Al-Otaibiya, Pasar Unik Khusus Para Janda ??

Al-Otaibiya, Pasar Unik Khusus Para Janda

Arab Saudi, merupakan Negara dimana tempat suci peribadatan muslim di dunia berada. Selain menyimpan sejuta sejarah perkembangan agama islam di dunia, ternyata Negara ini juga memiliki fakta tersembunyai. Dimana salah satunya adalah adanya pasar janda di daerah tersebut. bukan hanya sekedar nama, namun pasar ini memang sebuah tempat dimana oaring bisa menemui janda dari berbagai kalangan.

Jika dilihat sekilas saja, pasar ini memang nampak biasa saja, namun ketika kamu memasukinya barulah kamu tahu apa sebenarnya pasar janda itu. Anda penasaran dengan pasar ini simak nih ulasannya !

Pasar janda yang masih asing

Terletak dijalanan sempit daerah kota makah, hiruk pikuk para wanita berhijab nampak terlihat jelas. Mereka berjibaku untuk menjajakan dagangan mereka kepada para pembeli yang hadir di lapak tersebut. Al-Otaibiya Mekah inilah nama dari tempat tersebut, tempat dimana para wanita tanpa suami mempertaruhkan energinya untuk mencari nafkah bagi keluarga.

Ya, pasar ini memang jauh dar kesan modern, bahkan tidak lebih baik dari pada pasar tradisional ditempat kita. Namun yang menarik dari pasar ini adalah, seluruh pedagannya merupakan wanita yang berstatus janda. Mereka merupakan wanita pekerja keras, yang harus menelan pil pahit kehilangan suami dan harus mencarikan nafkah untuk keluarga dan anak-anak mereka.

Belum ada realisasi terhadap permintaan pembuatan kios

Lapak-lapak seadanya yang digunakan oleh para wanita janda mencari nafkah ini telah berdsiri sejak lama. Disanalah para wanita tegar harus menguras tenaga mereka demi mendapatkan lembaran rupiah untuk keluarganya. Alangkah baiknya jika pasar tersebut segera direnofasi dan dibuat menjadi kios yang tertata, sehingga para pedagang akan lebih nayaman untuk menjajakan barang dagangan mereka.

Sudah ada pengajuan dari para pegawai pasar Al-Otaibiya, setidakanya tiga kali sudah mereka mengajukan permohonan kepada pemerintah setempat. Namun hingga detik ini masih belum ada juga realisasi dari pemerintah. Kini para pedagang janda dipasar tersebut, masih harus bersabar untuk menunggu realisasi dari pemerintah.

 

 

Terima kasih sudah membaca artikel Al-Otaibiya, Pasar Unik Khusus Para Janda ??, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 19, 2015