Ini Dia Kisah Yanto Basna, Bek Muda Terbaik Mitra Kukar

Ini Dia Kisah Yanto Basna, Bek Muda Terbaik Mitra Kukar

SokTau.com – Rudolof Yanto Basna merupakan pemain sepak bola Indonesia yang saat ini bermain untuk Mitra Kukar. Pemuda kelahiran Papua pada 12 Juni 1995 itu sudah sering merantau di Jakarta sejak kecil bahkan SMAnya dijalani di Jakarta sebagai bagian dari program sepak bola usia muda. Di level usia muda yanto sudah dikenal sebagai defender berbakat. Ia termasuk kedalam tim SAD Indonesia yang berangkat ke Uruguay.

Yanto Basna Juga Anak Asuh Indra Sjafri

Ia juga merupakan salah satu personil Garuda Jaya yang merupakan Timnas U-19 asuhan dari Indra Sjafri. Peristiwa yang paling berat dialami Yanto Basna dalam karirnya adalah kegagalan Indonesia melaju ke babak utama di Piala Asia U-23 tahun 2015 lalu yang disebut-sebut salah satu penyebabnya adalah cedera yang dialami Yanto.

Bergabung di Mitra Kukar memang menarik bagi Yanto karena bisa bergabung dengan mantan rekan setimnya di Timnas U-19. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Yanto bersama dua rekannya di Mitra Kukar yaitu Dinan Javier dan Septian David Maulana, jika saat ini terdaftar sebagai salah satu mahasiswa semester empat ilmu keolahragaan di sebuah universitas negeri di Yokyakarta.

Yanto Basna Terpilih Menjadi Pemain Terbaik Di Piala Sudirman

Dengan usia yang masih 20 tahun ia memiliki postur tubuh yang bagus. Memang banyak yang menyangka kalau Yanto Basna merupakan pemain asing yang dimiliki Mitra Kukar padahal ia merupakan pemain yang lahir dan besar di Indonesia.

Dalam turnamen Piala Jenderal Soedirman kali ini Yanto Basna terpilih menjadi pemain terbaik mengalahkan empat kandidat lainnya yaitu Christian Gonzales, Rizky Peluu, Jandia Eka Putra dan Nur Iskandar. Sosok yang tinggi besar ini tampil tanpa ragu dan disiplin ketika mengawal lini pertahanan.

Baca Juga: Mitra Kukar Juarai Piala Sudirman Setelah Menumbangkan Semen Padang 2:1

Sebagai pemain belakang pesepakbola asal Papua itu tidak melulu mengambil bola dengan sebuah tekel, ia juga handal dalam permainan secara taktis ketika bertahan. Yanto pun tidak menyangka dirinya bisa meraih penghargaan individual ini. Selain mendapat gelar pemain terbaik, mantan Timnas Indonesia U-23 itu juga berhasil membawa skuat Naga Mekess menjadi juara di turnamen Piala Jenderal Soedirman.

Terima kasih sudah membaca artikel Ini Dia Kisah Yanto Basna, Bek Muda Terbaik Mitra Kukar, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 26, 2016