, pola makan ternyata juga sangat mempengaruhi. Oleh karena itu, mulailah menjaga pola hidup dan pola makan mulai dari saat ini. Jangan biarkan kebiasaan yang Anda lakukan setiap harinya menjadi hal yang merugikan Anda yang bisa berdampak buruk bagi kulit dan kesehatan Anda.

Anda bisa melakukan cara di atas secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi, jika Anda merasa kulit berminyak Anda sangat bermasalah dan tidak kunjung hilang. Sebaiknya Anda konsultasi secara langsung kepada dokter kulut. Meskipun sekedar konsultasi, tetapi hal ini sangat penting untuk mengetahui perkembangan kulit Anda serta kemungkinan-kemungkinan lain yang belum Anda duga sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat melakukan pencegahan atau penyembuhan sejak dini supaya masalah pada kulit tidak berlarut-larut. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Perawatan Ampuh Untuk Atasi Kulit Berminyak, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - August 27, 2016