15 Manfaat dan Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan

SokTau – Bengkuang yang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus ini termasuk dalam keluarga umbi-umbian. Buah bengkuang sudah sejak lama dikenal masyarakat karena memiliki khasiat yang sangat banyak. Selain itu buah bengkuang mudah didapat dan harganyapun tergolong murah. Pada dasarnya buah bengkuang berbentuk bulat seperti gasing. Kulit umbi berwarna kuning pucat dan buahnya berwarna putih dengan kandungan air yang sangat banyak. Selain itu umbinya mengandung pati, gula, kalsium dan fosfor.

Bengkuang mempunyai efek pendingin karena kadar air di dalamnya sangat banyak. Untuk rasa manis yang ditimbulkan berasal dari oligosakarida yang disebut inulin, zat yang tidak dapat dicerna tubuh. Sifat inilah yang sangat dibutuhkan pasien diabetes dan orang yang menjalankan diet rendah kalori. Banyak riset yang menunjukkan jika bengkuang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia.

bengkuang

15 Manfaat dan Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan:

1. Mengobati Batu Ginjal dan Empedu

Fosfor dan potassium yang terkandung didalamnya merupakan zat yang baik bagi tubuh, khususnya bagi ginjal dan empedu. Jika Anda memiliki masalah pada batu ginjal dan empedu, mengkonsumsi bengkuang secara rutin bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

2. Melancarkan Pencernaan dan Mencegah Konstipasi

Buah bengkuang kaya dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi. Serat inilah yang sangat baik bagi pencernaan Anda. Karena jika tubuh kekurangan serat maka akan mengakibatkan susah buang air besar yang bisa berujung konstipasi.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Manfaat bengkuang juga bisa mengontrol kadar kolesterol darah, karena zat kimia di dalam bengkuang dapat mengatasi masalah tersebut.

4. Menghentikan Diare

Jika Anda mengalami penyakit diare, bengkuang bisa dijadikan alternative yang bisa di ambil manfaatnya untuk mengobatinya, karena serat yang terkandung di dalam bengkuang yang mampu mengatasi masalah tersebut. Disarankan untuk mengonsumsi bengkuang secara langsung.

5. Bengkuang Baik Bagi Penderita Diabetes Mellitus

Serat yang terkandung di dalam buah bengkuang inilah yang berfungsi menurunkan gula dalam darah. Karena sebagian akan diserap oleh pencernaan dan diubah menjadi glukosa. Untuk menormalkan kadar gula dalam darah, disarankan mengonsumsi bengkuang dengan cara di buat jus dan di minum dua kali sehari yakni pagi dan sore.

6. Bengkuang Untuk Mengobati Sariawan

Sariawan biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin C, daya tahan tubuh tidak stabil, dan alergi. Vitamin C yang terkandung dalam bengkuang berfungsi sebagai antioksidan yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Disarankan untuk di buat jus dan ditambah satu sendok madu.

7. Bengkuang Sebagai Sumber fitoestrogen Alami

Estrogen yang terkandung di dalam buah bengkuang sangat baik dikonsumsi bagi wanita yang sudah memasuki masa menopouse. Dimana pada masa tersebut wanita akan mudah terkena penyakit dan mudah sekali lelah. Mengonsumsi buah bengkuang secara teratur bisa dijadikan alternative diusia tua Anda. Dengan begitu beberapa keluhan yang mungkin terjadi bisa dihindari, sehingga tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat.

8. Menurunkan Tingkat Kolesterol darah

Manfaat buah bengkuang juga bisa membantu menurunkan kolesterol darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat dan air yang sangat tinggi. Selain itu kandungan vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol.

9. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Fosfor dan kalsium yang terkandung di dalam bengkuang sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Mengonsumsi bengkuang dengan cukup bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor. Kekurangan fosfor bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah dan nafsu makan berkurang.

10. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Fitonutrien yang ditemukan pada buah bengkuang dapat meningkatkan serta bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh kita terhindar dari serangan infeksi dan bakteri serta mikroorganisme berbahaya lainnya.

Baca Juga: 20 Manfaat dan Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan

5 Manfaat dan Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan :

  1. Mengurangi produksi asam lambung.
  2. Mencerahkan kulit.
  3. Mendinginkan kulit.
  4. Menyehatkan kulit.
  5. Mencegah penuaan dini.

Itu tadi beberapa manfaat dari buah bengkuang yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Tetapi konsumsilah hanya daging buahnya saja karena bijinya beracun. Racun pada biji bengkuang biasanya dipakai untuk membunuh serangga ataupun menangkap ikan. Meskipun biji bengkuang beracun, bijinya bisa dimanfaatkan untuk bahan obat, seperti menyembuhkan penyakit kudis.

Jika Anda mengonsumsi bengkuang, pilihlah buah bengkuang yang masih segar dan memiliki kulit yang masih halus dan berwarna kekuning-kuningan, karena buah yang masih segar memiliki kandungan air dan vitamin yang masih utuh. Jika buah yang sudah layu akan memiliki kulit yang berwarna coklat dan keriput, hal itu menandakan jika kandungan air pada buah sudah berkurang dan bisa mengurangi manfaat dari buah bengkuang itu sendiri.

Terima kasih sudah membaca artikel 15 Manfaat dan Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 23, 2016