7 Tips Memilih Program Diet Yang Tepat Dan Akurat

SokTau – Jika anda memiliki berat badan yang terlalu berlebih dan ingin menguranginya atau menjadikan berat badan ideal, maka hal yang harus anda lakukan adalah diet. Banyak orang beranggapan bahwa diet hanya untuk kecantikan. Tapi lebih jauh lagi, diet yang anda lakukan akan membawa efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh luar dan dalam anda. Kelebihan berat badan tidak hanya akan membuat penampilan anda kurang menarik, tapi juga akan menjadi efek domino untuk kesehatan anda.

7 Tips Memilih Program Diet Yang Tepat Dan Akurat

Tips Memilih Program Diet

Mostly, orang yang mengalami kelebihan berat badan akan rawan terkena obesitas, diabetes, dan terkena resiko serangan jantung. Selain berbagai fisik, beban psikis yang muncul adalah hilangnya percaya diri, mengalami bullying dan tekanan sosial hanya karena berbeda dari orang lain yang memiliki tubuh lebih kecil. Tentunya hal ini akan sangat memberatkan hari-hari anda. Sebelum Anda menjalani program diet, pikirkan dan pastikan metode diet yang tepat untuk anda karena tidak semua program diet bisa fit in dengan anda dan cocok untuk anda karena banyak sekali macam program diet. Wajar jika anda mengalami kebingungan karena masing-masing metode memiliki kelebihannya sendiri untuk mengurangi berat badan anda.

Berikut Tips untuk Memilih Program Diet yang Tepat dan Akurat:

  1. Lakukan riset

Riset yang dimaksud disini adalah bagaimana anda mempelajari berbagai macam metode diet sampai sebelum anda menentukan pilihan dengan metode mana anda ingin mencoba berdiet. Anda bisa memulai dengan cara membuat list beberapa metode diet yang sudah tersedia. Jika anda sudah menemukan jenis metode diet yang anda suka, kemudian mulailah mencari testimoni orang yang pernah berhasil menjalankan program tersebut. Pelajari baik-baik tentang metode diet yang anda inginkan karena metode akan sangat mempengaruhi hasil akhir diet anda.

  1. Pola diet

Sebelumnya cek dahulu pola diet yang ditawarkan. Perhatikan setiap pola menu makanan dan pola olahraga yang disarankan untuk anda. Apakah makanannya sesuai dengan anda atau olahraga yang ditawarkan bisa membantu anda untuk membakar kalori dengan cepat? Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan apakah pola yang ditawarkan sesuai atau tidak.

  1. Jangka waktu

Setelah mendapatkan pola diet yang sesuai, maka anda juga harus memperhatikan jangka waktu diet yang anda pilih. Pilihlah jangka waktu yang tidak memberatkan anda. Banyak program diet yang menjanjikan hasil terbaik dalam waktu singkat. Namun anda harus tahu bahwa selain jangka waktu yang ditentukan, dibutuhkan pula konsisten dan fokus yang tinggi sehingga program diet yang telah dijadwalkan tidak berantakan dan berat badan anda akan turun sesuai dengan prakiraan.

  1. Pastikan Program diet yang anda jalani aman

Banyak progam diet yang menawarkan hasil kilat dalam kurun waktu beberapa hari saja, namun anda perlu menggarisbawahi: apakah program yang anda pilih itu aman untuk tubuh anda? Apakah anda menciptakan metode anda sendiri atau mengikuti metode orang lain?

Secara umum, diet yang aman adalah diet yang tetap memperhatikan jumlah asupan vitamin, serat, karbohidrat, gula, mineral, dan protein yang masuk dalam tubuh sehingga, walau anda mengurangi porsi makan anda, anda tetap tidak kehilangan asupan gizi untuk tubuh. Perhatikan jumlah kalori dalam setiap kali konsumsi. Pada umumnya asupan kalori yang dibutuhkan wanita adalah 1.000-1.200 kalori, sedangkan untuk laki-laki jumlah kalori yang dibutuhkan adalah 1.220-1.600 kalori.

  1. Perhatikan Efek samping

Program diet yang sehat adalah program yang walaupun memberikan hasil lambat, namun penurunannya konsisten. Sebelumnya konsultasikan dahulu kepada dokter untuk menentukan apakah tubuh anda sanggup jika dipacu untuk menurunkan berat badan secara cepat atau berkala seperti ini. Selain itu, perhatikan suplemen kesehatan yang anda konsumsi.  Apakah tubuh anda cocok dengan suplemen semacam itu?

  1. Bijak

Melaksanakan diet tentunya akan memakan banyak biaya atau bahkan mengeluarkan biaya yang sangat sedikit. Jika anda tipikal orang yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan menu makanan diet anda, maka barangkali anda bisa memanfaatkan jasa katering makanan yang memang khusus menyediakan menu untuk anda yang sedang dalam program diet. Tentunya perhitungkan dulu budget anda agar tidak terkejut dengan hasil akhirnya.

  1. Testimoni

Dalam setiap program diet tentunya akan memiliki sejumlah testimoni dari yang menjalankan program itu sebelumnya. Semisal, jika anda mengikuti program diet Tia Subiakto, barangkali anda bisa menurunkan berat badan anda sebanyak 5 kilogram per bulannya. Pastikan program yang anda ikuti sudah memiliki trusted testimoni sehingga anda percaya bahwa metode diet ini berhasil.

Baca juga: 5 Resep Minuman Hangat di Musim Hujan

Nah demikianlah beberapa tips untuk anda yang sedang kebingungan menentukan program diet yang tepat. Apapun program yang anda pilih, pastikan program diet anda tidak mempengaruhi dan tidak membawa dampak buruk untuk kesehatan anda.

Terima kasih sudah membaca artikel 7 Tips Memilih Program Diet Yang Tepat Dan Akurat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 17, 2017