Indonesia Diguncang Gempa 5 Kali Dalam 2 Hari, Ini Dia Penyebabnya!

Indonesia Diguncang Gempa 5 Kali Dalam 2 Hari, Ini Dia Penyebabnya!

Dalam 2 hari terakhir beberapa wilayah di Indonesia digoyang oleh gempa. Tercatat sudah 5 kali gempa dengan kekuatan yang variatif.

Dimulai dari gempa yang mengguncang Ciamis, Jawa Barat, pada tanggal 25 Juli 2015 dini hari dengan kekuatan 5,7 SR. Masih di hari yang sama, terjadi lagi gempa dengan kekuatan 4 SR dan 3 SR di wilayah barat daya pesisir Sumatera Barat sekitar jam 20.17 WIB serta wilayah Timur Laut Padang Panjang pada jam 20.50 WIB.

Gempa selanjutnya mengguncang wilayah Papua pada hari minggu 26 Juli 2015 jam 01.22 WIT yang berkekuatan 5,2 SR. Masih di hari yang sama berselang 13 jam, terjadi gempa lagi di daerah Malang, Jawa Timur. Kekuatan gempa ke lima ini 6.3 SR yang terjadi pada pukul 14.05 WIB.

Wandono, selaku Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengungkapkan jika gempa yang menggoyang Ciamis dan Malang menunjukan bahwa daerah tersebut memiliki aktivitas seismik.

“Aktivitas seismik di zona konvergensi lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia di selatan Jawa cukup aktif,” ujar Wandoyo.

Menurut dia lagi, kedua wilayah itu berada di dalam zona beniof akibat menunjamnya lempeng Indo-Australia.

“Hal ini ditandai dengan para meter gempe yang tercatat dengan kedalaman menengan di atas 60 km. Dan gempa itu dirasakan pada area yang luas.” Tambah dia.

Terkecuali untuk gempa di Papua dan Sumatera Barat, menurut dia, penyebabnya berbeda. Gempa yang terjadi di Sumatera Barat diakibatkan oleh aktivitas sesar Sumatera di segmen sianok. Sesar besar Sumatera memiliki 19 segmen dari Aceh sampai Lampung.

“Untuk Papua penyebabnya berbeda dengan gempa Jawa danSumatera,” tambah dia.

Dan untuk wilayah Ibukota, menurutnya jauh dari potensi gempa. Sebab, Jakarta bukanlah daerah gempa.

“Namun Jakarta punya potensi merasakan gempa yang terjadi di Selat Sunda dan wilayah Jawa Barat,” ujar Wandoyo.

Terima kasih sudah membaca artikel Indonesia Diguncang Gempa 5 Kali Dalam 2 Hari, Ini Dia Penyebabnya!, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 27, 2015