Awas ! 10 Ribu Pasien Dokter Gigi Berpotensi Terserang HIV

Awas ! 10 Pasien Dokter Gigi Berpotensi Terserang HIV 1

Australia— 10 Ribu Pasien Dokter Gigi Berpotensi Terjangkit HIV. Miris, Lebih dari 10 ribu pasien dokter gigi di beberapa tempat yang tersebar di Sydney berpotensi terjangkit virus HIV  atau hepatitis. Pasalnya sejumlah klinik dokter gigi tersebut menggunakan fasilitas yang  tidak memenuhi standar kebersihan. Potensi terjangkitnya para pasien dengan penyakit mematikan tersebut, disebabkan oleh teknik sterilisasi serta pembersihan yang tidak memenuhi standar.

New South Wales Health, masih terus bungkam untuk menetapkan berapa banyak jumlah pasien yang terjangkit penyakit mematikan tersebut. Namun yang jelas permasalahan di empat klinik  yang tersebar di daerah Sydney, Surry Hills, Bondi Junction dan Campsie di Sydney Barat Daya tersebut telah lama terjadi.

Pasien Dokter Gigi Australia terjangkit HIV

Dalam sebuah informasi disebutkan bahwa  klinik yang tercemar masalah ini adalah Gentle Dentist  dan dengan dokter giginya yang membuka praktek yaitu bernama Dr Robert Starkenburg. Atas kejadian ini, Dr Starkenburg telah diberikan larangan membuka praktek sejak enam bulan lalu oleh  NSW.

Awas ! 10 Pasien Dokter Gigi Berpotensi Terserang HIV

Dokter gigi yang telah menginjak  usia 75 tahun tersebut mengakui bahwa mungkin saja alat yang digunakannya untuk praktek terkontaminasi virus HIV ataupun Hepatitis karena kurangnya kebersihan dan salahnya prosedur sterilisasi yang dilakukan. Oleh karena itu, diperkirakan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, para pasien dari klinik tersebut berpotensi besar terserang virus HIV dan juga Hepatitis.

Baca juga : Ditegur Buda Pacari Artis Amel carla, Pemuda Ini Menghilang

Langkah tepat untuk mencegah menularnya virus mematikan HIV dan Hepatitis

HIV dan Hepatitis sendiri, merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi. Virus HIv dapat menyerang kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh penderitanya mengalami kekurangan daya imun. HIV dan Hepatitis, dua penyakit ini merupakan penyakit mematikan yang cara penularannya melalui berbagi hal, mulai dari hubungan sexs, penggunaan jarum suntik yang bergantian bahkan juga penggunaan alat-alat kedokteran yang terkontaminasi virus tersebut.

Hingga saat ini dua penyakit ini masih sangat sulit untuk disembuhkan, oleh sebab itu cara bijak untuk mencegahnya adalah menghindari segala bentuk kontaminasi yang berhubungan dengan penyakit tersebut. Mulai dari meninggalkan sex bebas dengan gonta-ganti pasangan, hindari penggunaan narkoba dan jarum suntik bergantian serta menghindari penggunaan alat kedokteran yang tidak steril.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Awas ! 10 Ribu Pasien Dokter Gigi Berpotensi Terserang HIV, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 2, 2015