Aneh, Pria dan Wanita di Kota Ini Hidup Terpisah

Aneh, Pria dan Wanita di Kota Ini Hidup Terpisah Sebuah kenyataan yang aneh terlihat dari sebuah kita yang mana antara pria dan wanita itu hidup secara terpisah – Ada pemandangan unik yang terjadi di sebuah kota tua di Libya. Ghademes, pemukiman yang dikenal dengan Cydamus ini memiliki gaya arsitektur domestik yang luar biasa sehingga membedekannya dengan kota par-Sahara lainnya. Anehnya, di kota ini para pria dan perempuan hidup terpisah. Jadi, tidak ada rumah yang isinya laki-laki dan perempuan. Keduanya terpisah memiliki tempat sendiri-sendiri dengan batas tertentu.

Pemerintah kota melarang kaum pria dan wanita untuk tinggal bersama

Dilansir Amusingplanet pada Rabu (2/9/2015), di kota ini pemerintahnya melarang kaum pria dan perempuan untuk tinggal bersama. Hal ini dilakukan karena penerapan hukum islam yang masih kental di kota ini.

Rumah-rumah yang berada di sepanjang gurun dari Libya ke Mauritania ini memiliki dua lantai utama. Lantai dasar biasanya berbentuk cekung dan diakses melalui pintu yang terbuka ke lorong sempit menuju ke ruang berbentuk persegi panjang. Lantai pertama biasa terdapat loteng, ruang tamu dan kamar tidur. Kadang-kadang juga lantai dua dibuat dengan tata letak yang sama.

Teras rumah yang berdekatan dan bergabung satu sama lain ini membentuk cityscape terbuka. Teras biasanya digunakan untuk kaum hawa yang ingin berkomunikasi bersama teman maupun tetangga. Sedangkan dibagian bawah umumnya diperuntukan bagi para pria untuk melakukan aktivitas mereka sehari-hari.

Baca Juga : Resep Es Lidah Buaya Yang Sangat Menyegarkan

Ghadames sudah ada sejak periode Berber protohistoric

Ghadames sendiri sudah berdiri sejak periode Berber protohistoric, atau periode dominasi Romawi. Bahkan, pada 1986 silam kota tua ini dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

Karena sebagai situs warisan dunia tak jarang orang penasaran untuk bisa berkunjung ke kota ini. Suatu hal yang sangat unik tapi nyata inilah yang menyita perhatian banyak orang di dunia. Penerapan hukum islam yang sangat kental membuat warga di kota ini tidak bisa tinggal secara bersamaan antara laki-laki dan perempuan.

Terima kasih sudah membaca artikel Aneh, Pria dan Wanita di Kota Ini Hidup Terpisah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 4, 2015