7 Hal Manis Yang Menemani Dalam Susahnya Kuliah Sambil Bekerja

SokTau – Kuliah merupakan identik dengan tugas yang terlalu banyak. Setiap Mahasiswa pasti merasakan bagaimana sulitnya mengatur kegiatan kuliah. Bagaimana dengan mahasiswa yang menyempatkan waktu untuk bekerja?. Pasti Anda tidak bisa membayangkan bagaimana menjadi seorang mahasiswa yang super sibuk. Tetapi memang bekerja bisa menjadi suatu upaya untuk membiayai hidup selama menjadi mahasiswa.

7 Hal Manis Yang Menemani Dalam Susahnya Kuliah Sambil Bekerja

Kuliah sambil Kerja

Memang biaya hidup mahasiswa tidak sedikit, karena terkadang mahasiswa membutuhkan biaya untuk makan, tempat tinggal, ataupun membeli buku. Kuliah sambil kerja memang tidak mudah untuk dilakukan, biasanya harus mengorbankan salah satu untuk bisa bertahan hidup menjadi mahasiswa. Bagi Anda yang mengalami hal ini, pasti sering mengalami banyak kesulitan, tetapi Anda harus mengetahui bahwa dibalik kesulitan ini terdapat banyak hal manis yang akan Anda alami.

7 Hal Manis Yang Seanantiasa Menemani Dalam Sulitnya Kuliah sambil Kerja

  1. Anda semakin terlatih dalam bekerja. Saat lulus Anda sudah siap menghadapi dunia kerja.

Kuliah sambil kerja memang membutuhkan usaha yang keras. Karena memang tidak mudah untuk menjalankan hal ini. Memang yang Anda rasakan hanya mendapat lembaran rupiah untuk menghidupi kehidupan Anda. Tapi ternyata kuliah sambil kerja mendatangkan manfaat lain yaitu, Anda bisa memiliki pengalaman bekerja sebelum lulus kuliah. Memiliki pengalaman kerja sebelum lulus kuliah sangat bermanfaat bagi Anda setelah lulus kuliah. Karena sebuah pengalaman, jelas diutamakan oleh kantor ataupun perusahaan. Oleh karena itu, Anda akan siap bekerja setelah lulus kuliah.

  1. Anda lebih cekatan dan terambil karena sudah terbiasa melakukan banyak pekerjaan.

Menjadi seorang mahasiswa yang mau mengorbankan waktu untuk bekerja, Anda akan menjadi mahasiswa mempunyai kelebihan yang banyak. Bukan hanya sebuah materi, tetapi Anda akan lebih cekatan dan mampu membagi waktu. Anda memang mau tidak mau harus menyelesaikan tugas itu tepat pada waktunya. Dalam hal ini, Anda juga belajar tidak hanya cepat saja tetapi harus menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan dengan tepat. Tidak hanya itu, bekerja tepat sasaran dan bisa kejar target membuat Anda tidak bisa bermalas-malasan setiap harinya. Memang awalnya Anda akan keteteran dalam membagi waktu, tetapi lama kelamaan Anda akan belajar bagaimana mengatur waktu dengan tepat.

  1. Dari segi fisik Anda lebih kuat karena sudah terbiasa tidur dengan jam minim.

Disaat teman Anda sudah terlelap dan mimpi indah, Anda harus mengorbankan waktu bermimpi Anda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Terkadang Anda memanfaatkan waktu itu untuk menyicil sedikit tugas kuliah ataupun kejar target. Karena memang Anda harus bisa membagi waktu Anda sebaik mungkin. Anda pasti sering merasakan yang namanya capek, letih ataupun ngantuk. Tetapi setiap perjuangan memang harus ada yang dikorbankan termasuk waktu istirahat Anda. Di tengah tumpukan tuntunan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, memang harus membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Tapi, apabila itu menjadi jalan satu-satunya yang harus Anda lakukan, berarti Anda harus mengorbankan.

Anda harus mengetahui, bahwa dibalik itu semua Anda telah membentuk diri Anda sendiri menjadi orang yang bermental baja. Anda pasti akan mengantuk di dalam kelas, tetapi Anda tidak akan mengabaikan tugas yang memang sudah menjadi kewajiban bagi Anda sendiri.

