Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Bahan Kimia

SokTau – Merawat wajah sangatlah penting bagi Anda, terutama kaum wanita. Apabila terdapat coretan atau bekas jerawat di wajah Anda, pasti Anda tidak merasa percaya diri untuk tampil di depan orang banyak. Jerawat menyebabkan peradangan di dalam lapisan dermis kulit. Peradangan inilah yang akhirnya menimbulkan bekas jerawat pada kulit yang umumnya berwarna kehitaman. Anda mungkin lagi kebingungan untuk mengatasi masalah tersebut. Sekarang Anda jangan khawatir, di sini Anda akan mengetahui cara yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah Anda.

Bahan alami mengatasi bekas jerawat

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Bahan Kimia

Banyak orang mengatasi bekas jerawat langsung konsultasi pada dokter. Tetapi, untuk Anda yang tidak mempunyai biaya ke dokter jangan khawatir. Perlu Anda ketahui, bahwa terdapat beberapa bahan alami yang dapat menyembuhkan bekas jerawat Anda. Berikut beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat Anda:

  • Lidah buaya

Lidah buaya biasanya digunakan untuk perawatan rambut. Tetapi, manfaat yang lain ternyata lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Langkah-langkahnya yaitu tempelkan gel lidah buaya ke bagian bekas jerawat. Diamkan dan tidak perlu dibilas. Apabila bekas jerawat Anda cukup parah, maka Anda hanya perlu tambahkan gel lidah buaya dengan dua tetes minyak pohon teh untuk mendapatkan kulit bekas jerawat menjadi lebih cerah. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, lidah buaya juga dapat membantu meremajakan serta melembapkan kulit.

  • Es batu

Es batu ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi kemerahan. Langkah-langkahnya yaitu bungkus es batu dengan kain, lalu tempelkan pada bekas luka. Biarkan beberapa menit sampai kulit terasa mati. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus mengganti air dengan teh hijau.

  • Jus lemon

Selain dibuat minuman untuk menyegarkan tubuh, jus melon juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Sifat jus lemon yang membantu memutihkan kulit dapat berpotensi untuk mengurangi noda kehitaman pada bekas jerawat secara efektif. Caranya cukup mudah, Anda harus mencampurkan jus lemon dan air dengan perbandingan yang sama. Kemudian, Anda oleskan campuran tersebut pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 15-25 menit, lalu bilas dengan air bersih. Hindari mengoleskan pada bagian sekitar bekas jerawat, karena lemon mengandung asam sitrat yang bersifat sangat mengeringkan kulit. Hindari juga menggunakan jus lemon tanpa didiamkan atau diencerkan, karena apabila lama dikulit akan menyebabkan luka bakar. Hal ini disebabkan oleh pH yang berbeda antara jus lemon dengan kulit manusia.

  • Kayu cendana

Kayu cendana diketahui mempunyai manfaat untuk menyembuhkan kulit. Langkah-langkah untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan kayu cendana adalah Anda harus menyiapkan satu sendok makan kayu cendana yang sudah dijadikan bubuk. Tambahkan beberapa tetes air mawar, lalu aduk sampai membentuk pasta. Jika tidak ada air mawar, Anda dapat menggantinya dengan susu atau madu. Oleskan campuran tersebut pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama sekitar setengah jam, lalu bilas dengan air hingga bersih. Gunakan secara terus menerus sampai bekas jerawat benar-benar hilang.

  • Baking soda

Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai pengelupas kulit sekaligus membantu mengurangi bekas jerawat. Caranya yaitu ambil dua sendok baking soda dan campurkan dengan dua sendok the air. Aduk hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini untuk menggosok wajah Anda dengan gerakan melingkar, terutama di bagian bekas jerawat. Lakukan selama dua menit, lalu bilas. Jika pemakaian ini tidak efektif, maka segera hentikan pemakaiannya.

