7 Cara Mudah Membuat Rambut Berkilau

SokTau – Rambut kasar dan kering ? warna pudar dan terlihat berantakan ? Anda pasti sangat jengkel dengan masalah yang satu ini ! Ya, semua wanita pasti menginginkan rambut mereka sehat, berkilau dan tampak indah dipandang. Namun perawatan rambut seperti pencatokan, pewarnaan dan yang lainnya justru membuat rambut akan semakin rusak bahkan bisa menimbulkan kebotakan. Memiliki rambut indah berkilau pasti akan membuat anda tampil lebih percaya diri lagi, oleh karena itu kalian yang sudah memiliki rambut bagus rawat dan jaga mahkota anda tersebut dengan baik agar tetap indah. Nah untuk anda yang mengalami kerusakan rambut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti pergi perawatan ke salon atau kamu bisa melakukan perawatan secara alami sendiri di rumah.

Rambut Berkilau Secara Alami

7 Cara Mudah Membuat Rambut Berkilau

Pergi ke salon dan menghabiskan banyak uang atau perawatan di rumah saja yang bisa anda lakukan secara murah bahkan gratis. Anda pilih yang mana ? jika saya, pasti akan memilih yang murah bahkan gratis yaitu perawatan sendiri di rumah dengan cara aman dan alami. Nah jika anda setuju dengan pendapat saya, berikut ini tips merawat rambut agar berkilau :

Selalu jaga kelembaban rambut dengan krim buatan sendiri

Untuk menjaga kelembaban rambut anda, anda tidak perlu pergi ke salon atau membeli krim rambut dengan harga mahal. Cukup anda manfaatkan saja buah alpukat atau lidah buaya yang banyak di jumpai di sekitar anda.

Kandungan senyawa lemak pada alpukat dapat membuat rambut lebih lembut dan lembab, sedangkan pada lidah buaya tanaman telah tersohor sebagai salah satu tanaman terbaik bagi perawatan kulit kepala utamanya rambut. Hal tersebut dikarenakan di dalam lendir lidah buya tersimpan  jutaan nutrisi dan vitamin yang bagus untuk rambut. Kombinasi antara lidah buaya dan alpukat untuk dijadikan shampo akan membuat rambut anda segara kembali berkilau.

Cara mengaplikasikannyapun cukup mudah yaitu : langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tumbuk buah alpukat dan daging lidah buaya hingga kalis, kemudian oleskan pada rambut hingga merata, tunggu beberapa menit kemudian bilas hingga bersih. Terapkan langkah ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu, dijamin rambutmu akan kembali terlihat berkulai dan kuat.

Perkuat dan luruskan rambut dengan Daun Seledri

Tidak hanya harum jika digunakan sebagai salah satu bahan masakan, daun seledri juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Daun seledri mengandung senyawa baik yang sangat cocok untuk meluruskan rambut, oleh karena itulah ibu-ibu jaman dulu menggunakan daun seledri untuk merawat rambut anak-anak mereka.

Selain dapat meluruskan rambut, daun seledri juga bermanfaat untuk menyuburkan serta membasmi ketombe pada kulit kepala. Cara menggunakannyapun cukup mudah, anda hanya harus menghaluskan daun seledri kemudian simpan di dalam kulkas selama 1 malam dan gunakan untuk krim rambut esok paginya. Oleskan secara merata krim tersebut dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal terapkan cara diatas 2 kali seminggu.

Gunakan Baking soda untuk luruhkan zat kimia pada rambut

Bagi anda para pecinta kue atau cake, pasti tidak asing dengan salah satu bahan masaknya yaitu soda kue. Sesuai dengan namanya soda kue memang digunakan untuk membuat kue, namun saat ini soda kue telah diperkenalkan sebagai bahan kimia berbahaya yang menempel pada kulit kepal akibat penggunaan produk perawatan rambut yang tidak benar.

