Inilah Perencanaan Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu

SokTau – Berat badan berlebih sering membuat Anda merasa kurang percaya diri dalam berpenampilan. Ketika mengalami masalah kegemukan berbagai upaya akan dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sebenarnya terdapat berbagai cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satunya adalah diet yang kerap dijadikan pilihan sejumlah orang untuk menurunkan berat badannya. Karena penampilan menjadi hal utama yang harus diperhatikan maka menurunkan berat badan harus dilakukan secepat mungkin. Sebenarnya, untuk menurunkan berat badan itu Anda tidak harus mengonsumsi obat diet mahal dari bahan kimia. Karena, bahan-bahan kimia tersebut bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh.

Diet Efektif dalam 1 Minggu

Inilah Perencanaan Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu

Diet tak hanya dilakukan untuk memperbaiki penampilan saja, tapi diet juga dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari penumpukan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ketika berat badan Anda semakin bertambah, maka risiko serangan penyakit seperti jantung ataupun darah tinggi. Ketika berat badan Anda semakin bertambah maka gangguan obesitas bisa terjadi lebih besar. Untuk melakukan diet juga tidak sekedar dilakukan seenaknya saja. Karena, terdapat beberapa hal yang mendasari supaya proses diet bisa terjadi secara lancar. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan perencanaan diet terlebih dahulu. Dengan perencaan yang matang, Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal sesuai dengan keinginan.

Berikut 7 perencanaan diet yang efektif dalam menurunkan berat badan:

1. Catat asupan makanan setiap harinya

Anda wajib mencatat asupan makan selama program diet berlangsung. Jadi, mulai dari asupan makanan saat sarapan, asupan makanan saat makan siang hingga makan malam harus dicatat dengan detail. Tak hanya jenis makanan pokok saja, tapi makanan ringan dan minuman tak luput untuk dicatat. Ini dilakukan untuk mengontrol jumlah asupan makanan Anda apakah sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh atau belum.

2. Ukur berat badan sebelum melakukan diet

Hitung berat badan dengan tinggi badan, kemudian temukan berapa ukuran tubuh yang ideal dengan tinggi badan yang Anda miliki.  Ini merupakan metode paling penting yang memudahkan Anda untuk melakukan analisa jumlah berat badan tubuh Anda. Setelah mengukur berat badan, Anda perlu mengontrol berat badan secara rutin. Jadi, bisa mengetahui jumlah penurunan berat badan yang terjadi.

3. Konsumsi jus buah dan sayur selama diet

Sayuran sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jadi, upayakan untuk memilih sayuran yang mengandung serat, kalium dan juga antioksidan tinggi sehingga kesehatan tubuh Anda selama diet bisa terkontrol. Jadi, selama diet Anda wajib mengonsumsi olahan sayur dan jus buah yang mampu menurunkan berat badan.

4. Konsumsi protein mampu meningkatkan metabolisme

Protein akan membant tubuh dalam membangun otot. Otot membakar energi lebih efisien daripada lemak. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi makanan berprotein selama diet harus mengimbanginya dengan berolahraga. Protein bisa didapatkan dari telur, daging ikan salmon, dan juga beberapa protein nabati dari olahan kacang polong dan sejenisnya.

5. Makan setiap 2 jam untuk makanan ringan sementara makanan pokok bisa dikonsumsi 4 jam sekali

Jika biasanya Anda menyantap makanan dalam porsi besar, maka kini Anda bisa mengubah pola makan tersebut. Dimana, Anda cukup mengonsumsi makanan dalam jumlah sering dengn porsi kecil saja. Ini merupakan cara efektif yang bisa dilakukan selama Anda diet.

6. Tambahan makanan penting

Konsumsi segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari, dan Anda akan tahan lapar dalam beberapa jam. Kandungan protein dan juga nutrisi alami lainnya membantu Anda untuk memenuhi nutrisi harian tubuh.

7. Lakukan evaluasi

Diet yang baik adalah diet yang memiliki rencana untuk meneliti dan mengevaluasi apa yang tubuh butuhkan dan inginkan. Jadi, Anda harus melakukan evaluasi tentang perubahan yang terjadi di dalam diri Anda.

Baca juga: 7 Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tanpa perencanaan yang tepat bisa membuat Anda gagal untuk mendapatkan tubuh yang langsing justru peningkatan berat badan bisa terjadi. Jadi, terapkan beberapa hal diatas secara tepat. Aturlah pengonsumsian makanan yang mengandung lemak supaya tubuh tetap sehat.

Terima kasih sudah membaca artikel Inilah Perencanaan Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 28, 2017