8 Hal Sepele Yang Membuat Minyak di Wajah Semakin Parah

SokTau – Wajah berminyak memang bikin kamu nggak percaya diri. Kadar narsis buat jeprat-jepret jadi berkurang karena kamu berpikir kalau fotonya pasti makin mengekspos wajah berminyakmu. Meski sudah pakai make-up yang bertujuan untuk menutupi kilau wajah, tetap saja kamu malas mau foto-foto. Ganggu banget ‘kan jadinya?

8 Hal Sepele Yang Membuat Minyak di Wajah Semakin Parah

Hal Sepele Yang Membuat Minyak di Wajah Semakin Parah

Well, kamu penasaran nggak sih kenapa wajah selalu penuh kilau minyak, padahal kamu sudah rutin merawat wajah atau pakai make-up khusus? Nah, untuk itu kami telah menyiapkan hal-hal apa saja yang perlu jadi perhatian utama supaya wajahmu nggak mirip wajan penggorengan, alias berminyak yang nggak tertahankan. Simak baik-baik!

Percaya atau tidak, stres bisa meningkatkan produksi minyak. Nggak heran wajahmu makin hari, wajahmu makin ‘berkilau’

Menurut banyak ahli, stres yang melanda tanpa disadari mempengaruhi produksi minyak pada wajah. Semakin kamu stres, akan bertambah pula kilau minyak yang menempel di wajah. Oleh karena itu, mulai dari sekarang coba belajar untuk mengatasi stres. Selain baik untuk penampilan, segala aktivitasmu pun nggak akan terganggu dengan kehadiran wajah berminyak.

Perhatikan apa yang kamu konsumsi. Makanan berminyak, terbuat dari tepung, dan kaya kandungan gula harus dihindari

Satu hal yang harus diketahui, bahwa makanan yang menambah jumlah minyak pada wajah memang sulit dihindari. Tapi, apa iya kamu rela membiarkan wajah dipenuhi kilau minyak melulu? Saran dari Hipwee Tips sih kamu mulai mengurangi konsumsi gorengan yang semua 5 biji sehari, menjadi 1 biji saja. Atau permen, yang tadinya 1 bungkus sehari, bisa dikurangi menjadi setengah bungkus. Karena tambahan gula tebu, maltosa dan sirup jagung bisa memengaruhi kadar hormon dan gula darah. Tanpa disadari kadar tersebut dapat meningkatkan produksi minyak di wajahmu.

Keburu ngantuk dan capek membuatmu suka lupa membersihkan wajah. Hasilnya, debu, jerawat dan minyak makin mewabah!

Bukan cuma berminyak, kebiasaan jarang membersihkan wajah bikin berjerawat dan berkomedo juga. Selelah dan sesibuk apapun kamu, sebisa mungkin jangan sampai melupakan rutinitas wajib satu ini. Namun, kamu nggak boleh sembarang asal mencuci wajah karena harus mempertimbangkan waktu dan produk yang baik untuk melakukannya. Pilihlah produk yang dikhususkan untuk wajah berminyak seperti mengandung salicylic acid, beta-hydroxy acid, glycolic acid atau benzoyl peroxide. Ketahui juga waktu yang tepat saat bersihkan wajah, yakni saat mandi pagi dan malam hari sebelum tidur.

Pijat secara perlahan saat membersihkan wajah. Jika kamu memijat dengan kasar, yang ada wajah jadi berminyak dan infeksi

Sebenarnya, mau wajah berminyak atau tidak, kamu dilarang keras memijatnya dengan kasar. Malah sebaliknya, pijat secara perlahan saja ketika membersihkan wajah. Hal ini untuk menghindari kulit mengalami peradangan maupun masalah kulit lainnya yang bisa mengurangi penampilanmu.

Tidak Tidur dengan Cerdas

Mungkin bagi kamu, tidur cukup hanya dengan memejamkan mata. Tapi ternyata, tidur pun harus cerdas, loh. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sarung bantal.

Pada sarung bantal terdapat banyak minyak, sel kulit mati, bakteri, dan krim malam yang berasal dari wajah Anda.

Make-up memang jadi penyelamat agar kilau minyak tak terlihat. Tapi, jangan berlebihan juga pakainya!

Percayalah bahwa pakai make-up yang berlebihan akan membuat wajahmu tambah berminyak. Alih-alih pakai bedak untuk menutupi minyak, yang ada kamu membuatnya makin banyak. Padahal, cara ini bikin pori-pori wajah jadi tersumbat, sehingga produksi minyak pada wajah bertambah. Hal yang benar dilakukan yaitu poleskan bedak cukup sekali atau 2 kali saja. Jika masih terlihat kilauan minyak, gunakan kertas minyak untuk menyerapnya. Bedaknya pun sebaiknya yang tabur, ya.

