Ini Dia Tradisi Unik Saat Lebaran

Ini Dia Tradisi Unik Saat Lebaran

Tahukah anda, lebaran memang menjadi salah satu momen yang sangat penting dan membahagiakan. Ada banyak sekali tradisi unik yang dilakukan masyarakat Indonesia khususnya Dusun Paingan, Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih, Kulon Progo Yogyakarta. Setelah mereka menunaikan ibadah sholat Id mereka langsung berkumpul di pelataran makam untuk menerbangkan sebuah balon raksasa.

Unik sekali ya tradisi yang dilakukan oleh warga tersebut, bahkan bisa dibilang ini adalah satu-satunya tradisi yang sangat unik. Balon tersebut terbuat dari plastic tipis berukuran sangat besar dengan tinggi mencapai kurang lebih 10 meter dan dengan diameter mencapai 4 meter. Waw besar sekali bukan, dan ini menjadi satu-satunya balon terbesar yang diterbangkan oleh warga Kulon Progo.

Menurut keterangan para warga tradisi unik ini memang selalu dilakukan setiap tahunnya, bahkan momen yang paling ditunggu-tunggu saat hari raya adalah pelepasan balon. Balon raksasa ini diterbangkan dengan asap yang berasal dari gulungan kain goni yang dibakar.

Gulungan tersebut dibakar dengan menggunakan bahan bakar yang sebelumnya direndam di dalam minyak tanah agar bisa menyala dengan sempurna. Alhasil asap yang  dihasilkan sangat bagus dan mampu untuk menerbangkan balon sebesar itu. Rendaman minyak tanah ini bisa membuat nyala api semakin lama dan awet, sehingga tidak perlu khawatir jika balon tak dapat terbang lagi.

Tradisi unik ini memang selalu dilakukan ketika lebaran dan berjalan sejak tahun 1998 silam. Pembuatanya sendiri dilakukan secara bersama-sama dan dilakukan dengan cara swadaya masyarakat. Tradisi unik ini disimbolkan sebagai cara melepas kesalahan dan kembali pada hal-hal yang baru dan suci setelah itu mereka akan saling bermaafan.

Usai menerbangkan balon para warga langsung ziarah kubur untuk mendoakan para leluhurnya yang telah tiada. Para tetua desa tersebut mengatakan cara unik ini memang dilakukan setiap tahunnya, jangan sampai ditinggalkan karena banyak sekali arti penting didalamnya. Tradisi apa yang ada di daerah anda? Kami yakin beda daerah beda pula tradisinya. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan dapat menambah wawasan anda dan bisa memberikan banyak manfaat penting bagi anda

Terima kasih sudah membaca artikel Ini Dia Tradisi Unik Saat Lebaran, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 10, 2014