6 Tips Ampuh Mengatasi Keriput Sejak Dini

SokTau – Salah satu ciri alamiah yang menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami pertambahan usia serta proses regenerasi kulit adalah munculnya kerutan halus yang ada di sekitar mata. Menurut salah satu praktisi kesehatan yaitu dr. Ghanis Yufrizal mengatakan bahwa munculnya kerutan halus di sekitar mata merupakan suatu proses alamiah. Akan tetapi, jika Anda yang kini masih berusia sekitar 20-an dan mengalami permasalahan tersebut berarti Anda mengalami proses penuaan dini.

Mengatasi Keriput Sejak Dini

6 Tips Ampuh Mengatasi Keriput Sejak Dini

Penuaan dini yang umum terjadi biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang di antaranya adalah munculnya kerutan halus yang terdapat di sekitar mata. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kerutan halus di usia 20-an maka Anda sedang mengalami penuaan dini. Nah, penuaan diri itu sendiri terjadi karena beberapa sebab. Berikut penyebab yang seringkali muncul dan cara untuk mengatasinya.

Faktor genetik

Salah satu faktor munculnya penuaan diri adalah karena adanya faktor genetic. Ini bisa dibilang adalah faktor utama yang sering diderita oleh masyarakat. untuk penyebab yang satu ini memang sangat sulit untuk dihindari. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti sama sekali tidak bisa diatasi. Bayangkan saja jika terjadi penuaan dini namun oleh yang bersangkutan dibiarkan begitu saja. Sudah pasti akan sangat merusak penampilan dan Anda pun menjadi kurang percaya diri untuk tampil di depan umum. Oleh karena itu, jika kulit wajah Anda terjadi penuaan dini maka segera cari dan teliti penyebabnya serta carikan solusi terbaiknya.

Jika Anda adalah tipe orang mudah stress atau pun salah dalam memilih kosmetik maka wajah akan mudah untuk mengalami penuaan dini. Di samping itu, paparan matahari langsung juga bisa jadi salah satu pemicu terberat Anda. Oleh karena itu selalu perhatikan kesehatan kulit Andan dan berhati-hati dalam memilih produk kosmetik yang tepat dan sesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki.

Daya Tahan tubuh

Selain faktor keturunan, terjadinya penuaan dini juga bisa juga dipengaruhi oleh daya tahan tubuh yang kurang baik. Dengan demikian, tubuh akan sangat mudah terinfeksi dan terserang virus sehingga memberikan pengaruh yang besar dan buruk terhadap kondisi serta kesehatan kulit Anda. Apabila daya tahan tubuh yang dimiliki oleh seseorang kurang baik, maka kulit akan lebih mudah kusam dan cenderung kendur sehingga akan mudah muncul kerutan.

Jika tubuh memiliki daya tahan yang sangat lemah, sudah wajib rasanya bagi Anda untuk lebih memperhatikan lagi kebiasaan atau pola hidup yang Anda terapkan sehari-hari. Control asupan makanan yang masuk ke tubuh serta selektif lah dalam memilih makanan untuk tubuh kita.

Stres Mempengaruhi Kondisi Kulit Anda

Stress seringkali dialami oleh seseorang baik pria atau pun wanita. Terlebih lagi wanita jaman sekarang sangat rentan dengan patah hati yang berujung pada kondisi hati yang kurang baik dan stress berkepanjangan. Wanita yang mudah mengalami stress biasanya mereka memiliki jenis kulit yang kendur serta kusam. Namun sebaliknya wanita yang easy going dalam menghadapi setiap masalah yang menerpa nya ia akan cenderung lebih mudah dari usianya. Oleh karena itu, biasakan untuk santai dalam menghadapi setiap masalah yang menimpa Anda. Jangan merasa Anda adalah wanita yang paling menderita sehingga Anda tidak terlalu larut dalam kesedihan serta masalah yang menerpa nya.