  • Madu

Madu sudah diketahui memang mempunyai banyak manfaat. Madu bersifat antibakteri dan dapat menenangkan kulit serta melembapkan. Caranya yaitu Anda oleskan madu langsung pada bekas jerawat. Utamakan menggunakan madu alami karena hasilnya lebih efektif untuk menyembuhkan bekas jerawat. Selain itu, madu jug berkhasiat mengurangi kemerahan apabila bekas jerawat tersebut masih mengalami peradangan.

Tips mudah atasi bekas jerawat

Tips mudah atasi bekas jerawat yaitu dengan minyak zaitun. Minyak zaitun memang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Terutama untuk mengatasi bekas jerawat. Berikut tips mudah mengatasi jerawat dengan minyak zaitun.

  • Dengan melakukan pemijatan

Cara ini paling mudah mengatasi jerawat dengan minyak zaitun. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bekas luka, lalu pijatlah dengan lembut selama 4-5 menit. Kemudian diamkan bekas pijatan tadi selama 20 menit, lalu usap dengan kain yang sudah dicelupkan pada air hangat. Lakukan secara rutin yaitu 2x sehari terutama sebelum tidur. Supaya hasilnya bisa maksimal.

  • Dengan memanfaatkan uap

Cara yang dapat dilakukan dengan minyak zaitun yaitu dengan penguapan. Caranya yaitu dengan merebus air dan minyak zaitun sampai mengeluarkan uap dalam jumlah banyak. Kemudian gunakan handuk untuk menutupi kepala Anda. Dekatkan wajah Anda pada uap dengan jarak sekitar 18 inci atau sekitar 40 cm. berhati-hatilah karena jika terlalu dekat, maka kulit wajah Anda bisa jadi kemerahan seperti terbakar. Diamkan selama kurang lebih 8 sampai 10 menit, kemudian lap wajah dan leher Anda dengan handuk.

Menghilangkan jerawat tanpa bahan kimia

Jika Anda masih kebingungan untuk menghilangkan jerawat, jangan khawatir. Disini Anda akan menemukan cara yang mudah untuk menghilangkan jerawat tanpa bahan kimia. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  • Menggunakan madu

Madu memang memiliki anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Dengan seketika madu bisa Anda manfaatkan untuk mengobati jerawat baik jerawat ringan maupun jerawat yang berat seperti jerawat batu. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada wajah dengan merata. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis pada madu sebagai pembersih wajah.

  • Menggunakan bawang putih

Bawang putih yang biasanya diketahui sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih mempunyai manfaat yaitu untuk mengatasi jerawat. Caranya mudah Anda cukup menghaluskan bawang putih dengan blender, lalu Anda oleskan pada wajah yang berjerawat secara merata. Diamkan selama 15 menit setelah itu bersihkan menggunakan air hangat.

  • Menggunakan tomat

Tomat selain baik untuk kesehatan mata ternyata tomat juga dapat menghilangkan jerawat. Caranya iris tomat tipis-tipis setelah itu tempelkan pada wajah secara merata. Diamkan hingga 1 jam. Lakukan cara ini secara teratur setidaknya lakukan selama 1 bulan hingga jerawat hilang.

  • Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya memang diyakini dapat menghilangkan jerawat. Jerawat memang kerap sangat sulit untuk dihilangkan. Kadang jerawat juga membuat kesal. Sekarang Anda coba gunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, Oleskan gel atau daging lidah buaya pada wajah, diamkan beberapa menit sebelum Anda membersihkannya dengan air bersih.

Baca juga: 6 Sifat Laki-laki Ini Dijamin Bikin Lebih Bahagia

Ternyata mudah sekali cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Secara alami tidak sesulit yang dibayangkan bahan-bahan alaminya pun mudah didapatkan. Sekarang tinggal Anda yang harus rutin menerapkan langkah-langkah untuk menangani bekas jerawat. Selamat menerapkan dan semoga berhasil.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Bahan Kimia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 27, 2017