Inilah 6 Fakta Unik Gerhana Matahari Total 2016

Inilah 6 Fakta Unik Gerhana Matahari Total 2016

SokTau.com – Gerhana Matahari Total pada tahun 2016 ini terjadi di Negara Indonesia, namun tidak seluruhnya hanya beberapa wilayah saja di Indonesia. Kejadian GMT di Indonesia pada 9 Maret 2016 ternyata memiliki beberapa keunikan yang terjadi. Berikut ini kami merangkum 6 fakta unik yang terjadi pada GMT di Indonesia, silahkan Anda simak rangkuman berikut.

Ini Dia 6 Fakta Unik Gerhana Matahari Total 2016

  1. GMT tidak terjadi 300 tahun sekali di Indonesia

GMT merupakan peristiwa yang sangat langka, bahkan para ahli memprediksi hal tersebut dapat terjadi setiap 300 tahun sekali. Namun, prediksi tersebut tidak terjadi pada Indonesia, karena kejadian GMT sudah pernah terjadi sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 40 tahun, yaitu pada tahun 1998, 1995 dan 2016.

  1. GMT 2016 merupakan pertama kali terjadi pada abad ke 21

GMT terakhir terjadi pada tahun 1995 kemudian terjadi lagi pada tahun2016. Jadi, GMT terjadi hanya selang waktu 21 tahun sejak terakhir terjadi pada abad ke 20.

  1. GMT tahun 2016 bertepatan dengan hari raya nyepi

Hari raya umat Hindu jatuh pada tanggal 9 maret 2016 yang bertepatan dengan fenomena GMT.  Dengan begitu menjadi sebuah keuntungan, karena pada tanggal 9 maret merupakan hari libur nasional dan Anda dapat menyaksikan GMT secara langsung maupun melalui TV.

  1. GMT hanya dapat disaksikan di kawasan Indonesia dan Samudera Pasifik

GMT hanya terjadi di sebagian wilayah Indonesia dan kawasan samudera pasifik saja, untuk belahan dunia lain tidak dilewati oleh gerhana matahari. GMT terjadi di 11 wilayah Indonesia yaitu Ternate, Halmahera dan Poso, Palangkaraya, Luwuk, Bangka, Sampit, Palu, Belitung, Balikpapan dan Palembang.

  1. Menjadi Perhatian Ilmuwan Dunia

Para ilmuwan LAPAN berencana bekerja sama dengan para ilmuwan asing termasuk juga para ilmuwan NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat)

  1. Matahari terlihat sama besar dengan bulan

GMT merupakan proses tertutupnya matahari oleh bulan, dan anehnya adalah matahari memiliki diameter 400 kali lebih besar dibanding bulan. Namun diameter matahari dapat tertutup oleh diameter bulan yang lebih kecil dari matahari.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Basi Untuk Kecantikan

Itulah 6 fakta unik dari Gerhana Matahari Total di Indonesia pada tahun 2016 yang dapat kami rangkum, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel Inilah 6 Fakta Unik Gerhana Matahari Total 2016, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 10, 2016