Stress yang berkepanjangan tidak hanya memberikan dampak yang buruk terhadap kulit Anda saja. Namun, kesehatan tubuh juga akan terganggu. Seseorang yang tengah dirundung kesedihan cenderung lebih suka melakukan hal-hal semaunya sendiri. Dengan demikian, bisa dipastikan gaya hidup yang dilakukan nya juga menjadi kurang baik dan tidak normal. Intinya, upayakan untuk belajar mengontrol diri sehingga Anda tidak terlalu dirundung kesedihan.

Beragam Faktor Eksternal Lainnya

Faktor eksternal pertama yang mempengaruhi terjadinya penuaan dini adalah adanya paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung akan memperburuk keadaan kulit seseorang. Terlebih lagi jika aktivitas Anda setiap hari mengharuskan Anda untuk berada di luar ruangan sehingga memiliki potensi yang besar untuk mengalami penuaan dini. Paparan sinar matahari mengandung sinar ultraviolet sehingga akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap kesehatan kulit khususnya kulit wajah. Dampaknya, kulit menjadi tidak sehat dan tampak kusam. Dengan demikian, secara perlahan kulit akan rusak.

Selain paparan sinar matahari, radikal bebas seperti adanya asap rokok dan polusi udara akan mengakibatkan terjadinya penuaan dini. Oleh karena itu, upayakan untuk berada dalam lingkungan yang sehat serta memberikan perlindungan pada kulit kita secara maksimal. Dengan demikian, kulit pun akan tetap sehat dan kita tetap merasa percaya diri dalam setiap penampilan.

Kelembaban udara yang minim juga akan memberikan pengaruh terhadap kulit. Jika Anda berada dalam daerah yang memiliki kelembapan udara yang rendah, maka kulit Anda akan rentan terhadap kekeringan serta berkeriput. Untuk itu, selalu siapkan lotion yang cocok untuk jenis kulit yang Anda miliki.

Melakukan Perawatan Kulit Alami

Kerutan yang dialami seseorang pada saat usia dini bisa diatasi dengan menggunakan 2 cara. Pertama, seseorang bisa mengatasinya dengan cara yang alami yaitu dengan melakukan perawatan kulit dengan cara yang tepat. Memilih kosmetik yang tepat dan disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki merupakan cara yang harus dilakukan. sebelum dan sesudah tidur, selalu upayakan untuk membersihkan kulit wajah Anda dengan maksimal. Sebaiknya gunakan pelembap serta suplemen yang mengandung vitamin C dan E guna menjaga keremajaan kulit Anda. Di samping itu, Anda pun juga bisa membuat produk kosmetik sendiri dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar dan menyesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki.

Mencegah kerutan atau penuaan dini juga bisa dilakukan dengan melakukan senam wajah rutin. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menggerakkan wajah dengan beraturan serta dilakukan rutin setiap hari. Cara ini memang terkesan sangat sepele. Akan tetapi, cara ini akan membantu mengencangkan otot-otot pada wajah sehingga membuat Anda menjadi lebih segar dan rileks.

Melakukan Perawatan Kulit Secara Medis

Belakangan ini cara untuk mendapatkan kecantikan lebih sering dilakukan oleh seseorang dengan melakukan perawatan dengan cara modern yaitu secara medis. Cara ini dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan melakukan perawatan secara konvensional. Maka tak heran jika banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan kulit dengan cara medis ini. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa ketika memutuskan untuk melakukan perawatan wajah dengan cara medis ini sebaiknya benar-benar menggunakan jasa praktisi kesehatan yang memang sudah teruji keahliannya supaya Anda tidak menyesal nantinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Rahasia Baking Soda Untuk Kecantikan

Cara mengatasi penuaan dini dengan cara medis biasanya dengan melakukan botox. Botox merupakan proses pelumpuhan wajah sebagian otot yang terdapat dalam wajah sehingga bagian yang dilumpuhkan tersebut akan terlihat lebih kencang. Untuk itu, jika Anda mengalami penuaan dini Anda bisa memilih 2 cara tersebut untuk mengatasinya. Ketika memilih untuk menerapkan cara alami memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Namun, selalu nikmatilah proses tersebut dan rasakan manfaat besarnya.

Terima kasih sudah membaca artikel 6 Tips Ampuh Mengatasi Keriput Sejak Dini, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 23, 2016