  1. Anda menjadi pribadi mandiri yang tidak menghabiskan waktu untuk hal sia-sia.

Dengan adanya kuliah sambil bekerja Anda harus membagi waktu untuk hal itu. Jadi Anda hanya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kuliah dan kerja. Itu tidak akan sia-sia. Untuk melakukan hal ini, Anda pastinya harus melakukan itu dengan sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal itu menunjukkan bahwa Anda bisa hidup mandiri. Dengan kemandirian itu, di dalam diri Anda akan tumbuh rasa tanggung jawab. Bisa berarti juga Anda akan menjadi pribadi yang benar-benar mandiri.

  1. Anda akan lebih menghargai uang karena tahu bagaimana sulitnya mencari uang.

Dalam sebuah pekerjaan pasti akan memperoleh gaji. Gaji juga tergantung dari suatu pekerjaan. Kebanyakan mahasiswa memang bekerja sebagai guru les ataupun guru privat, ada juga yang bekerja selain itu. Kebanyakan memang tidak mendapat gaji yang banyak. Dalam hal ini, Anda akan meminimalisir pengeluaran karena Anda merasakan sendiri betapa sulit mencari uang. Memang tidak sedikit teman Anda yang akan mengatakan bahwa Anda pelit karena tidak mau mengeluarkan uang untuk nongkrong bersama teman-teman, tetapi Anda tahu bahwa memang mencari uang itu sangatlah susah. Sehingga, Anda biasanya sangat hemat mengeluarkan uang  untuk hal-hal yang tidak penting.

Gaji Anda memang sedikit, tetapi Anda harus bangga karena itu hasil dari jerih payah Anda sendiri. Dan bukan hasil meminta kepada orang tua. Oleh karena itu, Anda tidak suka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting.

  1. Kemampuan bekerjasam semakin terlatih.

Kuliah sambil kerja memang membuat Anda kehilangan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman, meskipun hanya sekedar nongkrong ataupun minum teh. Awalnya memang terasa berat, karena Anda harus menolak ajakan teman-teman Anda untuk berkumpul. Tetapi, sadarkah Anda bahwa Anda saat ini selangkah lebih maju dibandingkan dengan teman-teman Anda.

Dari kesibukan Anda ini, Anda dilatih untuk bekerja sama dengan banyak orang ketika berada di tempat kerja. Anda tidak hanya bekerja sama dalam lingkungan kecil seperti kerja kelompok, tetapi Anda akan bekerja sama di dalam lingkungan besar. Anda juga akan mendapatkan pengalaman bagaimana Anda harus bertanggung jawab dalam sebuah organisasi di kantor atau bisa dibilang juga Anda harus bertanggung jawab dalam lingkungan besar. Tidak hanya bekerja, Anda juga dapat memahami karakter banyak orang yang terdapat dalam lingkungan kerja Anda. Dari situ juga, Anda dapat belajar mengenai bagaimana peka terhadap orang. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa pergaulan Anda akan lebih luas.

  1. Anda akan menjadi pribadi yang lebih matang dan dewasa.

Kuliah sambil kerja memang tidak mudah. Karena kenyataannya banyak kesulitan yang akan dialami. Sebenarnya kunci utamanya di sini adalah bersyukur. Seberat apapun kesulitan yang Anda alami ketika kuliah sambil kerja, Anda hanya perlu bersyukur. Secara tidak sadar bersyukur itu akan membuat Anda mengalami proses pendewasaan dengan sendirinya. Karena banyak orang yang tidak bisa melakukan hal ini seperti yang sedang Anda lakukan. Oleh karena itu, Anda harus bangga dengan diri Anda sendiri. Dengan cara bersyukur.

Baca juga: Kumpulan Resep Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

Bagi Anda yang kuliah sambil kerja, Anda harus memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya. Karena kesempatan tidak datang dua kali dan ini juga demi kepentingan masa depan Anda. Anda harus yakin bahwa Anda pasti bisa.

Terima kasih sudah membaca artikel 7 Hal Manis Yang Menemani Dalam Susahnya Kuliah Sambil Bekerja, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 19, 2017