Fantastic ! Proyek Sistem Anti Hilang Pesawat Indonesia,Malaysia dan Australia

Fantastic ! Proyek Sistem Anti Hilang Pesawat Indonesia,Malaysia dan Australia

Serangkaian tragedi kecelakaan pesawat seolah membawa trauma berkepanjangan bagi Indonesia, Malaysia dan juga Australia. Oleh sebab itu ketiga Negara bergabung dalam sebuah proyek kerjasama dalam pengembangan sistem anti hilang pesawat. Dengan Australia sebagai pelopor utama, saat ini Indonesia dan juga Malaysia telah menguji sistem anti hilang pesawat tersebut.

Dua kali lipat lebih efektif

Tehnologi canggih yang digunakan pada sistem anti hilang pesawat ini berupa tehnologi super canggih yang dapat memonitori dan mengecek keberadaan pesawat setia 15 menit sekali. Sistem ini tentunya lebih canggih dibandingkan dengan sistem operator yang hanya bisa memantau pesawat dalam kurun waktu 30-40 menit.

Warren Truss, wakil perdana mentri Australia menyatakan bahwa tehnologi tersebut dapat digunakan untuk memantau keberadaan serta kondisi abnormal pesawat dengan cara real time. Dengan begitu keberadaan pesawat ketika dalam masa penerbangan akan sangat mudah untuk dideteksi. proyek besar ini diharapkan mampu meringankan beban Negara jika terjadi sebuah insiden kecelakaan, seperti yang dialami oleh AirAsia QZ8501 dan juga pesawat kepunyaan Malaysia Airlines MH370.

Berkaca pada tragedi naas Malaysia Airline MH370

Proyek sistem anti hilang pesawat ini tercetus satu tahun usai tragedi maut Malaysia Airline MH370 yang merupakan pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing dengan membawa 239 penumpang. Seperti yang telah kita ketahui, hingga saat ini Malaysia Airline MH370 belum juga ditemukan, bangkai pesawat dan juga para awak kapal masih saja menjadi misteri bagi dunia. Hanya saja beberapa pihak menduga bahwa pesawat ini terkjatuh dikawasan selat Malaka. Meski pencarian masih tetap dilakukan, faktanya kabar baik untuk para keluarga MH370 masih juga belum terdengar.

Oleh karena itu dengan dicetuskanya proyek untuk memproduksi tehnologi canggih semacam sistem anti hilang pesawat, diharapkan mampu untuk mengungkap dan melacak semua pesawat yang tiba-tiba saja hilang kontak. Sehingga kemungkinan pesawat jatuh dan tidak bisa dilacak akan semakin kecil. Saat ini armada pesawat yang telah memiliki tehnologi canggih tersebut adalah Boeing 380, 777, 330, 340, dan 350. Pesawat-pesawata jenis ini merupakan pesawat dengan kapasitas besar dengan badan yang lebar.

Terima kasih sudah membaca artikel Fantastic ! Proyek Sistem Anti Hilang Pesawat Indonesia,Malaysia dan Australia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 3, 2015