Jakarta Masuk Dalam Kategori Kota Terpadat Di Dunia

Jakarta Masuk Dalam Kategori Kota Terpadat Di Dunia

Unik namun juga sangat kurang nyaman, mungkin itu gambaran yang tepat untuk Kota Jakarta yang baru-baru ini dikategorikan sebagai salah satu kota terpadat di dunia. Mungkin ini bukan menjadi predikat yang baik untuk kota Jakarta namun merupakan peringatan bagi Ibu Kota Indonesia ini agar lebih membenahi tata ruang maupun jumlah penduduk yang ada didalamnya.

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus membenahi proyek-proyekk infrastruktur yang ada di Indonesia. Termasuk kota Jakarta. Sebagai ibu kota Indonesia, tentu saja Jakarta mencatatkan jumlah penduduk terbesar diantara kota lain yang ada di Indonesia.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum mengatakan jumlah penduduk yang ada di Jakarta mengalami peningkatan yang sangat tajam dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Bahkan peningkatan yang terjadi hingga dua kali lipat dibandingkan pada tahun 1970-an. Mungkin ini sebuah pemandangan yang kurang sedap, namun apa daya.

Semua orang di negeri ini ingin mencoba mengadu nasib di Ibu Kota Jakarta yang katanya menjanjikan banyak uang. Dalam kenyataanya hal itu memang benar adanya akan tetapi Jakarta semakin tidak karuan. Jumlah penduduk semakin membludak dan tidak tertata dengan rapi. Kolong jembatan yang sesungguhnya bukan menjadi tempat tinggal kini menjadi sebuah hotel dadakan yang sudah pasti sangat tidak enak dilihat mata.

Dengan kepadatan jumlah penduduk dan dinamisasi Jakarta membutuhkan insfrastuktur penunjang sepru jalan tol, jembatan, angkutan umum dan sebagainya. Dengan begitu tata ruang kota akan jauh lebih tertata rapi dan sedap dipandang mata. Jalan tol di Ibu Kota memang belum banyak dikembangkan, sedangkan untuk angkutan umum masih sangat banyak sehingga kurang mengatur jalan.

Kepadatan penduduk ini dibarengi dengan tingginya asumsi masyarakat terhadap kendaraan sehingga kemacetan di Jakarta semakin parah dan tak kunjung selesai. Meskipun pemerintah telah mengupayakan berbagai cara, namun tetap saja butuh waktu yang cukup panjang untuk menekan jumlah penduduk di Jakarta. Semoga info unik dan menarik yang kami sampaikan diatas dapat menambah wawasan anda. Mungkin Jakarta menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Terima kasih sudah membaca artikel Jakarta Masuk Dalam Kategori Kota Terpadat Di Dunia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - August 22, 2014