BMKG Serang Prediksi Awal Musim Hujan Akan Mundur

BMKG Serang Prediksi Awal Musim Hujan Akan Mundur

BMKG kota Serang, memprediksi jika awal musim hujan akan mundur–Meski sebagian wliayah Banten sempat dilanda hujan berintensitas sedang pada hari Minggu (26/7)malam, namun Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang mengatakan saat ini masih musim musim kemarau. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Serang. Tricahyo menjelaskan bahwa musim kemarau akan berlangsung lebih lama yakni hingga pertengahan bulan September nanti.

“Semalam memang hujan, tapi bukan berarti saat ini awal musim hujan. Ini hanya terjadi karena awan konvektif yang menghasilkan hujan lokal ringan”, jelasnya kepada media ketika ditemui pada hari Senin (27/7).

Tricahyo, musim kemarau tahun ini akan berlangsung lebih lama

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Serang ini, juga mengungkapkan jika kemarau secara nasional ini justru berpotensi lebih lama. Hal ini terjadi lantaran adanya dinamika atmosfer di Indonesia yang sedang dalam el nino lemah.

“Secara nasional terjadi pengurangan curah hujan lemah, diperkirakan awal musim hujan akan mundur dari biasanya”, jelas Tricahyo.

Jika sebelumnya, kemarau akan berakhir pada pertengahan September atau sekitar tanggal 11 hingga 20, namun untuk tahun ini tidak, dimana awal musim hujan akan sedikit mundur sekitar setengah hingga satu bulan akibat, el nino lemah yang lemah ini.

“Biasanya pertengahan September adalah awal musim hujan, namun terindikasi mundur, bisa setengah bahkan sampai satu bulan, hingga awal Oktober atau pertengahan oktober”, jelas Tricahyo yang pada saat itu juga menjelaskan bahwa secara global, prediksi cuaca di Provinsi Banten akan mengikuti prediksi secara nasional.

Baca Juga : 1.800 Peserta Um-Ptkin Telah Dinyatakan Lulus

Petugas bendungan Pamayaran laporkan jika debit air telah kembali normal

Sementara itu, petugas bendungan pamayaran Hermanto mengungkapkan jika sudah dua hari ini debit air bendungan Pamayaran kebali normal, meski sebelumnya sempat mengalami penurunan debit air.

“Alhamdulillah saat ini debit air kembali normal keposisi 13,04 meter”, ungkap Hermanto kepada media.

Meskipun Hermanto juga mengatakan bahwa bedungan sempat mengalami penurunan debit air hingga ke posisi 12,70 meyer.

“Penurunan memang sempat dialami sejak 20 Juni lalu, baru dua hari ini kembali normal”, jelasnya.

Terima kasih sudah membaca artikel BMKG Serang Prediksi Awal Musim Hujan Akan Mundur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 28, 2015