Dua Awan Misterius yang Muncul di Pelanet Mars Bikin Heboh Dunia

Dua Awan Misterius yang Muncul di Pelanet Mars Bikin Heboh Dunia

Pelanet Mars, merupakan salah satu anggota tata surya di jagad raya ini, dimana pelanet ini sama seperti pelanet lainnya yang tiodak dapat dihuni oleh manusia seperti pelanet bumi. Beberapa waktu belakangan ini pembahasan mengenai pelanet yang satu ini memang cukup menarik diikuti salah satunya adalah fenomena yang baru-baru ni terjadi di Mars.

Dua buah awan misterius nampak menyelimuti pelanet tak berpenghuni tersebut, hal ini tentu saja menggegerkan publik bahkan para ilmuan. Awan tersebut nampak menyembul dari permukaan ‘amosfer’ dari pelanet Mars.

Dua awan misterius yang belum  bisa terungkap di pelanet Mars

Dua awan misterius yang di dapati berada di Pelanet Mars memiliki ukuran yang lumayan besar, setidakanya ukuran masing-masing dari awan tersebut adalah sekitar 500 kilometer dan juga 1.000 kilometer. Awan-awan ini sebenarnya muncul sejak 2012 silam, namun masih baru diekspose beberapa waktu belakangan ini.

Pada bulan Maret dan April 2012, awan-awan tersebut nampak berada pada ketinggian 250 kilometer dari permukaan Mars.  Awan pertama muncul pada tanggal 12 Maret 2012, yang tepat berada diatas terminator ( batas siang dan malam) dari pelanet Mars. Awan tersebut terus saja melebar hingga 10 jam lamanya selama 11 hari dan berubah-ubah bentuk.

Sedang menjadi perbincangan pada kalangan Ilmuan

Kemunculan dua awan misterius di pelanet Mars, saat ini telah membuat para ilmuan pusing.  Dugaan sementara kemunculan dari dua wan misterius tersebut adalah berasal dari partikel-partikel CO2 dan air dari pelanet Mars. Hingga saat ini para ilmuan masih terus meneliti apa penyebab dan dari mana asal terbentungknya gumpalan awan raksasa di wilayah pelanet Mars.

Beberapa beranggapan bahwa awan tersebut merupakan sebuah aurora, yang merupakan sebuah pertunjukan cahaya berkilauan yang biasa terjadi di atmosfer Bumi ketika partikel surya bertabrakan dengan medan magnet  dari Bumi. Dan jika benar awan tersebut merupakan aurora, maka aurora di Mars tersebut merupakan aurora paling terang mengalahkan aurora yang ada di bumi. Namun jika hal tersebut benar adanya maka, hal tersebut dapat merusak pemahaman semua orang mengenai atmosfer di Mars.

Terima kasih sudah membaca artikel Dua Awan Misterius yang Muncul di Pelanet Mars Bikin Heboh Dunia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 19, 2015