Wisata Sejarah Bangsa Ke Candi Dwarawati Banjarnegara

SokTau – Sejarah akan membuat kita lebih menghargai berbagai peristiwa penting yang terjadi di waktu lampau serta membuat kita untuk belajar dari pengalaman masa lalu. Mengisi waktu luang memang kerap kali dilakukan oleh masyarakat dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang menyenangkan dan berisi banyak hiburan. Namun, tahukah Anda bahwa negeri ini menyimpan banyak peninggalan sejarah yang harus Anda ketahui? Sebagai bangsa yang baik, sudah selayaknya kita mengetahui berbagai peninggalan sejarah di negeri ini. Untuk itu, mengisi waktu libur atau waktu luang yang Anda miliki tidak selalu berkunjung pada tempat-tempat yang seru dan menyenangkan yang bersifat memiliki wahana permainan. Akan tetapi, Anda perlu dan sangat penting untuk berkunjung ke tempat bersejarah untuk melihat dan mempelajari berbagai peninggalan dari orang-orang terdahulu.

Wisata Sejarah Bangsa Ke Candi Dwarawati Banjarnegara

Mengunjungi tempat atau objek wisata zaman purbakala di Dieng seperti candi akan menjadi salah satu suguhan utama ketika Anda berada di dataran tinggi di Jawa Tengah. Biasanya tempat wisata dengan fokus utamanya adalah candi, wisatawan lebih suka berkunjung pada tempat yang strategis yaitu seperti komplek candi Arjuna, Candi Setiaki, Candi Bima, dan Candi Gatutkaca. Akan tetapi, ada satu hal yang terlewatkan dan menawarkan suguhan yang luar biasa dan tak kalah menarik. Objek wisata tersebut adalah Candi Dwarawati atau Dieng Plateau dengan sajian keindahan alam yang sangat mempesona. Candi Dwarawati merupakan objek wisata yang terbilang cukup unik karena dari sisi lokasinya pun candi ini menjauh dari candi-candi Dieng lainnya. Dengan kata lian, lokasi dari candi ini menjauh dari candi-candi yang lainnya.

Tentang Candi Dwarawati

Candi Dwarawati merupakan candi yang terletak di daerah Banjarnegara yang dibangun oleh nenek moyang terdahulu di tanah yang kosong dengan daerah yang sedikit berbukit di antara persawahan yang ada. Candi ini tepatnya berada di pedesaan yaitu di Desa Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara. Jika dibandingkan dengan Candi lain yang terdapat di Dieng, candi ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Letaknya yang berada di pinggir desa sehingga mengharuskan calon pengunjung untuk menyusuri terjalnya jalan pedesaan. Bentuk yang dimiliki oleh Candi Dwarawati ini tidak jauh beda dengan candi lainnya yang terletak di sekitar komplek candi di Dieng. Bentuknya catur muka candi dengan posisi menghadap ke barat yang membelakangi matahari. Ukuran yang dimiliki oleh candi dwarawati ini sangat minimalis yaitu 5,30 m x 5,30 m. candi ini selesai dipugar pada tahun I980 dan hingga sekarang sudah bisa mulai dinikmati keindahannya.

Jalan Menuju Candi Dwarawati

Untuk perjalanan yang harus ditempuh menuju Candi Dwarawati yang memiliki keindahan yang luar biasa ini sangat mudah karena masih berada dalam satu lokasi dengan candi lain yang ada di sekitar Dieng. Ketika hendak menuju kesana, wisatawan memang sedikit kesulitan karena jalannya yang terjal dan harus melewati lorong perkampungan dan memasuki gang-gang desa. Pada awal perjalanan, anda akan menemukan gang yang terdapat papan yang bertuliskan “Dwarawati” yang tampak pada bagian sisi dari jalan utama Dieng Plateau pada kawasan pariwisata. Jalan yang harus ditempuh di area ini memang sedikit membingungkan karena akan muncul pertigaan yang banyak. sebisa mungkin perbanyak informasi kepada warga sekitar terkait alur untuk menuju lokasi candi.

Setelah menemukan gang yang bertuliskan “Dwarawati” tadi, sekitar jarak 5 menit Anda pun akan sampai pada wilayah perbukitan kecil tempat candi Dwarawati berada. Di sana tampaklah tangga-tangga kecil dengan tatanan yang sangat rapi sebagai jalan untuk bisa menuju ke candi Dwarawati. Sepanjang perjalanan, Anda pun akan jauh dari keletihan karena Anda akan menemukan para petani yang sedang asyik bercocok tanam atau pun yang sedang memanen hasil tanaman mereka. Dengan demikian, di sepanjang jalanan yang bertangga tersebut, Anda akan menemukan tanaman-tanaman kentang yang akan membuat Anda merasa nyaman dan kagum. Semakin jauh menyusuri jalan, maka Anda akan menemukan bangunan candi yang cantik yang berada di atas bukit dengan background Gunung yang tidak aktif yaitu Gunung Prau yang begitu rimbun serta pepohonan yang menghijau.

Baca Juga: Indahnya Telaga Dringo Bikin Jatuh Hati

Suasana Candi Dwarawati

Berada di sekitar Candi Dwarawati akan mengantarkan Anda pada suasana yang sepi nan nyaman serta begitu damai. Siapa saja yang berada di area ini pasti merasakan hal yang sama yaitu kedamaian. Dikarenakan masih sedikit orang atau masyarakat yang mengetahui keberadaan dari Candi ini, maka keasliannya pun sangat tampak jelas untuk dinikmati. Rerumputan yang begitu tipis akan membuat siapa saja atau pengunjung yang bersantai meski hanya untuk duduk-duduk merasa betah dan enggan untuk beranjak. Sesekali Anda pun juga akan menemukan senyum ketulusan dari para petani sekitar yang sedang melakukan cocok tanam atau pun memanen hasil tanaman mereka. Nah, bagi Anda yang merencanakan liburan, jangan lupa untuk berkunjung di tempat ini karena selain lebih dekat dan lebih mengenal sejarah, Anda pun akan menemukan kedamaian ketika berada di tempat ini.

Terima kasih sudah membaca artikel Wisata Sejarah Bangsa Ke Candi Dwarawati Banjarnegara, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 7, 2016