Ini Dia 5 Faktor Penyebab Bertambahnya Berat Badan

Ini Dia 5 Faktor Penyebab Bertambahnya Berat Badan

SokTau.com – Sebelum kalian melakukan program diet, kalian wajib tau hal-hal penyebab bertambahnya berat badan kalian. Jika kalian tidak tau, program diet kalian akan sia-sia saja. Sebagian orang berfikir bahwa gaya hiduplah penyebabnya, namun hal yang sebenarnya adalah reaksi tubuh kita terhadap faktor-faktor yang tidak dapat kita kontrol. Berikut ini akan kami beberkan faktor apa saja yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan.

Ini Dia 5 Faktor Penyebab Bertambahnya Berat Badan

1.Sedang Depresi

Depresi dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan. Orang yang depresi namun tidak berkonsultasi masalahnya kepada ahlinya, hal ini bisa berpengaruh pada berat badan mereka yang naik lebih cepat dibandingkan dengan orang yang mengonsultasikan masalah depresinya. Orang seperti ini kemungkinan besar disebabkan karena melarikan masalahnya ke aktivitas makan yang tak terkontrol seperti makan makanan tinggi lemak, tinggi kalori, atau makanan tidak sehat lainya.

2.Masalah pencernaan

Termasuk buang air besar yang tidak lancar juga dapat menyebabkan berat badan kalian naik. Normalnya setelah kalian makan, satu jam kemudian anda memiliki gerakan usus. Jika kalian tidak teratur buang air besar itu berarti kalian kurang serat, dehidrasi atau efek dari obat-obatan yang kalian konsumsi. Maka dari itu makanlah makanan yang berserat dan jaga tubuh kalian tetap terhidrasi.

3.Efek Samping Obat-obatan

Jika kalian sedang mengkonsumsi pil KB, penambah hormon, obat anti kejang, obat kanker payudara beberapa obat migrain, maka bisa jadi itulah penyebab bertambahnya berat badan. Pengaruh yang dihasilkan obat-obatan tersebut juga bisa berbeda, beberapa dapat mempengaruhi nafsu makan, mempengaruhi metabolisme. Jika kalian menduga obat yang kalian konsumsi tersebut berpengaruh pada berat badan kalian, lebih baik konsultasikan dengan dokter yang mungkin dapat memberikan obat yang tidak memiliki efek samping tertentu.

4.Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin D atau zat besi dapat membahayakan kekebalan tubuh kalian, melemahkan energi atau merubah metabolisme tubuh kalian dengan cara yang tidak baik. Untuk mencukupi kadar zat besi kalian bisa makan daging merah dan bayam. Untuk menambah vitamin D sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan kadar atau dosis yang tepat karena jika terlalu berlebihan akan mempengaruhi kesehatan ginjal.

Baca Juga: Unik Gereja Ini Berbentuk Seperti Biola Raksasa

5.Semakin Tua

Ini adalah salah satu faktor yang tidak dapat dihindari. Hal ini nyata, pada umur 40 tahun keatas kita tidak membakar kalori sebanyak saat kita berusia 20-an. Jadi kita perlu oalhraga lebih untuk menjaga metabolisme tetap baik.

Jika kalian termasuk ciri-ciri diatas, maka sebaiknya segeralah berkonsultasi pada dokter agar mendapat solusi yang tepat.

Terima kasih sudah membaca artikel Ini Dia 5 Faktor Penyebab Bertambahnya Berat Badan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 12, 2016