Gunung Raung Meletus, Pesawat Diminta Terbang Lebih Tinggi

Gunung Raung Meletus, Pesawat Diminta Terbang Lebih Tinggi

Hati-hati ! Gunung Raung Meletus, Pesawat Diminta terbang Lebih Tinggi –Gunung Raung, saat ini masih terus menjadi salah satu hal yang paling banyak dipergunjingkan oleh masyarakat Indonesia. AirNav menyebutkan bahwa rute penerbangan yang melintasi Gunung Raung adalah salah satu lintasan serta jalur penerbangan tersibuk di dunia. “Nomor lima di dunia,” ungkap Director Safety and Standar AirNav, Wisnu Darjono, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Sabtu 4 Juli 2015.

Rute sibuk gunung Raung tersebut adalah meliputi,  Singapura, Jakarta, Surabaya, Bali, bahkan hingga ke Australia. Hanya dalam kurun waktu satu jam saja, sekitar  30 pesawat tiba dan lepas landas, sehingga bisa dikatakan bahwa dalam waktu satu hari saja, akan ada 200 penerbangan pesawat. Keadaan tersebut dikarenakan, daerah Bali hanya memiliki satu runway saja.

Gunung raung meletus

Saat ini, gunung yang berada di dalam 3 kawasan yaitu, kawasan Banyuwangi, Jember dan juga Bondowoso tengah mengalami peningkatan aktivitas (meletus), dengan mengeluarkan semburan abu vulkanik. Dengan ditetapkannya rute Gunung Raung sebagai rute penerbangan tersibuk, maka akibat peningkatan aktivitas itu, AirNav tertuju pada perhatian mengenai penerbangan domestik dan internasional. Rute domestik yang meliputi wilayah, Denpasar-Yogyakarta, Denpasar-Jakarta, dan Denpasar-Surabaya, kemudian juga rute internasional yang meliputi kawasan  Denpasar-Singapura dan Denpasar-Malaysia, terancam terganggu dengan aktivitas Gunung Raung yang terus meningkat tajam dalam kurun waktu beberapa hari terakhir ini.

Saat ini bahkan abu letusan Gunung Raung telah menuju ke tenggara dengan kecepatan 10 knot. Atas kondisi ini, pihak penerbangan berharap agar keadaan gunung Raung segera mereda, sehingga tidak mengganggu rute penerbangan menuju atau dari Denpasar ke kota dan penerbangan Negara terkait.

Baca juga : Tau Nggak Ini Dia 5 Top Hacker Tercantik Di Dunia ?

ArNav, sarankan pesawat terbang lebih tinggi pasca Gunung Raung meletus

Melihat kondisi Gunung Raung yang terus menunjukan peningkatan aktifitas, pihak  AirNav menyarankan sejumlah maskapai penerbangan untuk segera menjauhi puncak Gunung Raung dengan lintasan yang lebih jauh 50 kilo meter serta terbang dengan ketinggian di atas 15 ribu. Namun, meski kondisi rute Gunung Raung tidak memungkinkan, namun AirNav menyatakan bahwa dampak abu vulkanik sama sekali tidak akan bisa merusak mesin pesawat.

 

 

Terima kasih sudah membaca artikel Gunung Raung Meletus, Pesawat Diminta Terbang Lebih Tinggi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 5, 2015