Jangan Buang Cangkang Telur, Ini Dia Manfaatnya

Jangan Buang Cangkang Telur, Ini Dia Manfaatnya

SokTau.com – Jangan buru-buru buang cangkang telur karena menyimpan berbagai manfaat. Telur merupakan menu makanan setiap hari. Sifat telur yang mudah dimasak apa saja, membuat banyak orang menggemari telur. Setidaknya, mungkin Anda biasa mencapurkannya ketika memasak mie. Kalau begitu jangan membuang cangkangnya.

Ini dia 6 manfaat cangkang telur 

Sering dianggap sebagai sampah ternyata cangkang telur menyimpan banyak manfaat. Tak hanya untuk kesehatan, namun cangkang telur juga bermanfaat untuk hal lainnya. Berikut adalah 6 manfaat dari cangkang telur :

1. Obat iritasi kulit

Untuk mengobati iritasi kulit Anda memang harus menambahkan cuka apel. Fungsinya untuk melarutkan cangkang telur. Biarkan selama 2-3 hari. Setelah itu larutan cuka apel dan cangkang telur pada kulit yang mengalami iritasi.

2. Mengurangi tingkat keasaman pada kopi

Pada bagian ini, Anda harus menumbuk cangkang telur terlebih dahulu hingga halus. Kemudian campurkan pada bubuk kopi. Cangkang telur mempunyai kandungan kalsium karbonat yang tinggi sehingga dapat mengurangi keasaman kopi sehingga kopi akan aman untuk lambung Anda.

3. Pembersih peralatan rumah tangga

Anda juga harus menumbuk cangkang telur terlebih dahulu hingga halus. Campurkan pada air sabun lalu gosokkan pada peralatan dapur seperti wajan, panci, dan sebagainya.

4. Pupuk kompos tambahan

Cangkang telur juga baik buat kesuburan tanaman. Tidak percaya, coba remukkan cangkang telur. Lalu gunakan pecahan-pecahan itu sebagai pupuk kompos tambahan. Biar hasilnya lebih afdhal, campur sedikit kopi.

5. Pot untuk pertumbuhan bibit

Bentuknya yang oval, tentu bisa digunakan sebagai pot untuk menumbuhkan bibit tanaman. Setelah bibit tumbuh Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih longgar.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Membuat Kamu Panjang Umur

6. Mengusir siput dan ulat dari tanaman

Caranya taburi tanaman dengan pecahan telur. Dijamin tanaman Anda akan selamat dari ulat dan juga siput.

Well. Itulah manfaat yang bisa Anda peroleh dari cangkang telur. Tentu Anda bisa memanfaatkan ke dalam bentuk lain, misalnya kerajinan. Tidak ada salahnya Anda mencoba, daripada membuangnya begitu saja.

Terima kasih sudah membaca artikel Jangan Buang Cangkang Telur, Ini Dia Manfaatnya, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 18, 2015