Heboh, Wanita Ini Ciptakan Kamar Mandi Berjalan Khusus Tunawisma

Heboh, Wanita Ini Ciptakan Kamar Mandi Berjalan Khusus Tunawisma

SokTau.com – Kamar mandi berjalan ternyata kini ada Lho!, dan kamar mandi tersebut khusus untuk tunawisma- Kesulitan ekonomi memang masih menjadi salah satu alasan beberapa orang tidak memiliki tempat tinggal dan kehidupan yang layak. Di Tanah Air sendiri, masih sering kita temukan para tunawisma yang terpaksa berlindung di bawah jembatan hingga di pinggir jalan.

Kamar mandi keliling untuk tunawisma San Francisco

Sulit memang mencari solusi permasalahan dari tunawisma ini, karena butuh dukungan dari berbagai pihak untuk menuntaskannya. Ternyata permasalahan ini juga masih dialami oleh negara-negara di dunia, seperti San Francisco, AS.

Bahkan di San Francisco, sebanyak 6,500 tunawisma memiliki akses sulit untuk mendapatkan kamar mandi gratis. Hal tersebut yang membuat Lava Mae membantu dengan membuat kamar mandi berjalan khusus untuk para tunawisma.

Lava Mae pertama kali digagas oleh Doniece Sandoval yang tersentuh dengan kondisi para tunawisma di sekelilingnya. Ia bahkan rela berhenti dari pekerjaannya untuk membantu mereka.

“Suatu hari saya melihat seorang wanita di jalan dan dia sangat kucel. Sontak saya pun menangis dan saya mendengar dia mengatakan bahwa dia tidak akan pernah bersih”, ucap Sandoval.

Misi kamar mandi gratis untuk tunawisma berawal sejak 2013 lalu

Jadi, sejak tahun 2013 Lava Mae memulai proyeknya dengan misi “Setiap orang berhak untuk menjadi bersih.” Proyek ini pun dimulai dengan menggunakan satu bus bekas hasil sumbangan Badan Transportasi Kota San Francisco. Terbukti, proyek ini sukses dan beberapa bus bekas lainnya pun diubah menjadi kamar mandi berjalan.

Baca Juga: Penemuan Cumi-cumi Raksasa Hebohkan Nelayan

Kini Lava Mae mengoperasikan bus ini selama lima hari dalam seminggu yang tersebar di berbagai kawasan di San Francisco. Lava Mae juga menerima sumbangan uang tunai maupun perlengkapan kebersihan atau relawan yang tertarik berpartisipasi.

Aksinya ini menyita perhatian banyak orang. Dari keinginannya inilah banyak tunawisma yang kini bisa membersihkan diri dengan baik melalui kamar mandi berjalan dari Lave Mae.

Terima kasih sudah membaca artikel Heboh, Wanita Ini Ciptakan Kamar Mandi Berjalan Khusus Tunawisma, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 5, 2015