Hasil Lawatan Presiden Jokowi ke Tiongkok, Indonesia Dibanjiri Investor

Hasil Lawatan Presiden Jokowi ke Tiongkok, Indonesia Dibanjiri Investor

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tiongkok beberapa waktu lalu, kini membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Indonesia kini tengah menjadi sasaran investasi bagi para investor Tiongkok. Tidak tangung-tanggung bahkan investasi para investor Tiongkok tersebut mencapai US$ 68,44 miliar. Hal ini merupakan langkah besar bagi Indonesia untuk kembali menguatkan perekonomian yang kian hari kian melemah dengan adanya penurunan nilai rupiah terhadap Dollar.

Kabar gembira ini setidaknya dapat menutup sejenak komplain masyarakat terhadap kinerja Jokowi pada awal kepemimpinanya. Kabar-kabar miring yang sempat menerpa sang Presiden kini agakanya masih sedikit bisa terobati dengan hasil lawatanya beberapa waktru lalu ke Tiongkok.

Indonesia jadi sasaran para investor

Dalam konteks investasi ke Indonesia, pasar yang diserang oleh para investor meliputi sejumlah proyek infrastruktur, seperti proyek listrik, pelabuhan, jalan hingga pembangunan pabrik pengolahan mineral. Dengan adanya investasi di Indonesia ini, dau tujuan mulia dari China dan Indonesia diharapkan dapat terwujud. Kedua negara menginginkan untuk dapat memperoleh peningkatan nilai perdangangan , sehingga taraf ekonomi kedua Negara dapat di tingkatkan menuju level yang lebih baik lagi.

Target peningkatan ekonomi sebesar US$ 150 miliar dalam kurun waktu satu tahun merupakan tujuan utama dari dua Negara dalam melakukan kerjasama tersebut, hal ini tentu saj memberikan angin segar untuk Indonesia untuk menuju perekonomian yang lebih baik lagi kedepanya.

Seminggu lagi bakal ada pertemuan lanjutan dengan China

Belum ada pernyataan lebih lanjut tentang kelanjutan investor China di tanah air, pasalnya masih ada pertemuan lanjutan yang harus dilakukan oleh Presiden beberapa minggu kedepan.  Namun yang sudah pasti saat ini, beberapa perusahaan China telah masuk ke Indonesia salah satunya adalah PT Sulawesi Mining Investment. Perusahaan ini telah menyusup pasar Indonesia dalam konteks  industri berbasis feronikel di Morowali, Sulawesi Tengah.

Setidaknya dana sekitar, US$ 5,5 milyar te3lah di investasikan untuk membangun kawasan industri di area tersebut agar menjadi industri yang lebih baik. Rencana demi rencana pembangunan kini telah di jadwalkan oleh PT Sulawesi Mining Investment, dan rencanany adaam waktu dekat perusahaan ini akan segera menjalankan proyek mereka untuk pembangkit listrik tenaga diesel 2×65 Megawatt (MW) dan akan ditingkatkan pada segmen selanjutnya menjadi 450 MW.

Terima kasih sudah membaca artikel Hasil Lawatan Presiden Jokowi ke Tiongkok, Indonesia Dibanjiri Investor, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 31, 2015