Akhirnya Budi Gunawan Menangkan Sidang Praperadilan dari KPK

Akhirnya Budi Guanwan Menangkan Sidang Praperadilan dari KPK

Sidang praperadilan Budi Gunawan yang diwarnai dengan perseteruan sengit dengan KPK akhirnya kini telah membuahkan hasil. Keputusan hakim telah di berikan hari Senin (16/02/15) kepada Budi Gunwana, hakim Sarpin Rizal di telah mengetuk palunya untuk Budi Gunwan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Setelah 4 hari lamanya sidang praperadilan Budi Gunawan di gelar akhirnya sudah ada keputusan dari pengadilan yang menyatakan permohonan penangguhan tahanan untuk Budi Gunawan di terima.

Penetapan Budi Guanwan Sebagai tersangka oleh KPK tidak sah

Dalam agenda pembacaan putusan terkait praperadilan yang dijukan oleh Budi Gunawan, Senin (16/02/15) hakim Sarpin Rizaldi memutuskan bahwa praperadilan yang diajukan oleh Budi Gunawan diterima. Menurut hakim Rizaldi penetapan Budi sebagai tersangka oleh KPK diniali tidak sah, karena tidak berdasarkan dengan hukum yang berlaku.

Menurut hakim Sarpin, dengan tidak adanya dasar hukum penetapan Budi sebagai tersangka oleh KPK, maka penyidikan aquo yang dilakukan oleh KPK juga tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat. Keputusan hakim ini memberikan jawaban yang tepat untuk public bahwa surat penetapan tersangka pada tanggal 12 Januari 2015 untuk Budi Gunawan tidak sah.

Hakim Sarpin tolak seluruh eksepsi KPK

Dalam sidang putusannya (16/02/15), hakim Sarpin juga telah menolak seluruh eksepsi ‎yang diajukan oleh kuasa hukum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari pokok perkara yang ada. Tidak hanya eksepsi dari kubu KPK yang ditolak oleh hakim Sarpin, namun juga permitaan ganti rugu oleh pihak Budi Gunawan sebesar 1 juta juga ditolak oleh Hakim Sarpin.

Sementara itu untuk masalah permintaan bukti dan laporan hasil analisis tahun 2003-2008 mengenai  Budi Gunawan yang akan dikembalikan ke Polri juga ditolak oleh hakim Sarpin. Atas kemenanagn Budi dalam sidang putusan tersebut tentu saj membuat kubu Budi lega,dan tentunya juga membuat kubu KPK kecewa, selain mereka kalah dari Budi segala macan eksepsi yang diajukan juga telah seluruhya di tolak oleh hakim ketua.

Terima kasih sudah membaca artikel Akhirnya Budi Gunawan Menangkan Sidang Praperadilan dari KPK, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 16, 2015