Soda kue tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kue, namun juga bisa digunakan sebagai alternatif perawatan rambut alami.  Caranya cukup siple, anda hanya harus mencampurkan baking soda sebanyak 3 sendok dalam air kemudian gunakan untuk membilas rambut anda. Tips satu ini sangat cocok bagi anda yang suka mewarnai rambut dan styling.

Lebatkan rambut dengan santan kelapa

Anda merasa kurang percaya diri karena rambut hanya sedikit dan terlihat botak dibeberapa bagian kepala ? Nggak usah takut ! Anda bisa memanfaatkan santan kelapa sebagai salah satu shampo penumbuh rambut. Tidak hanya bisa menyuburkan rambut, namun santan kelapa juga dapat meluruskan rambut.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah yaitu : Parut buah kelapa, kemudian masukkan dalam sedikit air untuk menghasilkan santan yang kental. Lalu pisahkan sari dari ampasnya dengan memeras dan menyaringnya. Setelah jadi, kemudian oleskan santan tersebut pada rambut anda secara merata hingga meresap pada kulit kepala.

Perhatikan kondisi dan kerapian rambut

Salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada rambut adalah masalah rambut bercabang. Jika anda menemukan hal yang demikian ini, maka anda harus segera sigap sebelum seluruh rambut anda bercabang semua. Setidaknya dalam kurun 3 bulan sekali kamu harus memangkas rambut kamu. Dengan memangkas rambut secara rutin , anda tidak hanya akan kehilangan rambut bercabang anda namun juga bisa menjaga bentuk rambut anda tetap bagus.

Perhatikan makanan yang bisa mempengaruhi kesuburan rambut

Menjaga kesehatan rambut tidak hanya dilakukan dari luar saja, namun juga harus dilakukan dari dalam salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Perlu anda ketahui asupan makan anda sehari-hari juga memiliki dampak besar bagi kesehatan rambut. Untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut, anda harus mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi diantaranya adalah makanan yang mengandung vitamin E , C dan B kompleks.

Makanan yang mengandung zat-zat tersebut merupakan makanan yang  memiliki khasiat tinggi untuk merawat rambut dari dalam sehingga rambut akan terhindar dari kerontokan, kusam, kering dan juga bercabang. Selain itu anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih dan juga menghindari mengkonsumsi makanan berkadar minyak tinggi yang tidak baik bagi kesehatan.

Konsisten dalam menata dan menyisir rambut

Jangan pernah malas merapikan rambut, karena menyisir rambut merupakan hal paling utama yang anda harus prioritaskan disaat anda membuka mata. Namun untuk menyisir rambut ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, jangan asal-asalan dalam menyisir rambut karena hal tersebut hanya akan membuat rambut anda rontok dan kulit kepala anda kesakitan.

Untuk menyisir rambut hal utama yang kamu harus perhatikan adalah jenis sisir yang akan kamu gunakan. Jangan menggunakan sisir berbahan plastik, karena plastik merupakan konduktor listrik sehingga dapat membuat rambut rusak. Langkah berikutnya adalah, perhatikan selalu kebersihan sisir anda pastikan anda rutin mencucinya agar kotoran dan kuman yang tertempel hilang, dan yang terakhir adalah teknik menyisir rambut.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Pembasmi Komedo Membandel

Umumnya orang menyisir rambut dari atas ke bawah, padahal cara ini adalah cara yang salah karena seharusnya menyisir rambut dilakukan dengan cara menyisir rambut dengan jarak beberapa inci dari akar dengan lembut sampai ke ujung. Menyisir rambut dari akar justru akan membuat rambut cepat rontok dan patah, jadi hindari hal ini ya sahabat !

Nah, itulah tips merawat rambut agar berkilau dan sehat yang bisa kami bagi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua, terimakasih.

Terima kasih sudah membaca artikel 7 Cara Mudah Membuat Rambut Berkilau, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 25, 2016