Hutang Luar Negeri Indonesia Semakin Lama Semakin Tinggi, Bikin Negara Tercekik

Hutang Luar Negeri Indonesia Semakin Lama Semakin Tinggi, Bikin Indonesia Tercekik1

Sebagai negara berkembang, Indonesia menag tengah mengalami serangkaian hal buruk. Pasalnya dalam beberapa kurun waktu belakangan ini, ekonomi bangsa ini tengah mengalami kemerosotan yang luar biasa. Ditengah permasalahan penurunan nilai tukar rupiah dan juga kenaikan sejumlah bahan pokok dan BBM, kini Indonesia juga tengah di sibukan dan di pusingkan dengan hutang Negara yang semakin lama semakin membengkak.

Hutang luar ngeri Indonesia, setiap harinya semakin bertambah parah dan belum juga mampu di selesaikan. Mau tahu berapa hutang Indonesia terhadap luar negeri, berikut ini ulasan lebih jelasnya :

BI mencatat inilah hutang RI di luar Negeri

Bank Indonesia mencatat, hutang luar Negeri Indonesia telah mengalami kenaikan yang cukup memprihatinkan di tahun ini. Setidaknya sekitar 9,4%, utang Negara bertambah di hitung sejak akhir Februari 2015 lalu. Hutang Indonesia terhadap luar Negeri mencapai USD 298,9 miliar (setara Rp 3.832 triliun).

Namun meski mengalami kenaikan, pertumbuhan hutang tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan sebelumnya yang mencapai 10,5 % atau USD 299,4 miliar (Rp 3.838,4 triliun). Hal ini tentu saja membuat Indonesia semakin tercekik dan mengalami keterpurukan dalam masalah perekonomian.

Ini faktor penyebab naiknya hutang luar Negeri Indonesia

Dalam beberapa penilaian, hutang luar Negeri in Indonesia terus saja bertambah dikarenakan masalah, melambatnya perkembangan hutang luar Negeri dalam berbagai sektor swasta maupun publik. Pertumbuhan utang luar Negiri Indonesia, meski mengalami penambahan namun stratanya di klaim lebih rendah di bandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dalam masalah ini, Bank Indonesia yang berperan sebagia pemantau gerak perekonomian Indonesia, termasuk juga perkembangan hutang luar Negeri Indonesia mencatat, hutang ini masih dalam kategori wajar dan sehat. Pasalnya masih banyak negara yang lebih memprihatinkan dari sektor hutang luar Negri selain Indonesia.

Namun meski demikian, pemerintah harus tetap waspada dalam menghadapi berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi. Pasalnya jika semakin lama Indonesia terus saja menambah hutang tanpa berusaha untuk menutup dan menyelesaikanya, maka bisa jadi perekonomian Negeri ini akan mengalami krisis secra global.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Hutang Luar Negeri Indonesia Semakin Lama Semakin Tinggi, Bikin Negara Tercekik, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - April 20, 2015