7 Masker Kecantikan Alami Yang Bisa Dibuat Sendiri

SokTau – Bukan hanya tubuhmu saja yang harus dijaga, perawatan wajah juga tak kalah pentingnya. Untuk merawat wajah, kita bisa memakai masker yang saat ini sudah banyak tersedia di berbagai toko kecantikan dan minimarket. Tapi sayangnya, tidak semua dari kita cocok dengan masker pabrikan. Terutama jika kulit kita sensitif dan gampang gatal.

Masker Kecantikan Alami

7 Masker Kecantikan Alami Yang Bisa Dibuat Sendiri

Tapi tak usah berkecil hati, karena masker untuk wajah juga bisa kok kamu buat sendiri. Selain lebih murah dan alami, meracik masker sendiri juga terjamin lebih aman. Memakainya takkan membuat kulitmu memerah atau gatal-gatal. Kreasi masker apa saja sih yang bisa kamu racik di rumah sendiri? Yuk lihat resep masker yang sudah kami kumpulkan di bawah ini!

Berikut Kumpulan Masker Kecantikan Alami Yang Bisa Dibuat Sendiri

  1. Kulit wajah yang halus dan cerah bukan cuma mimpi, jika kamu rutin meracik sweet honey & lemon mask ini

Madu bisa berperan sebagai zat antibakteri yang menghaluskan kulit, sementara air lemon akan mencerahkan wajahmu dan mencegah timbulnya jerawat baru. Ada beberapa resep yang akan menganjurkanmu melengkapi masker lemon dan madu ini dengan putih telur, tapi sebaiknya jangan kamu ikuti, ya. Putih telur tidak mengandung vitamin apapun yang akan berguna bagi kulit. Protein hewani-nya pun tidak begitu bermanfaat untuk kulit, dan telur mentah justru banyak mengandung bakteri.

Untuk membuat masker air lemon dan madu, campurkan 2 sendok makan air lemon, dan 2 sendok makan madu ke dalam mangkok. Aduk, lalu oleskan secara merata ke wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan mengendap tak lebih dari 10 menit, lalu bilas dengan sempurna.

  1. Kulit kering bisa kamu atasi dengan masker pelembab alami. Masker pelembab bisa kamu buat dengan buah apokat dan yogurt ini

Apokat mengandung berbagai vitamin dan lemak baik yang bermanfaat bagi kulitmu. Minyak alami dari buah ini juga bisa secara instan melembabkan kulit keringmu hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam. Yogurt juga mengandung asam laktat dan asam alfa-hidroksi alami yang berguna menghaluskan kulit.

Untuk membuatnya, ambil 1 buah apokat yang sudah matang. Haluskan dagingnya dengan sendok. Campurkan dengan 1 sdm yogurt. Oleskan ke wajah dan biarkan hingga 20 menit. Jangan lupa bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Kulit juga sekali-kali butuh nutrisi. Masker oatmeal, pisang, dan susu ini akan mencegah kulit kusam dan kurang gizi

Nggak suka makan oatmeal tapi sayang membuang stok yang kamu punya di dapur? Buat saja masker wajah dari sisa oatmealmu ini! Oatmeal mengandung vitamin B kompleks yang bisa merangsang regenerasi kulit. Selain itu, kandungan selenium dan zinc-nya bisa mengencangkan wajahmu dan mencegah timbulnya jerawat. Oatmeal bisa kamu campur dengan pisang yang berguna menyingkirkan noda wajah, serta susu yang bersifat melembutkan wajah.

Campurkan 1 sdm oatmeal dengan 1/2 buah pisang besar yang matang serta 1 sendok teh susu. Sebelumnya, cuci dulu wajahmu dengan air hangat agar pori-porimu terbuka. Lalu oleskan masker dengan jarimu ke wajahmu dalam gerakan melingkar. Tunggu sampai 10-15 menit dan bilas dengan air dingin, ya.

  1. Kamu yang punya kulit berminyak tinggal membuat masker ketimun dan tomat

Tomat mengandung likopen, yang berguna mengeblok sinar UV pada kulit dan melindungi kulit dari kanker. Selain itu, kandungan asam alami pada tomat juga bisa membantu mengontrol kulit yang berminyak. Vitamin C dan magnesium di dalamnya akan mencerahkan dan meremajakan kulitmu. Campurkan tomat dengan ketimun agar kulitmu tetap lembab dan pori-porimu bersih.

Untuk membuat maskernya, haluskan 1/2 buah tomat yang sudah matang serta 1/4 ketimun dengan blender. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar, dan biarkan selama 15 menit.

  1. Kulit yang berjerawat bisa diobati dengan masker madu, kayu manis, serta serbuk pala. Tidak sulit kok membuatnya.

Masker yang satu ini sangat berguna untuk mengobati jerawat dan noda pada wajah. Seperti yang telah dijelaskan di atas, madu mengandung zat antibakteri alami yang baik untuk melawan peradangan. Pala akan berperan sebagai eksfoliator yang menghilangkan noda. Bubuk kayu manis akan mengobati jerawatmu dan mencegah jerawat kembali muncul.

Untuk membuatnya, campurkan 1 sdt bubuk pala dan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam mangkok. Setelah itu, tambahkan 2 sdm madu, dan aduk rata. Biarkan di wajahmu selama kurang lebih 20 menit.

  1. Perawatan wajah yang baik akan mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu bisa melakukannya dengan membuat masker cokelat bubuk dan stroberi.

Mungkin agak sayang untuk menjadikan stroberi bahan masker. Tapi stroberi membawa banyak manfaat bagi kulitmu lho. Asam alfa-hidroksi, asam salisilat, vitamin C, serta serat yang terkandung di dalamnya bisa mengangkat sel kulit mati. Selain itu, stroberi juga mencegah munculnya jerawat, komedo, noda pada wajah, serta mengobati baik kulit kering maupun kulit berminyak. Kulitmu pun akan menjadi cerah dan sehat merona.

Untuk membuatnya, hancurkan 8-9 butir stroberi dengan garpu dan campurkan dengan 1 sdm coklat bubuk. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Nah, mudah ‘kan? Tak kalah praktisnya dengan masker yang kamu beli di minimarket atau toko kecantikan.

  1. Masker ini bisa kamu buat dengan satu bahan saja. Yuk manfaatkan pepaya untuk kulit yang lembut dan awet muda!

Kalau buah stroberi dirasa agak mahal, alternatifnya adalah membuat masker pepaya. Tenang, masker ini bisa kamu buat hanya dengan satu bahan saja.

Yang kamu perlukan adalah 1/4 buah pepaya yang sudah matang. Blender daging pepaya atau haluskan dengan sendok sehingga bentuknya menyerupai pasta yang lembek. Lalu, oleskan di wajahmu dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin. Jangan langsung memakai makeup atau krim setelahnya, ya. Biarkan khasiat pepaya meresap dulu di wajahmu untuk 10-15 menit. Tidak terlalu ribet, bukan? Apalagi, masker ini juga lebih murah dari masker kimiawi dari toko-toko kecantikan.

Baca juga: Tau Gak 6 Resep Ikan Tongkol Unik

Untuk cantik sehat itu, tidak harus mahal ketika kamu pandai berkreasi maka wajah cantik sehat tanpa kosmetik kimia bisa dimiliki dengan mudah. Jadi, resep masker yang mana yang kira-kira menarik untuk kamu coba? Selamat mencobanya, ya!

Terima kasih sudah membaca artikel 7 Masker Kecantikan Alami Yang Bisa Dibuat Sendiri, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 31, 2017