Cara Unik Masyarakat Indonesia Sambut Lebaran

Cara Unik Masyarakat Indonesia Sambut Lebaran

Lebaran memang sebentar lagi akan tiba, masyarakat Indonesia biasanya memiliki beberapa tradisi khusus dan unik untuk menyambut datangnya lebaran. Mulai dari kegiatan slametan atau yang biasa disebut dengan kirim doa hingga persiapan berbagai kue lebaran dan baju lebaran. Ini memang menjadi tradisi tahunan yang tidak bisa ditinggalkan bahkan setiap daerah punya cara unik tersendiri dan nama tradisi tersendiri

. Tradisi apa yang dilakukan di daerah anda ketika lebaran tiba? Pasti bermacam-macam bahkan sangat unik sekali. Kegiatan unik yang paling kental dan masih mengandung unsur budaya adalah kegiatan slametan atau kirim doa. Ini adalah kegiatan yang tidak bisa lepas dari budaya masyarakat Indonesia khususnya daerah pedesaan.

Kirim doa sendiri ditujukkan untuk almarhum semua nenek moyang kita yang sudah tiada. Dengan kirim doa tersebut diharapkan semua dosa yang pernah dilakukan oleh mereka dapat diampuni oleh Allah SWT. Kami yakin anda juga memiliki kegiatan unik satu ini, kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan terus mendarah daging.

Masyarakat Indonesia memang terkenal dengan berbagai kegiatan unik dan tradisi atau budaya yang masih kental. Bagi siapapun yang pernah tinggal di desa pasti tahu betul bagaimana adat istiadat yang ada. Bagi masyarakat kegiatan atau tradisi yang demikian menjadi hal yang patut dilestarikan.

Sebagai salah satu momen yang bagus dan baik, lebaran memang memberikan makna tersendiri bagi setiap masyarakat. Untuk itu momen ini digunakan sebaik mungkin untuk saling bercengkerama dengan sanak saudara maupun keluarga yang sudah meninggal dunia. Sudahkah anda mempersiapkan berbagai kebutuhan menjelang hari raya? Jika belum maka anda harus sesegera mungkin mempersiapkannya. Lebaran tinggal menghitung hari lagi, waktu berhagia segera kita dapatkan.

Hari yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim di Indonesia sudah mendekati. Berbagai perlengkapan lebaran sudah dipersiapkan dengan baik dan pastinya hal ini tak hanya dirayakan oleh orang-orang yang berpunya namun bagi mereka yang tak punya bakan gelandangan sekalipun tetap bisa merasakan kebahagiaan lebaran secara bersama-sama. Semoga sedikit ulasan diatas dapat menambah wawasan anda dan dapat memberikan anda ilmu yang lebih banyak lagi.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Unik Masyarakat Indonesia Sambut Lebaran, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 6, 2014