7 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mata

SokTau – Mata adalah organ yang paling penting dan harus dijaga dengan baik. Seseorang yang memiliki mata sehat pasti bisa melihat keindahan dunia dengan mudah. Dengan mata yang sehat Anda akan mudah untuk melakukan aktivitas. Semua orang memang menginginkan memiliki mata yang sehat. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki mata yang sehat. Dan bagi Anda yang masih memiliki mata yang sehat Anda harus bisa menjaga dan merawat kesehatan mata Anda agar terhindar dari berbagai penyakit mata. Penyakit mata yang sering mengganggu seseorang diantaranya adalah rabun jauh, miopi, presbiopi, katarak, hipermetropi, dan lain sebagainya. Lalu adakah cara yang jitu untuk menghindarkan penyakit mata tersebut?

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

7 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Penyakit mata akan mudah dialami oleh seseorang jika tidak bisa menjaganya dengan baik. Kebiasaan yang buruk dan kurangnya perawatan bisa memudahkan penyakit menghampiri mata Anda.

Berikut Beberapa Tips Sederhana Yang Ampuh Dalam Menjaga Kesehatan Mata:

1. Perhatikan jarak membaca buku dari mata

Ketika Anda sedang membaca buku maka sebaiknya bacalah dengan jarak yang sedang dan jangan terlalu dekat dengan mata. jarak ideal antara buku dengan mata ketika membaca adalah 30 cm. Jika melebihi dari 30 cm maka mata akan mudah terserang penyakit miopi atau rabun dekat. Jadi aturlah jarak mata dengan buku ketika sedang membaca.

2. Jangan membaca sambil posisi tidur

Bagi Anda penggemar buku dan menghabiskan hari-harinya untuk membaca buku maka jangan sampai membaca buku dengan posisi yang salah. Meskipun membaca buku dengan duduk jika terlalu lama membuat capek namun jangan sampai membaca buku dengan posisi tidur. Membaca buku dengan tidur bisa membuat mata sakit dan lama kelamaan akan membuat mata mengalami penyakit miopi. Hal tersebut dapat terjadi karena mata bekerja lebih keras daripada posisi duduk.

3. Istirahatkan mata dengan baik

Seperti organ tubuh yang lain, mata juga memerlukan istirahat dengan cukup. Jika dalam sehari mata terlalu lama beraktivitas di depan komputer atau laptop untuk mengerjakan sebuah tugas maka istirahatkan mata dengan cukup agar otot-otot pada mata tidak tegang dan dapat rileks kembali. Istirahat mata yang cukup juga sangat berfungsi untuk kesehatan mata Anda.

4. Jangan sering mengucek mata

Agar mata tetap sehat maka jangan sampai sering mengucek mata. Apalagi mengucek mata dalam keadaan tangan yang kotor. Tangan kotor akan membuat mata terinfeksi karena banyak kuman yang akan masuk kedalam mata. Selain itu mata yang sering dikucek juga akan membuat kesehatan mata menjadi buruk. Jadi jangan sering mengucek mata jika Anda tidak ingin sakit mata.

5. Makanlah makanan yang menjaga kesehatan mata

Selain tidak melakukan hal yang mampu membuat mata terserang penyakit Anda juga perlu menjaga mata dari dalam. yaitu dengan makan makanan yang sehat dan dapat memberikan vitamin terhadap mata. Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata adalah makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A sering didapatkan dari buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Sayuran yang mengandung vitamin A adalah wortel. Wortel di percaya dapat memberikan hal yang positif untuk kesehatan mata. Jadi jagalah mata Anda dengan makan makanan yang mengandung vitamin A.

6. Kedipkan mata

Mata yang sering berkedip akan membuat mata menjadi lentur dan otot mata tidak tegang. Usahakan untuk sering mengedipkan mata dengan intesitas yang sedikit ditambah. Salah satu kegiatan yang mengharuskan Anda untuk teratur mengedipkan mata adalah ketika sedang fokus melihat layar komputer atau laptop. Karena cahaya dari layar dapat membuat otot mata menjadi tegang. Dengan mengedipkan mata secara teratur mata tidak akan merasakan sakit atau pegal.

Baca juga: 6 Tips Mudah dan Ampuh Menghilangkan Kantung Mata

7. Berikan cahaya yang cukup

Cahaya juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi mata. Ketika sedang melakukan pekerjaan dan mengharuskan mata untuk beraktivitas maka jangan sampai menggunakan cahaya yang redup. Penerangan yang kurang akan membuat mata sakit dan tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi carilah cahaya yang cukup agar mata dapat bekerja dengan baik.

Itulah 7 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

Terima kasih sudah membaca artikel 7 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mata, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 24, 2017