Cara Atasi Pikun Dengan Lesitin & Kolin

Cara Atasi Pikun Dengan Lesitin & KolinCara Atasi Pikun Dengan Lesitin & Kolin, apa Lesitin dan kolin itu? Adalah zat alami seperti lemak yang terdapat pada hampir semua sela hidup, termasuk hewan dan tumbuh – tumbuhan. Fungsi kedua nutrien ini seruap tetapi strukturnya tak sama. Lesitin termasuk jenis lemak yang disebut phospholipid, sedankan kolin termasuk jenis vitamin B. Sumber lesitin antara lain hati, telur, kedelai, kacang tanah, dan heatgerm. Lesitin juga digunakan pada makanan yang diolah seperti es krim, coklat, margarin dan salad dressing. Sedangkan kolin, sealin tedapat di hati, kuning telur, kedelai, buah anggur, kacang tanah, kubis, dan kembang kol, secara alamiah juga sudah ada di dalam lesitin itu sendiri. Pada lesitin mengandung phosphatidylcholine yang setelah berada di dalam tubuh akan segera terutai menjadi kolin. Dengan mengkonsumsi lesitin, baik suplemen maupu makanan, tubuh juga memperoleh kolin. Fungsi lesitin dan kolin ampuh menghancurkan timbunan lemak dan kolesterol dalam menghancurkan timbunan lemak dan kolesterol dalam pembuluh darah sehingga sangat diperlukn oleh banyak fungsi tubuh, terutama otak, liver dan empedu. Stres, depresi, dan kepanikan dapat menguras simpanan lesitin dan kolin di otak dengan cepat. Kebutuhan akan lesitin dan kolin ini harus dipenuhi secara teratur dari mkanan sehari – hari.

Kolin sendiri meruapan unsur esensial dalam pembentukan acetylcholine yang bertanggung jawab pada proses ingatan, bbelajn dan kedali otak,dan myelin sheath ( lemak otak yang melindungi serabut syaraf ). Riset menentukan bahwa otak sehat memiliki sekitar 28% lesitin, dan lewat sejumlah penelitian diketahui bahwa pada otak penderita keterbelakanan mental hanya memiliki 19%. Manfaat lesitin dalam pencegahan penyakit hepatitis dan sirosis akibat kecanduan alkohol juga telah dibuktikan melalui penelitian yang makan waktu sampai 10 tahun. Kebutuhan lesitin dan kolin tidak memeilik standar RDA ( Reqired Dietary Allowance ). Standar kecukupan yang berlaku saat ini bersal dari suatu lembaga peneliti gizi dari Amerika Serikat, yaitu rata – rata sekitar 550 mg/hari untuk pria dewasa dan 425 mg/hari untuk wanita. efek samping kekurangan lesitin dan kolin dapat menyebabka penimbunan lemak dan kelesterol dalam darahdan memicu terjadinay hepatitis atau kanker liver, pembentukan batu empedu, hipoglikemia, eksim, tekanan darah tinggi, sklerosis ganda, stroke dan serangan jantung. Kekurangan lesitin dan kolin juga mempengaruhi produksi acetylholine di otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, atau gejala kepikunan. Selain menjadi pikun juga dapat berpengaruh terhadap tingkatan energi diantaranya yaitu akan lebih sensitif atau mudah tersinggung, dan gangguan emosi lain. Kelebihan lesitin atau kolin jarang terjadi karena pola makan orang sekarang cenderung berlebihan denga lemak jenuh dan makanan olahan yang kurang bergizi. Kelebihan dosis biasanya menimbulkan keringat berlebih, mual, muntah, mudah kembung dan diare. Dosis sampai 10 gram sehari menyebabkan bau amis pada tubuh atau detak jantung tidak bertaturan.

Itulah sedikit info untuk Atasi Pikun Dengan Lesitin & Kolin, jadi bagi anda yang tidak ingin mudah lupa atau pikun cukupi lesitin anda kolin anda untuk daya ingat yang tetap bagus dan terjaga. Semoga bermanfaat bagi anda, rubahlah pola hidup yang tidak sehat menjadi pola hidup yang sehat mulai dari sekarang karena pencegahan lebih dini akan berdampak baik terhadap kehidupan dimasa depan anda. Dan perbanyaklah mengkonsumsi banyak makanan berprotein tinggi selain dapat menyehatkan juga banyak manfaat yang anda dapat. Kenali jenis makanan anda dari mulai sekarang.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Atasi Pikun Dengan Lesitin & Kolin, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - April 3, 2013