Atasi Air Rob, Terminal Terboyo Semarang Akan Direnovasi

Atasi Air Rob, Terminal Terboyo Semarang Akan Direnovasi

Rob atau banjir air laut adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan, Rob merupakan permasalahan yang dialami oleh daerah yang lebih rendah dari muka air laut. Di Semarang permasalahan Rob telah lama dan semakin parah terjadi dikarenakan penuruna muka tanah sedangkan muka air laut semakin meninggi sebagai akibat pemanasan suhu di bumi ini.Rob menjadi permasalahan di kota-kota seperti Semarang.

Tentu akan menjadi permasalahan besar dikemudian hari sejalan dengan pemanasan suhu bumi dan tidak terkendalinya penyedotan air tanah sehingga muka tanah menjadi turun. Hal ini tentu sangat membutuhkan tindakan pemerintah untuk menanggulangi air Rop atau pada saat air pasang.Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Semarang. Telah memberikan dana mencapai Rp 20 miliar untuk menaggulangi luapan air rop atau air pasang dengan merevitalisasi seluruh bangunan Terminal Terboyo yang di Kecamatan Genuk.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang, Agus Harmunanto, mengatakan,  dalam Anggaran Pendapan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 dana Rp 20 miliar telah dicairkan sebagai persiapan pembiayaan revitalisasi Terminal Terboyo yang dilakukan pada tahun depan.

“Saat ini, dananya sudah kami siapkan tinggal menunggu pelaksanaannya saja pada 2015 mendatang” kata Agus Harmunanto. Rencana untuk realisasikan membangun drainase sebagai penanggal air pasang, Agus mengatakan telah berkoordinasi dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA). Dan begitu juga Pemkot akan memasang empat pompa mobile di Terminal Terboyo.“untuk sementara ini, air ropnya cenderung berkurang daripada kondisi sebelumnya”. Ujar Agus.

Pakar Tranportasi Universitas Soegijapranata (Unika), Djoko Setiawarno mengatakan dengan pesimistis, pemugaran Terminal Teboyo Kecamatan Genuk akan berjalan sukses. Dengan alasan pencairan dananya dinilai masih minim untuk merealisasikan revitalisasi terminal tersebut.“padahal idealnya harus digelortorkan dana Rp 50 miliar”, papar Djoko Setiawarno.

Terminal Terboyo sebagai terminal adalah katagori A, selayaknya bisa mendapatkan tambahan dana subsidi dari pemerintah pusat atau mencari sumber dana dari swasta.Terkait rencana pembuatan sabuk pantai dalam upaya mengatasi air pasang atau rop masih berkoordinasi dengan instansi yang bersangkutan, tegasnya.

Terima kasih sudah membaca artikel Atasi Air Rob, Terminal Terboyo Semarang Akan Direnovasi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - August 26, 2014