Di 5 Negara Ini Wanita Miliki Hak Yang Istimewa

Di 5 Negara Ini Wanita Miliki Hak Yang Istimewa

SokTau.com – Di sejumlah negara bagian ternyata memiliki aturan yang berbeda dimana, kaum wanita memiliki hak asasi yang istimewa. Penasaran? Simak ulasannya. Mungkin di beberapa negara, akses wanita terhadap kebutuhan belum banyak terpenuhi. Masih ada diskriminasi gender yang membuat wanita belum terpenuhi haknya secara baik. Namun, di balik kekurangan tersebut, ternyata ada negara-negara yang telah memperlakukan wanita sangat istimewa.

5 negara yang memberikan kebebasan Hak untuk wanita

Wanita bisa memperoleh haknya secara mudah, tanpa ada diskriminasi gender. Nah, berikut ini daftar 10 negara yang memiliki hak istimewa bagi wanita.

1. Islandia

Islandia merupakan negara yang dipimpin oleh seorang wanita yang sangat peduli terhadap hak-hak kaum wanita. Bahkan, separuh anggota perlemennya adalah wanita. Islandia melarang keras penari perempuan tanpa busana di klub malam. Negara ini juga sedang mempertimbangkan kontrol sensor yang ketat terhadap pornografi di internet. Langkah ini dilakukan sebagai perlindungan terhadap hak wanita sekaligus pembatasan wanita menjadi objek seksual.

2. Finlandia

Finlandia adalah negara yang mengusung persamaan gender dalam undang-undang negaranya. Hal ini dapat dilihat dari cuti melahirkan yang bisa mencapai 263 hari atau hampir sembilan bulan. Belum lagi terjadinya peningkatan lulusan sarjana wanita hampir di segala bidang yang biasanya didominasi oleh kaum pria. Tak salah jika Finlandia termasuk dalam indeks ‘Global Gender Gap Index’ sebagai negara yang memihak wanita.

3. Swedia

Swedia memiliki kementerian khusus yang menangani persamaan gender dan kualitasnya, yaitu Ministry of Integration and Gender Equality dan Secretariat of Gender Research. Selain itu, Swedia juga dikenal sebagai negara yang peduli terhadap pendidikan dan bantuan bagi anak dan perempuan.

4. Norwegia

Norwegia memiliki 40 persen anggota wanita dalam parlemennya. Perundangannya juga telah meloloskan gender quality. Sama halnya dengan negara yang mengistimewakan wanita, Norwegia juga memberikan hak cuti istimewa bagi wanita hamil. Bahkan, di Norwegia pendapan kaum wanita termasuk yang paling besar.

Baca Juga: Campuran Kayu Manis Dan Teh Menyimpan Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan

5. Selandia Baru

Pada tahun 2000, posisi tertinggi di Selandia Baru mulai dari ratu, gubernur, perdana menteri, hingga ketua parlemen dipegang oleh wanita. Negara ini juga termasuk yang pertama memberikan kesempatan pada wanita dalam pemilihan umum.

Persamaan gender seharusnya memang harus bisa dinikmati oleh kaum wanita di seluruh negara di dunia. Tentu persamaan gender yang dimaksud adalah persamaan gender yang berkualitas, sesuai dengan hak tanpa meninggalkan kewajiban masing-masing.

Terima kasih sudah membaca artikel Di 5 Negara Ini Wanita Miliki Hak Yang Istimewa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 7, 2015