Fenomena Langka Gerhana Matahari Total 2015 Bakal Muncul

Fenomena Langka Gerhana Matahari Total Akan Muncul Hari Ini

Fenomena gerhana matahari saat ini tenagh menjadi trending topic di beberapa media sosial. Tepatnya pada hari Jumat(20/03/15), hari ini dikabarkan akan terjadi Gerhana Matahri total di beberapa belahan bumi. Namun sayang fenomena langka ini tidak dapat disaksikan langsung di langit Indonesia. Kabarnya Gerhana Matahari Total akan berlangsung bersamaan dengan fenomena supermoon.

Fenomena langka yang satu ini memang sangat ditunggu kedatanganya oleh beberapa pihak, terutama mereka yang belum pernah menyaksikan fenomena Gerhana Matahari. Hanya saja bagi kita orang Indonesia nampakanya harus kecewa, karena fenomena tersebut belum bisa disaksikan dari Indonesia.

Gerhana Matahari Total

Tepatnya pada pukul 09.00 GMT, atau sekitar pukul 16.00 WIB, atau 17.00 WITA, atau juga 18.00 WIT hari ini Jumat (20/03/15) akan terjadi fenomena langka Gerhana Matahari Total. Meskipun Indonesia tidak dapat menyaksikan fenomena langka tersebut, namun banyak situs yang akan menayangkan fenomena langka ini, sehingga masyarakat Indonesia tetap bisa menyaksikan hal tersebut tanpa harus menelan resiko.

Pasalnya, jika gerhana matahari total, sampai terlihat oleh mata telanjang secara langsung bisa menyebabkan kebutaan pada mata. Sehingga ada dampak posistif yang ditimbulkan oleh ketidak munculanya fenomena langka tersebut di langit Indonesia. Berdampak posistif karena resiko yang tidak dinginkan dari adanya gerhana matahari bisa dihindari,sedangkan dampak negatifnya adalah rasa penasaran terhadap gerhana matahari tidak bisa dipuaskan.

Faktor yang mempengaruhi ketidak munculkan gerhana matahari di Indonesia

Hari ini bayang-banyang bulan akan melintasi bagian bumi utara,dimana ditempat inilah bagian umbra bumi (bagian gelap) akan terlihat dan penghuni daerah ini bisa menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total. Sedangkan untuk bagian penumbra bumi justru akan melintasi wilayah yang cukup luas  antara lain terjadi sampai di Afrika Barat dan Utara, serta Asia Barat saja, untuk wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia nampakanya tidak akan menyaksikan fenomena langka itu.

Pasalnya wilayah Indonesia terletak sangat jauh dari bayang-bayang total maupun yang penumbra, sehingga kemungkinan gerhana matahari terlihat di Indonesia dan kawasan Asia Tenggarea lainnya sangat kecil bahkan tidak mungkin ada.

Terima kasih sudah membaca artikel Fenomena Langka Gerhana Matahari Total 2015 Bakal Muncul, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 20, 2015