5 Permainan Tradisional Masa Kecil Yang Mulai Punah

5 Permainan Tradisional Masa Kecil Yang Mulai Punah

Soktau.com – Seiring perkembangan teknologi yang ada, permainan tradisional ternyata mulai punah. Masa kanak-kanak adalah masa di mana mereka masih asyik dengan kesenangannya. Banyak waktu luang yang dihabiskan dengan bermain bersama teman-temannya.

Ada beberapa permainan jadul yang masih dimainkan hingga saat ini. Tapi, semakin berkembangnya zaman membuat permainan modern menjadi favorit anak-anak.

5 Permainan Tradisional Masa Kecil

1.Benteng

Benteng

Permainan ini dimainkan dengan cara beregu. Biasanya terdapat dua tim dan untuk satu tim anggotanya 4 sampai 8 orang. Permainan ini hanya bisa dilakukan di tanah yang lapang. Pertama, setiap tim mencari sebuah markas yang akan digunakan sebagai pegangan. Biasanya berupa tiang, pohon atau yang lain sebagainya. Pemenangnya adalah tim yang dapat menguasai markas lawan.

2. Gebokan batu

Gebokan batu

Permainan ini dilakukan secara beregu dengan 2 tim. Biasanya satu tim berisi 4 hingga 8 orang. Alat yang perlu disiapkan adalah bola kasti dan pecahan genteng. Pertama, tim jaga mengejar tim lawan dengan melemparkan bola kasti ke tubuh lawan. Tujuan untuk memenangkan permainan ini adalah dengan menumpuk pecahan genteng tanpa terkena lemparan bola lawan. Apabila bola terkena tubuh lawan, maka giliran jaga untuk tim lawan.

3. Lompat Tali

Lompat Tali

Lompat tali adalah salah satu permainan yang masih dijumpai hingga sekarang. Permainan ini bisa digunakan sebagai olahraga yang menyehatkan badan. Alat yang perlu disiapkan hanyalah tali karet. Untuk dapat memainkannya dibutuhkan lebih dari 3 orang. 2 orang memegang ujung-ujung tali dan orang lainnya melompat dengan tahap yang semakin lama semakin susah.

4. Petak umpet

Petak umpet

Petak umpet adalah permainan yang sangat asyik untuk menghabiskan waktu luang bersama teman-teman. Permainan ini diawali dengan hompimpah untuk mendapatkan satu orang yang jaga. Orang yang jaga menutup mata dengan menghadap tembok atau tempat yang dijadikan markas.

5. Taplak

Taplak

Taplak termasuk dalam permainan tempo dulu yang hampir punah. Dalam bahasa jawa, taplak lebih dikenal dengan engklek. Permainan ini biasanya dilakukan di teras rumah atau lapangan. Awalnya, digambar terlebih dahulu pola atau jalur taplak. Setelah itu secara bergilir, pemain melemparkan pecahan genting (gacuk) ke jalur taplak secara bertahap.

Baca Juga : Intip Yuk, Foto Cantik Agnes Monica Tanpa Make Up

Demikianlah 5 permainan jadul yang hampir punah di Indonesia. Perkembangan jaman memang salah satu faktor yang menyebabkan punahnya permainan tradisional. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kita dan meningkatkan kesadaran kita untuk ikut melestarikan permainan tradisional yang dimiliki Indonesia.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Permainan Tradisional Masa Kecil Yang Mulai Punah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 16, 2015