Biasakan setelah memegang apapun cuci tangan dulu. Ini penting untuk mencegah kuman dan minyak bertambah banyak

Tangan adalah sumber kuman penyebab penyakit. Jika kamu nggak menjaga kebersihannya, maka jangan heran kulit maupun kesehatanmu sendiri akan terganggu. Oleh karena itu, biasakan setelah memegang apapun atau habis bepergian selalu cuci tangan. Bukan hanya menghilangkan kuman, tapi juga mengurangi kadar minyak, lho. Tangan kamu ‘kan suka usil menyentuh wajah, padahal hal ini bisa jadi bumerang kalau tanganmu sama sekali nggak bersih.

Kamu enggan 2 kali seminggu maskeran – yang sebetulnya bagus untuk mengurangi produksi minyak

Kadang, kamu suka khawatir kalau maskeran bikin wajah terlihat ‘menyeramkan’. Entah karena kondisi kulit yang nggak cocok dengan masker atau alat yang digunakan (misalnya kuas), harapan wajah lebih cerah maupun terhindar dari masalah kulit hanya jadi impian belaka. Sebenarnya, maskeran perlu dilakukan buat kamu yang punya masalah kulit seperti berminyak. Asal tepat memilihnya, kilau minyak wajah jadi berkurang. Misalnya saja masker lumpur, pisang dan madu, putih telur dan madu, tomat, lidah buaya, yoghurt, dan stroberi bisa jadi referensi kamu saat mau maskeran.

Pakai kertas minyak dengan menggosoknya, padahal cara yang benar cukup ditekan-tekan saja

Satu hal yang pasti, wajah berminyak membuatmu berteman setia dengan kertas minyak di manapun. Sayangnya, penggunaannya yang tidak tepat menjadikan kulit wajahmu bisa teriritasi. Minyak yang banyak menempel di wajah memang maunya diserap secara cepat, namun cara ini salah. Karena kalau kamu turuti kemauan untuk menyerap dengan cepat, tanpa disadari malah menggosoknya dengan tenaga penuh. Cara yang benar yaitu cukup ditekan-tekan saja. Hal ini untuk menjaga kondisi kulit wajah agar minyak berkurang dan tidak mengalami peradangan.

‘Ngotot’ mengeringkan wajah

Tanpa disadari, kamu sering bersikeras membuat wajahmu sekering mungkin hingga terasa kesat. Kulit kesat adalah impian yang sulit tercapai bagi si pemilik kulit berminyak, karena tidak jarang minyak sudah kembali muncul bahkan tak lama setelah mencuci muka. Oleh karena itu, kamu mungkin memiliki sederet produk pengering muka, seperti toner beralkohol yang dapat membantu kamu meraih tampilan kulit kesat. Hobi menguras habis minyak di muka ini lama kelamaan akan menjadi ‘senjata makan tuan’. Kulit wajah yang distimulasi alkohol terlalu sering justru akan memproduksi lebih banyak minyak, karena sel-sel kulit wajah akan bereaksi terhadap kulit yang mengeluhkan kurangnya persediaan minyak di wajah.

Menumpuk pelembap

Semua orang akan merasa kering sesaat setelah mencuci muka. Ini adalah hal yang normal. Mungkin kamu sering mendapati dirimu memakai pelembab dalam jumlah banyak untuk memastikan kulit wajah kamu sudah mendapatkan kelembapan yang diperlukan. Padahal, setelah 20 menit, kelenjar minyak di wajah akan mengisi ulang persediaan minyak. Jadi sebaiknya kamu menunggu selama 20 – 30 menit untuk melihat apakah kamu perlu mengaplikasikan ulang pelembap kamu.

Baca juga: Inilah Manfaat Positif Dari Menangis Bagi Kecantikan

Merawat kulit wajah yang berminyak nggak boleh asal-asalan. Kamu perlu melakukannya dengan sepenuh hati – yang didukung juga ikhlas mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk. Daripada kamu jadi nggak PD mau pergi ke mana-mana, lebih baik dari sekarang belajar menghindari 8 kebiasaan negatif tadi ya. Demi 2017 yang lebih glowing!

Terima kasih sudah membaca artikel 8 Hal Sepele Yang Membuat Minyak di Wajah Semakin Parah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 21, 2017