Jangan Duduk Terlalu Lama! Ini 5 Bahayanya

Jangan Duduk Terlalu Lama! Ini 5 BahayanyaSokTau.com – Apakah Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk terlalu lama? Mungkin banyak orang yang melakukan aktivitasnya sambil duduk dan tanpa mereka sadari bahwa, duduk terlalu lama tersebut dapat membahayakan kesehatannya.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Misalkan pekerjaan kantoran, penjahit dan beberapa profesi lain. Dampak buruk dari duduk terlalu lama berhubungan dengan sistem metabolism. Bahkan, jika tetap sering duduk terlalu lama, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit yang serius. Berikut ini ada beberapa dampak dari terlalu lama duduk yang perlu Anda ketahui.

Ini Dia 5 Bahaya Duduk Terlalu Lama

  1. Penyakit Diabetes

Ketika Anda duduk, sistem kerja pankreas akan menurun. Insulin yang dihasilkan pankreas akan lebih sedikit, bahkan jika Anda duduk lebih dari 1 jam saja, jumlah produksi insulin sudah berkurang banyak. Jika pankreas tidak dapat memproduksi insulin, tubuh Anda akan banyak kandungan gula. Apabila hal tersebut terus terjadi, maka resikonya akan terkena diabetes.

  1. Penyakit Jantung

Sistem metabolisme akan melambat jika Anda duduk terlalu lama, darah juga akan berjalan lebih lambat dan akan menyebabkan otot tidak dapat membakar kalori, akhirnya otot serta pembuluh darah Anda akan penuh dengan lemak. Jika it uterus terjadi, pembuluh darah akan tersumbat dan menyebabkan gangguan jantung.

  1. Risiko Tinggi Kanker

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa, dengan duduk terlalu lama dapat menyebabkan penyakit kanker payudara, kanker usus besar dan kanker Rahim. Risiko tersebut dapat tinggi karena tubuh yang kurang aktif sehingga zat antioksidan dalam tubuh menurun, melemahnya produksi insulin.

  1. Komplikasi Pencernaan

Akan mengakibatkan tekanan yang besar untuk isi perut jika duduk terlalu lama. Tekanan tersebut yang dapat menyebabkan sistem pencernaan melambat. Sistem pencernaan yang bekerja terlalu lambat dapat menyebabkan organ pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik.

  1. Fungsi Penurunan Otak

Hal ini dapat terjadi karena terlalu lama duduk dapat membuat otak tidak dapat asupan oksigen serta darah yang cukup. Untuk melepaskan bahan kimia alami dalam tubuh, otak membutuhkan oksigen yang cukup berkualitas. Apabila terlalu lama duduk otak akan bekerja lambat dan fungsinya cepat menurun.

Baca Juga: 3 Alasan Konyol Penumpang Buka Pintu Pesawat Yang Bikin Gregetan

Itulah beberapa bahaya terlalu lama duduk yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel Jangan Duduk Terlalu Lama! Ini 5 Bahayanya, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 15, 2016