Dentuman Meriam Menjadi Tanda Peringatah HUT RI Ke-69

Dentuman Meriam Menjadi Tanda Peringatah HUT RI Ke-69

Tepat hari ini tanggal 17 Agustus 2014, Indonesia merayakan hari ulang tahunnya ke 69. Semua masyarakat Indonesia bergembira dan bersorak sorai dalam merayakan momen yang sangat penting ini. Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan yang ke -69 terdengar dari sabang hingga merauke. Tepat pukul 10.00 sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan upacara bendera dan diwarnai dengan bunyi sirine serta dentuman meriam sebanyak 17 kali.

Jumlah dentuman ini disesuaikan dengan tanggal kemerdekaan Indonesia serta diiringi pembacaan teks proklamasi. Di Kabupaten Biak Timur prosesi detik proklamasi dipimpin oleh Wakil Bupati, Thomas Alfa Edison Ondy serta pembaca naskah proklamasi Ketua DPRD Nehemia Wospakrik.

Pelaksanaan detik proklamsi berjalan dengan hikmat dan tenang meskipun sempat turun hujan di daerah tersebut. Upacara bendera kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengibaran bendera yang dilakukan sebanyak 30 paskibraka pilihan Kabupaten Biak Timur. Sedangkan dibelakang barisan paskibraka ini terdapat setidaknya puluhan prajurit TNI/Polri.

Untuk peserta upacara sendiri terdiri dari pelajar SD hingga SMA/SMK, para pemuda, PNS, dan pegawai swasta. Tak lupa juga terdapat barisan aparat keamanan baik TNI/Polri. Mereka semua terlihat sangat bersemangat mengikuti jalannya upacara kemerdekaan Indonesia. Bahkan mereka tidak patah semangat meskipun harus basah kuyup akibat hujan.

Banyak orang mengaku pelaksanaan upacara kemerdekaan pada tahun ini sangat baik dan meriah. Bahkan ketua panitia penyelenggaraan dari upacara kemerdekaan ini, Herry Mulyana sangat bangga dengan kegiatan ini. Ia menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya terhadap partisipasi semua masyarakat, khususnya para peserta upacara yang turut memeriahkan jalannya upacara bendera. Upacara detik-detik proklamsi 17 Agustus 2014 ini terlihat sangat kondusif dan tidak ada gangguan sama sekali. Dan pastinya aktivitas semua warga tetap berjalan dengan normar.

Bukan hari kemerdekaan kalau tidak ada kegiatan perlombaan, di Kabupaten Biak Numfor ini juga terlihat banyak yang memeriahkan kemerdekaan dengan melakukan beberapa perlombaan. Tentunya ini menjadi momen yang sangat membanggakan dan baik. Semoga sedikit ulasan yang kami sampaikan diatas dapat menambah wawasan anda. Dirgahayu Republik Indonesia, semoga bangsa ini semakin maju dan terus berkembang. 

Terima kasih sudah membaca artikel Dentuman Meriam Menjadi Tanda Peringatah HUT RI Ke-69, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - August 28, 2014